ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK JOHNSON ’S PADA PT. RESKI LAIFASTO CABANG KENDARI

Andika Dzulhaji Pratama Putra, Adwi Adwi, Dwi Zulkifar Mulyadi, Asraf Asraf, Arfin Bagea

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk Johnson’s pada PT. Reski Laifasto Cabang Kendari. Penelitian ini bersifat deskriptif keualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan obseravasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan dalam bentuk deskripsi atau narasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Region Operasional Manager dan Supervisor PT. Reski Laifasto Cabang Kendari. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan penerapan bauran pemasaran 4P pada PT. Reski Laifasto Cabang Kendari dalam meningkatakan volume penjualan produk Johnson’s. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Reski Laifasto Cabang Kendari telah menerapakan bauran pemasaran melalui 4P yaitu dari segi produk  dan harga PT. Reski Laifasto Cabang Kendari mempunyai produk Johnson’s  yang berkualitas dengan harga yang terjangkau sehingga mampu menarik minat  konsumen untuk melakukan pembelian berulang yang berimbas pada  peningkatan penjualan, kemudian dari segi promosi PT. Reski Laifasto Cabang Kendari menerapakan promosi personal selling, iklan, dan promosi penjualan, dari segi distribusi PT. Reski Laifasto Cabang Kendari sudah melakukan pendistribusian dengan meperluasakan cakupan wilayah dan didukung dengan sistem komputerisasi yang sudah modern, namun hal ini belum dilakukan secara maksimal dikarenakan masih kekurangan karyawan dibagian tim delivery..


Keywords


Bauran Pemasaran, Produk, Penjualan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Mas’Ari. Muhammad Ihsan Hamdi. Mila Dinda Safira. 2019. Analisis marekting Mix Menggunakan Konsep 4P Pada PT. Haluan Riau. Jurnal Tehnik Industri. UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Vol.5.No.2.

Assauri,S. 2019. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Atika Zahra. Silvya L. Mandey. Marjam Mangatar. 2022. Analisis Bauran Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM.Soledeo Kawasan Bahu Mali Manado. Jurnal manajemen fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. ISSN 2303-1174

Buchori. Heri Ahmad. Djsalim Saladin.2015. Manajemen Pemasaran. Linda Karya. Bandung.

Eka Hendrayani. Wahyunita Sitinjak. 2020. Manajemen Pemasaran Konsep & Dasar. CV. Media Sains Indonesia. Bandung.

Gutosudarmono. Indriyo. 2012 Manajemen Pemasaran. Yogyakarta.

lis Miati. Pratami Wulan Tresna.2020. Bauaran Pemasaran Pada Batik Gendhies Kota Banjar. Jurnal pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan. VoL5. No.2020

Jingyi Wang. Lushan Yu.2021. The Analysis of Louis Vuitton’s Marketing Strategy in China Based on the 4P Model and Brand Marketing Business & ManagementGEBM2021 Volume 16. University of Ottawa, Ottawa, K1N 6N5, Canada2School of Business, Miami University, Oxford, 45056, United States

Khotimah fadli. Fitri. Ahmad Nur Ismail. Analisis Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk pada CV. Karya Apik Group. Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. STK1P PGRI Ponorogo. Jurnal Ekonomi dan perkembngan bisnis. VOL. 6 1 mei 2022

Khofifah Yulian Sanjaya, Emi Alfisah, Muhammad Hadini. Analisis saluran distribusi dan promosi pada PT. Kalimas Kharisma Banjarmasin




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).1-8

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.