Hakikat Pembelajaran Matematika dan Integrasinya dengan Nilai Islam di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus di MI Darul Falah Kabupaten Kediri)

Muhammad Nasir, Ahmad Barizi, Akhmad Nurul Kawakib, Imam Bukhori, Chusnul Chotimah Awalyah

Abstract


Matematika merupakan ilmu yang diajarkan sejak ditingkat sekolah dasar. Matematika tidak bisa dilepaskan dengan nilai-nilai ilmu keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hakikat pembelajaran matematika, pembelajaran matematika di madrasah ibtidaiyah, dan bentuk integrasi matematika dengan nilai islam di madrasah ibtidaiyah. Sangat penting bagi umat islam untuk mengetahui tentang hubungan pembelajaran matematika dengan nilai keislaman sejak ditingkat pendidikan dasar. Dengan begitu, umat islam juga dapat lebih memahami bahwa ilmu matematika yang sebelumnya dianggap hanya sebagai ilmu umum, ternyata juga memiliki keterkaitan dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini yaitu guru matematika di MI Darul Falah Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pada hakikatnya pembelajaran matematika di tingkat dasar memuat empat hal yaitu 1) Menelusuri pola dan hubungan, 2) Kreatifitas yang membutuhkan (imajinasi, intuisi, dan penemuan), 3) Kegiatan pemecahan masalah dan 4) Sebagai alat komunikasi. Matematika sebagai ilmu deduktif dan abstrak, banyak menggunakan simbol sebagai bahasa, menyebabkan siswa sekolah dasar dengan rentang usia 7 sampai 12 tahun yang masih dalam tahap perkembangan operasional konkret mengalami kesulitan karena belum bisa untuk berpikir secara abstrak atau formal. Dengan demikian Pada Proses mengajarkan matematika, pendidik diharapkan memiliki kemampuan dalam menghubungkan matematika dengan dunia anak yang masih belum bisa berpikir secara deduktif supaya bisa memahami matematika, salah satu caranya melalui benda konkret atau alat praga. Penerapan matematika di madrasah ibtidaiyah mengacu pada KMA No. 450 tahun 2024 tentang implementasi kurikulum merdeka di madrasah..

Kata Kunci: Hakikat, Pembelajaran Matematika, Integrasi, Nilai Islam

Full Text:

PDF

References


Indrawati, F. (2019). Hambatan Dalam Pembelajaran Matematika. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 62–69. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.293

Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan untuk Siswa Lamban Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367–6377. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1728

Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 95. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655

Roziqin, M. K. (2019). Hubungan Al- Qur ’ An Dengan Matematika. Eduscope : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 05(01), 55–65. https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i1.375

Ilma, F., Irawan, W. H., & Abdussakir, A. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyyah. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3680–3690. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1367

Mahagia, F. A., Goni, A. M., & Rorimpandey, W. H. F. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) MeningkatkanHasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 1055–1066. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10727024

Ruseffendi. (2014). Perkembangan Pendidikan Matematika. Hakikat Matematika. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4203-M1.pdf

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sd (A. D. Haryono (ed.); Pertama). UMM Press.

Joko, S., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184–190. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Hastuti, I. D., Surahmat, & Sutarto. (2019). Pembelajaran Matematika sekolah Dasar (N. K. Antika (ed.)). Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Novita, W., Safitri, A., Dwi saputra, A., Lutfhia Ananda, M., Ersyliasari, A., & Rosyada, A. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Oleh Jean Piaget Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Sd/Mi. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 122–134. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.662

Yunus, W. P., Sukmawati, & Rosleny, B. (2025). Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 5(1), 132–142. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiepp.v5i1.765

Kurniyanthi, P., Suarni, K., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Pengendalian Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas III SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 21–30.

Pitasari, M. A. R., Rahmawati, I., & Faizah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Anak Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Materi Satuan Panjang Kelas Iii Mi Nurus Syakur Ledokombo Jember. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 8–19. https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.2906

Kemenag, D. J. (2023). Madrasah Ibtidaiyah. Kementrian Agama RI Provinsi DKI Jakarta. https://dki.kemenag.go.id/unit-kerja-madrasah-ibtidaiyah

Khoirotin, N. (2021). Monograf Pembelajaran Friend Giving Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (D. E. Winoto (ed.); Cetakan I). CV. Eurika Media Aksara.

KMA No. 450 Tahun 2024 - Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madarsah, Pub. L. No. 450 (2024).

Nila, N., & Putro, K. Z. (2021). Karakteristik Dan Model Integrasi Ilmu Madrasah Ibtidaiyah. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 61–66. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i2.1824

Rezky, S., Surya, E., & Fauzi, K. M. A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 5(2), 35–42. https://doi.org/10.51178/cjerss.v5i2.1993

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439–448. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1118




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(3).329-341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats