Meningkatan Kemampuan Membaca Kata Menggunakan Media Loose Parts Kelompok A TK PKK IV Baturetno
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak usia 4-5 tahun di TK PKK IV Baturetno menggunakan media loose parts. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca anak yang masih rendah dan keterbatasan media pembelajaran yang tersedia. Pada usia 4-5 tahun memang wajar jika anak belum dapat membaca lancar, namun diharapkan anak mampu mengenali huruf, memahami bunyi huruf, dan mencoba membaca kata sederhana. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar anak belum mencapai kemampuan pramembaca tersebut dan kondisi ini diperburuk oleh keterbatasan media pembelajaran yang menarik yang berdampak pada kurangnya minat dan antusiasme anak dalam kegiatan membaca, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang lebih menarik untuk anak usia dini. Salah satu alternatif yang digunakan adalah media loose parts. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kerjasama antara peneliti dan guru kelas. Subjek untuk penelitian yakni anak usia 4-5 tahun (Kelompok A) berjumlah 13 anak. Objeknya adalah peningkatan kemampuan membaca anak menggunakan media loose parts. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca dari Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Rata-rata kemampuan membaca pada Pra Siklus mencapai (42,6%) dengan Sebagian besar berupa pada kategori “kurang”. Tindakan pada siklus 1, terjadi peningkatan menjadi (65,8%) dengan kategori “cukup”. Setelah tindakan terdapat 10 anak (76,92%) berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media loose parts terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di TK PKK IV Baturetno. Media ini memberikan kesempatan anak untuk berkreasi dan belajar secara aktif dan menyenangkan.
Full Text:
PDFReferences
Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan PAUD berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87–92. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n2.p87-92
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi kebijakan pendidikan karakter profil pelajar pancasila dalam kurikulum prototipe untuk pendidikan anak usia dini. In Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650
Setiawan, R. B., Sholeh, M., & Nurrahman, A. (2023). Literasi proyek profil pelajar pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka pada lembaga TK. 7(6), 7030–7040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5435
Nurhanisah, Y. (2023). Orang indonesia makin gemar baca. Indonesia Baik. https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-gemar-baca
Amrela, U. (2018). Media smart ball pada anak usia dini kelompok A. Jurnal Doctoral Dissertation.
Safira, A. R. (2020). Media pembelajaran anak usia dini. Caremedia Communication. https://books.google.co.id/books?id=cxv-DwAAQBAJ
Rek, M. (2019). Media education in slovene preschools: A review of four studies. Center for Educational Policy Studies Journal, 9(1), 45–60. https://doi.org/10.26529/cepsj.659
Kafolamau, N. I., & Rahardjo, M. M. (2022). Peningkatan Kreativitas Anak Menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(3), 255–262. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.3.2022.1880
Dwi Puji Astuti. (2024). Analisis Desain Ruang Belajar dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 110. https://doi.org/10.53515/cej.v5i1.5419
Guslinda, Kurnia, R., & Lutfiah. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=TgCDDwAAQBAJ
Diputera, A. M., Sembiring, D. N., Berliana, J. V., Yanti, S., & Lestari, W. D. (2022). Identifikasi masalah pembelajaran pendidikan anak usia dini di Kota Medan. Jurnal Usia Dini, 8(2), 102. https://doi.org/10.24114/jud.v8i2.41473
Sipahutar, O. C., & P, J. H. (2023). Pemanfaatan permainan loose parts pada anak usia dini. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11441–11446. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Haughey, S., & Hill, N. (2017). Loose parts : a start-up guide. 1–26.
Wahyuni, F. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(2), 159.
Isnaini, Indri Dwi and Ariyanti, M. P. (2022). Analisis penerapan metode loose part untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 6, 113–122.
Iskandar, I. (2012). Penelitian tindakan kelas. GP Pre Group.
Sudijono, A. (2011). Pengantar statistik pendidikan (1st ed.). Rajawali Pers.
Rahardjo, M. M. (2019). How to use loose parts in STEAM? early childhood educators focus group discussion in Indonesia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 310–326. https://doi.org/10.21009/jpud.132.08
Laely, K. (2013). Melalui penerapan media kartu gambar PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 301–320.
Destri Rachma Pratiwi, R. D., & Syafrudin, U. (2016). Kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di perumahan guru Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara. 4(June), 2016.
Maryatun, I. B., & Firdhaus, N. A. (2022). Pelaksanaan pembelajaran proyek secara daring (dalam jaringan) di lab school CITTA. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 19–29. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.48984
Widiyaswati, H. R., & Fatmawati, F. A. (2023). Pengaruh kegiatan loose parts menggunakan bahan alam untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Kelompok B di TK ABA 16 Takerharjo. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 5(2),14. https://doi.org/10.30587/jieec.v5i2.4303
Casey, T., & Robertson, J. (2016). Loose parts play: A toolkit. Inspring Scotland.
Destri Rachma Pratiwi, R. D., & Syafrudin, U. (2016). Kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di perumahan guru Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara. 4(June), 2016.
Jalil, N., Salmiati, S., Fuadi, M. N., Fadhilah, N., & Nilmayanti, N. (2025). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(2), 889-897.
Oktaviana, N. R. (2025). Developing Fine Motor Skills in 4–5 Year Old Children through Loose Parts Media at RA Sakila Kerti. Educational Insights, 3(1), 63-70.
Flannigan, C., & Dietze, B. (2017). Children, outdoor play, and loose parts. Journal of Childhood Studies, 53-60.
Aisyah, E. N., Utamimah, S., & Baharun, H. (2025). Implementing Project-Based Learning with Loose Parts in Early Childhood Education: A Qualitative Descriptive Study. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 10(1), 71-84.
Jaruchainiwat, P., Khayankij, S., Hemchayart, W., & Tamrongath, U. (2024). Promoting young children’s creative thinking, social skills, and attention using guided play and loose parts. Kasetsart Journal of Social Sciences, 45(1), 121-128.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(3).417-427
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats













