Peran Surau dalam Dinamika Islamisasi dan Pusat Pendidikan pada Masa Awal Kesultanan Pontianak

Faisol Faisol, Abdul Kholiq, Hermansyah Hermansyah

Abstract


Kontribusi awal Kesultanan Pontianak dalam membentuk sistem pendidikan Islam di wilayah Kalimantan Barat. Fokus pembahasan diarahkan pada peran strategis Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri dalam merancang model pendidikan Islam yang berakar pada nilai-nilai budaya lokal dan praktik keagamaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan pendekatan historis yang mencakup tahapan heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan penulisan historiografi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sejak masa pendiriannya, Kesultanan Pontianak tidak hanya berperan sebagai pusat kekuasaan politik, melainkan juga sebagai penggerak utama dalam dakwah dan pengembangan pendidikan Islam. Pendidikan berlangsung secara nonformal melalui lembaga tradisional seperti surau dan masjid yang menjadi pusat utama pembelajaran agama. Materi yang diajarkan mencakup fikih, tauhid, tasawuf, dan Al-Qur’an, yang disampaikan melalui metode talaqqi dan ceramah. Para ulama yang mengajar umumnya merupakan lulusan Makkah dan Madinah, yang memiliki pengaruh keilmuan dan sosial yang kuat dalam masyarakat. Sistem pendidikan yang diterapkan bersifat fleksibel, berbasis komunitas, dan mengedepankan pendekatan personal antara guru dan murid. Model pendidikan ini mencerminkan suatu bentuk integrasi antara nilai spiritual, pengetahuan keislaman, dan realitas sosial lokal. Dengan demikian, kontribusi Kesultanan Pontianak dalam pendidikan Islam tidak hanya bersifat historis, tetapi juga memberikan landasan konseptual bagi sistem pendidikan Islam yang kontekstual, adaptif, dan berkelanjutan pada era kontemporer. Peneliti berharap hasil temuan ini dapat memberikan kontribusi ilmiah bagi pengembangan wacana pendidikan Islam di masa kini dan mendatang.


Full Text:

PDF

References


Islamiati, N. F. (2023). Strategi Penyebaran Islam Sunan Gunung Jati Melalui Politik Kesultanan Cirebon (1479-1568). Repository.Uinsaizu.Ac.Id, 47. https://repository.uinsaizu.ac.id/18925/1/Nindia Farah Islamiati_Strategi Penyebaran Islam Sunan Gunung Jati Melalui Politik Kesultanan Cirebon %281479-1568%29.pdf

Maulia, S. T., Hendra, H., & Ichsan, M. (2022). Jejak Perkembangan Islam Pada Kerajaan-Kerajaan Islam Di Indonesia. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(2), 77–84. https://doi.org/10.22437/jejak.v2i2.22477

Jamora, A. G., Nasution, Inayah, A., Harahap, F. K. S., Purba, H. M., & Handini, N. (2023). Peran Kesultanan Langkat Dalam Perkembangan Islam Di Kota Langkat. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 149–162. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.443

Kadir Badjuber, A. (2021). Sejarah Masuknya Da’Wah Islam Di Indonesia. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 4(1), 71–102. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v4i1.105

Asmah. (2024). Perkembangan Dakwah Islam Di Indonesia. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(2), 37. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jkp/article/view/730/551

Suliyah. (2021). Sejarah Kebudayaan Islam Perkembangan Islam Di Nusantara, Asia, Afrika, Dan Dunia Barat. Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/349187-sejarah-kebudayaan-islam-52563d19.pdf

Abdurrahmansyah. (2020). Pengajaran Islam di Kesultanan Palembang Abad ke-18 dan 29 (Studi Terhadap Materi dan Model Pembelajaran). Cet I. Palembang: Rafah Press.

Efendi, Z. (2021). Sejarah Dakwah Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri: Islamisasi Di Pontianak. Jurnal Lektur Keagamaan, 19(2), 347–388. https://doi.org/10.31291/jlka.v19.i2.914

Ridwan, Thohir, A., & Achmad Hidayat, A. (2023). Hagiografi Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri dalam Proses Pendirian Kota Pontianak Tahun 1192-1778 M. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 298–304. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/897

Firmansyah, H., Noor, A. S., & Chalimi, I. R. (2021). Penggunaan Biografi Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 158. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8005

Wibowo, B., Kusnoto, Y., & Syaifulloh, M. (2014). Optimalisasi Kraton Kadriyah Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Edukasi, 1(1), 11–27.

Tekin, A. (2024). The Islamization of the Malay Archipelago in Ottoman Manuscripts. ISTAC Journal of Islamic Thought and Civilization, 29(1). https://journals.iium.edu.my/shajarah/index.php/shaj/article/view/1842/554

Husein, F. (2025). Ba ‘Alawi Women And The Development Of Hadrami Studies In Indonesia. Studia Islamika, 32(1). https://studiaislamika.ppimcensis.or.id/index.php/studia-islamika/article/view/46004/15833

Bakar, A. (2020). Peran Bangsa Hadramaut Dalam Islamisasi Di Pantai Barat Kalimantan. Jurnal Dakwah, 21(1), 1–24. https://doi.org/10.14421/jd.2112020.3

Estuningtiyas, R. D. (2021). Peta Dakwah Islam Di Pontianak. The International Journal of Pegon: Islam Nusantara Civilization, 6(02), 17–32. https://doi.org/10.51925/inc.v6i02.52

Lingga, R. W. W. (2024). Peranan Tokoh KH. Hasyim Asy’ari Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Farhanudin, A., & Muhajir, M. (2020). Peran Kitab Kuning dalam Pembentukan Pemikiran Pendidikan Islam dan Karakter Santri pada Pesantren Tradisional (Studi di Pondok Pesantren Bany Syafi’i Cilegon dan Madarijul ’Ulum Serang). Jurnal Qathruna, 7(1), 103–124.

La Ode, muhammad R. A. U. M., Putri, V. K., Suddin, S., Husnita, L., Sudarman, Meldawati, Hisna, Junaidi, J. K., Prayogi, A., & Hasan, H. (2024). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. In Pengantar Ilmu Sejarah. Cet I. Sumatera Barat: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Suprianto, B. (2021a). Sejarah Habib Husein Al-Qadrie dalam Menyebarkan Ajaran Islam di Daerah Pedalaman Kalimantan Barat. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 4(2), 109. https://doi.org/10.30829/juspi.v4i2.8519

Rahmatullah, M. (2014). Surau Sebagai Pusat Pendidikan Islam Pada Masa Kesultanan Pontianak. At-Turats, 8(2), 165–174.

Saidi, M., Hamami, T., & Wildan, S. (2023). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Menurut Imam Ghazali dan Guru Tua (Habib Idrus bin Salim Al-Jufri). Jurnal Al-Qayyimah, 6(2), 41–55. https://doi.org/10.30863/aqym.v6i2.5302

Samad, S. A. A. (2021). Diskursus Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 97–108. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2.627

Firmansyah, H., Noor, A. S., & Chalimi, I. R. (2021). Penggunaan Biografi Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 158. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8005

Ridwan, Thohir, A., & Achmad Hidayat, A. (2023). Hagiografi Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri dalam Proses Pendirian Kota Pontianak Tahun 1192-1778 M. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 298–304. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/897

Aminullah, S. (2024). Kebijakan Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie Dalam Pemajuan Ekonomi KEsultanan Pontianak (1771-1808 M). Tarikhina: Jurnal Sejarah Peradaban Islam, 4(1), 57–70.

Firmansyah, H., Noor, A. S., & Chalimi, I. R. (2021). Penggunaan Biografi Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 158. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8005

Ridwan, Thohir, A., & Achmad Hidayat, A. (2023). Hagiografi Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri dalam Proses Pendirian Kota Pontianak Tahun 1192-1778 M. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 298–304.

Hasanah, U., & Waldan, R. (2023). Manajemen Wisata Religi Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri Kalimantan Barat: Analisis Perawatan Dan Promosi Wisata Religi. JMD: Jurnal Manajemen Dakwah, 4(I), 1–19.

