Pengaruh Musik Campursari Terhadap Penurunan Skor Depresi pada Lansia di PSTW Unit Budi Luhur Yogyakarta

Siti Suwarsih, Kirnantoro Kirnantoro, Wahyu Dewi Sulistyarini

Abstract


Depresi merupakan masalah kesehatan yang cukup serius, WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa depresi telah menduduki urutan ke empat dari penyakit di dunia. Penanganan depresi ada beberapa terapi, salah satunya adalah musik.Musik campursari adalah pengobatan non farmakologis untuk mengurangi skor depresi di kalangan lansia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh musik campursari terhadap penurunan skor depresi pada lansia di PSTW unit Budi Luhur Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimental two group. Teknik sampling yang digunakan adalah proposive sample dan diperoleh total sampel sebesar 28 orang yang terdiri dari 14 orang sebagai kelompok eksperimen dan 14 orang sebagai kelompok kontrol. Hasil musik campursari mampu menurunkan skor depresi pada lansia. Hal ini dibuktikan bahwa pada kelompok eksperimen rata-rata penurunan skor depresi sebesar 1,57, sedangkan pada kelompok kontrol mengalami kenaikan rata-rata skor depresi sebesar 0,14, sehingga perbedaan yang signifikan ditunjukkan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan hasil p-value=0,005 dan tingkat keandalan yang digunakan ialah 95%. Kesimpulan musik campursari dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemberian terapi non farmakologi pada lansia yang mengalami depresi. Peneliti menyarankan kepada perawat gerontik untuk menggunakan musik campursari dalam terapi depresi pada lansia.


Keywords


musik campursari; depresi; lanjut usia

Full Text:

PDF

References


Suardiman S. Psikologi Usia Lanjut. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2011.

Mubarok W, et al. Ilmu Keperawatan Komunitas Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Azizah L. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2011.

Supartiningsih. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Depresi Pada Lanjut Usia yang Tinggal di PSTW Budi luhur Yogyakarta. Program Study Ilmu Keperawatan STIKES Aisiyah Yogyakarta; 2008.

Tyas E. Cerdas Emosional Dengan Musik. Yogyakarta: Atri Bumi Intaran; 2008.

Djhohan. Terapi Musik Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Galang Press; 2006.

Harmayetty. Musik Tembang Kenangan Menurunkan Depresi Pasien Stroke. Jurnal Ners. 2008;3(1).

Chaerunnisa. Pengaruh Musik dan Otak Hingga Usia Lanjut dalam [Internet]. 2011 [cited 2011 Okt 30]. Available from: http://lifestyle.okezone.com/read /2011/06/ 08/195/465778/pengaruh-musik-otak-hingga-usia-lanjut.

Lestari. Pengaruh Irama Musik Tradisional Jawa Terhadap Penurunan Skor Depresi Pada Lanjut Usia. Jurnal Ilmu Keperawatan. 2009;04(03):141-45.

Narulita R. Perbedaan tingkat depresi pada lansia yang memiliki keluarga dengan lansia yang tidak memiliki keluarga di Panti Sosial Trisna Werdha Unit Budi Luhur, Kasongan Bantul [skripsi]. Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran UMY. 2007.

Jayanti. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Depresi Lansia di Panti Wredha Wiloso Wredho Purworejo. Jurnal Ilmu Keperawatan. 2008;03(02):133-38.

Sumardiono. Derajat Depresi Lansia di Panti Wredha Surakarta Aspek Demografi dan dukungan Sosial. FK UGM Yogyakarta. 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2013.1(2).37-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia (JNKI) indexed by:

      

Lisensi Creative Commons

  View My Stats