The effect of delivering lectures assisted with guideline book and WhatsApp broadcasts on the knowledge and attitudes among pregnant women

Rofi'atul Hanifah, Uki Retno Budhiastuti, Anik Lestari

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang: Saat ini kejadian stunting masih menjadi salah satu permasalahan gizi yang terjadi pada balita di dunia. Balita stunting termasuk ke dalam masalah gizi kronik yang penyebabnya meliputi banyak faktor, salah satunya adalah gizi ibu saat kehamilan. Pengetahuan dan sikap gizi pada ibu hamil diupayakan dapat diubah melalui pendekatan secara sistematis dan terus-menerus terhadap ibu hamil. Salah satu cara yang akan digunakan adalah edukasi dengan menggunakan buku pedoman berisi materi seputar gizi kehamilan

Tujuan: Menganalisis pengaruh pemberian buku ceramah disertai buku pedoman dan WhatsApp broadcast terhadap perubahan pengetahuan dan sikap ibu hamil di Kabupaten Ponorogo

Metode: Jenis penelitian adalah eksperimental kuasi dengan rancangan pretest-posttest with non-equivalent control design. Penelitian ini diikuti oleh ibu hamil di Kabupaten Ponorogo sebanyak 54 responden yang dibagi ke dalam dua kelompok subjek yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Masing-masing kelompok akan diberikan pretest dan posttest. Kelompok kontrol adalah kelompok yang hanya mendapat edukasi gizi berupa ceramah, sedangkan kelompok perlakuan adalah kelompok yang mendapatkan edukasi gizi berupa ceramah disertai buku pedoman dan pesan broadcast melalui WhatsApp. Analisis statistik yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann-Whitney U Test

Hasil: Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata yang signifikan (p<0,05) pada variabel pengetahuan gizi dan sikap gizi sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada masing-masing kelompok perlakuan dan kontrol yaitu masing-masing kurang dari 0,001. Hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) dengan nilai p value 0,042 pada variabel pengetahuan gizi namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p>0,05) pada variabel sikap gizi dengan nilai p value 0,531

Kesimpulan: Memberikan edukasi gizi melalui ceramah yang disertai dengan buku panduan dan pesan broadcast WhatsApp memiliki pengaruh pada pengetahuan gizi ibu hamil, tetapi tidak memiliki pengaruh pada sikap gizi ibu hamil.

KATA KUNCI: buku; gizi; ibu hamil; pengetahuan; perilaku

 

 

ABSTRACT

Background: Stunting remains one of major nutritional problems affecting toddlers worldwide. Stunted toddlers are categorized as experiencing chronic malnutrition, whose causes include various factors, one of which is maternal nutrition during pregnancy. Nutritional knowledge and attitudes among pregnant women can be altered through systematic and continuous approaches to education. One method used is education using guideline books containing pregnancy nutrition content.

Objectives: To analyze the effect of delivering lectures assisted with guideline book and WhatsApp broadcasts on changes of the knowledge and attitudes of pregnant women in Ponorogo Regency.

Methods: This study employed a quasi-experimental design with a pretest-posttest with non-equivalent control group design. It involved 54 pregnant women in Ponorogo Regency, divided into two groups: the control group and the intervention group. Each group underwent pre-tests and post-tests. The control group received nutritional education in the form of lectures only, while the intervention group received nutritional education through lectures assisted with guideline books and WhatsApp broadcasts. Statistical analyses included the Wilcoxon Signed Rank Test and Mann Whitney U Test.

Results: The Wilcoxon Signed Rank Test results indicated significant mean differences (p<0.05) in nutritional knowledge before and after the intervention in each treatment and control group, with p value less than 0.001. The results of the Mann Whitney U Test show that there is a significant difference (p<0.05) in the nutritional knowledge variable with p value 0,042, but there is no significant difference (p>0.05) in the nutritional attitude variable with p value 0,531.

Conclusions: Providing nutritional education through lectures assisted by a guideline book and WhatsApp broadcasts has an impact in the nutritional knowledge of pregnant women but does not have an impact on their nutritional attitudes.

Keywords: behavior; book; knowledge; nutrition; pregnant women


Received: 14 Jan 2024; Revised: 08 July 2024; Accepted: 20 Jan 2025; Available online: 30 May 2025; Published: 31 Mar 2025.



Keywords


buku; gizi; ibu hamil; pengetahuan; perilaku; behavior; book; knowledge; nutrition; pregnant women

Full Text:

PDF

References


Perpres. Peraturan Presiden Nomor 27 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting

United Nations Children’s Fund (UNICEF), World Health Organization, International Bank for Reconstruction and Development/The World Bank. Levels and trends in child malnutrition: key findings of the 2021 edition of the joint child malnutrition estimates. Geneva: World Health Organization; 2021. Licence: CC BY-NC-SA 3.0 IGO

Kementerian Kesehatan RI. Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota Tahun 2022.

Keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor KEP 42/M.PPN/HK/04/2020 tentang Penetapan Perluasan Kabupaten/Kota Lokasi Fokus Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2021

Beal T, Tumilowicz A, Sutrisna A, Izwardy D, Neufeld LM. A review of child stunting determinants in Indonesia. Matern Child Nutr. 2018;14(4):1–10.

Sartika AN, Khoirunnisa M, Meiyetriani E, Ermayani E, Pramesthi IL, Nur Ananda AJ. Prenatal and postnatal determinants of stunting at age 0–11 months: A cross-sectional study in Indonesia. PLoS One [Internet]. 2021;16(7 July):1–14. Available from: http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0254662

Sema A, Tesfaye F, Belay Y, Amsalu B, Bekele D, Desalew A. Associated Factors with Low Birth Weight in Dire Dawa City, Eastern Ethiopia: A Cross-Sectional Study. Biomed Res Int. 2019;2019.

Kementerian PPN/Bappenas. Pedoman Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi di Kabupaten/Kota. 2018

Kinshella MLW, Moore SE, Elango R. The missing focus on women’s health in the First 1,000 days approach to nutrition. Public Health Nutr. 2021;24(6):1526–30.

Fahmida U, Pramesthi IL, Kusuma S, Wurjandaru G, Izwardy D. Problem Nutrients and Food-Based Recommendations for Pregnant Women and Under-Five Children in High-Stunting Districts in Indonesia. Curr Dev Nutr. 2022;6(5):1–16.

Vir SC. Improving women’s nutrition imperative for rapid reduction of childhood stunting in South Asia: Coupling of nutrition specific interventions with nutrition sensitive measures essential. Matern Child Nutr. 2016;12:72–90.

Demilew YM, Alene GD, Belachew T. Effect of guided counseling on dietary practices of pregnant women in West Gojjam Zone, Ethiopia. PLoS One [Internet]. 2020;15(5):1–14. Available from: http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0233429

Sofiatin Y, Pusparani A, Judistiani TD, Rahmalia A, Diana A, Alisjahbana A. Maternal and environmental risk for faltered growth in the first 5 years for Tanjungsari children in West Java, Indonesia. Asia Pac J Clin Nutr. 2019;28(20):32–42.

Fasola O, Abosede O, Fasola FA. Knowledge, attitude and practice of good nutrition among women of childbearing age in Somolu Local Government, Lagos State. J Public Health Africa. 2018;9(1):42–6.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi onlne/daring (Dalam Jaringan). Diakses pada 4 April. 2016.

Kemenkes RI. Buku KIA Kesehatan Ibu dan Anak. 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan dan JICA

Yuliani, R., Aritonang, E., Syarifah. (2018). Pengaruh Promosi Kesehatan dengan Metode Ceramah dan Metode Ceramah dengan Media Video Terhadap Perilaku Ibu Hamil Tentang Persalinan Amran di Wilayah Kerja Puskesmas Batunadua Padangsidempuan Tahun 2015. Jurnal Ilmiah PANNMED (11), https://doi.org/10.36911/pannmed.v11i3.102

Distinarista H. WhatsApp Group Terhadap Pengetahuan Dan Motivasi. 2022;

Nahrisah P, Somrongthong R, Viriyautsahakul N, Viwattanakulvanid P, Plianbangchang S. Effect of Integrated Pictorial Handbook Education And Counseling On Improving Anemia Status, Knowledge, Food Intake, And Iron Tablet Compliance Among Anemic Pregnant Women in Indonesia: A quasi-experimental study” [letter]. J Multidiscip Healthc. 2020;13:141–2.

Hadisuyitno J, Riyadi BD. Pengaruh Pemakaian Buku Saku Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Balita dan Konsumsi Energi dan Protein Balita. J Ilm Vidya [Internet]. 2018;26(2):60–6. Available from: http://vidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/vidya/article/download/89/75

Donsu A, Tombokan S, Montolalu A, Tirtawati G. Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan dengan Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada Ibu Hamil di Kota Palu. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2022;5(11):1480–4.

Alamsyah A, Tyastuti S, Meilani N. Efektivitas Broadcast WhatsApp Messenger Terhadap Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode IVA di Puskesmas Banguntapan II Bantul 2019 [skripsi]. Yogyakarta: Poltekkes Yogyakarta; 2019.

Issuryanti, M. Pengaruh Edukasi Melalui Media WhatsApp Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Memberikan Asi Eksklusif [tesis]. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2017

Permana Waisnawa IGB, Damayanti MR, Sanjiwani IA. Pengaruh Stunting Smart Chatting Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Balita Di Desa Pering Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar. Coping Community Publ Nurs. 2021;9(2):180.

Wahyuni, Z., Rahayujati, T. B. and Hakimi, M. (2017) ‘Pengaruh Layanan Pesan Singkat terhadap Pengetahuan dan Intensi Menyusui di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah’, Berita Kedokteran Masyarakat, 33(5), pp. 261–266. Available at: https://www.academia.edu/download/72404899/20387.pdf.

Devi Indrawati N, Damayanti FN, Nurjanah S. Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Resiko Tinggi Dengan Penyuluhan Berbasis Media. J Kebidanan. 2018;7(1):69.

Amin, M. Efektivitas Medium WhatsApp Sebagai Media Promosi Kesehatan Tentang ASI [tesis]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2019.

Safitri NRD, Fitranti DY. Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Ceramah dan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight. J Nutr Coll. 2016;5(4):374–80.

Notoatmodjo, S. Ilmu Perilaku Kesehatan. 2020. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijnd.2025.13(2).159-168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics (IJND) indexed by:

  


Lisensi Creative Commons View My Stats