Neliwati, N., Rizal, S., & Hemawati, H. (2022). Peranan Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Motivasi Pelaksanaan Keagamaan Masyarakat. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 32–43. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6233

Patmawati, P., & Kusumayanti, F. (2023). Kaum Al Hadramaut Dan Penyebaran Islam Di Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan Dan Keislaman, 2(1), 49–65. https://doi.org/10.24260/jpkk.v2i1.1366

Suprianto, B. (2021b). Sejarah Kesultanan Pontianak dalam Mengembangkan Pendidikan Islam pada Tahun 1771-1808 Ngaji. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 2021.

Sari, N. I., & Fitriyah. (2024). Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Islam Edu: Jurnal Illmiah Pendidikan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 105–109. https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3268

Sidik, F. (2020). Hakikat Kurikulum Dan Materi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2), 125–135. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.547

Dani, R., & Zulkifli, N. A. (2023). Konsep Dasar Kurikulum P endidikan Islam. Jurnal Islamic Education Studies, 6(1), 15–29. https://ies.ftk.uinjambi.ac.id/ies/article/view/47/41

Kurniati, A. (2023). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Tujuan Pendidikan Dan Relevansinya Dewasa Ini. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 20(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i2.3943

Saidi, M., Hamami, T., & Wildan, S. (2023). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Menurut Imam Ghazali dan Guru Tua (Habib Idrus bin Salim Al-Jufri). Jurnal Al-Qayyimah, 6(2), 41–55. https://doi.org/10.30863/aqym.v6i2.5302

Maulida, F. A. (2022). Penerapan Metode Talaqqi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di TPQ Al Furqon. Skripsi : Sekolah Tinggi Agama Islam Nida El-Adabi Bogor.

Adila, S. N., Anam, S., & Maskud, M. (2023). Metode pembelajaran bahasa Arab perspektif Al Qur’an dan Hadits. Advanced In Social Humanities Research, 1(8), 977-985.

Muallim, A. (2020). Metode Talaqqi danPeningkatan Mutu Pembelajaran Materi Fikih di Pesantren Imam asy-Syafii Kabupaten Enrekang. Istiqra, 07(2), 42. httpsjurnal.umpar.ac.idindex.phpistiqraarticleview512414

Suriansyah, M. A. (2020). Implementasi Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Swasta Salsa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 216–231. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.27

Athaillah, M. (2021). Penerapan Metode Talaqqi Di Pondok Pesantren Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kabupaten Kapuas. Skripsi : Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.

Daulay, A. F., Alvindi, A., Wiranda, A., Pardamean, P., & Yani, R. (2022). Penerapan Metode Ceramah Dan Metode Drill Dalam Materi Degree Of Comparison Di Smp Swasta Al-Falah. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 399–404. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2660

Juliwansyah, J., & Iswantir, I. (2022). Surau Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 182–187. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.41

Basri, J. (2018). Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Masyarakat. Jurnal: Naratas, 1(1), 22–28. www.journal.stai-musaddadiyah.ac.id

Huda, M., & Fauzi, A. (2019). Sistem pengelolaan wakaf masjid produktif perspektif Hukum Islam (studi kasus di masjid Islamiyah Nalumsari Jepara). Jurnal At-Tamwil, Volume 1(No. 2), Hal. 27-46. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1058

Risqa, O., Iswandi, & Mustafa, Z. (2022). Eksistensi Masjid Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Menata, 5(1), 94–104. http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/download/186/185

Samsidar, Syamsuduha, Pababari, M., & Shafiq, K. (2024). The Islamization Of The Malay Sultanate: Tracing The Historical Roots Of Islamic Influence In Malaysia. Jurnal Al-Dustur, 7(2), 136–151.

Firmansyah, H., Noor, A. S., & Chalimi, I. R. (2020). Historisitas Dan Makna Arsitektur Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), 158–172. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i2.2170

Silvia, E., Zulmuqim, & Zainur, M. (2023). Sejarah Lembaga Pendidikan Islam Di Nusantara: Surau, Pesantren Dan Madrasah. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 8(02), 140–149.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(3).440-454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats