Efektivitas Penerapan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Cambridge di SMA Bosowa Al-Azhar Cilegon

Ijah Nurjannah, Tsaniya Silmi, Sri Awalia Meylani, Riris Nurul Hafifah, Kantina Febriyanti, Usman Usman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mendalam tentang implementasi kurikulum di SMA Bosowa Al Azhar Cilegon, yang menerapkan dua kurikulum secara bersamaan: Kurikulum Nasional (Merdeka) dan Kurikulum Internasional (Cambridge). Integrasi kedua kurikulum ini dikaji untuk mengetahui bagaimana sekolah mampu menyelaraskan standar nasional dan internasional dalam mencapai tujuan pendidikan dan mengembangkan potensi siswa secara holistik, meliputi aspek akademik, karakter, keterampilan, dan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang komprehensif dan akurat. Wawancara dilakukan dengan guru biologi dan pengembang kurikulum sekolah, sedangkan observasi difokuskan pada kegiatan pembelajaran di kelas dan implementasi program sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah berhasil menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui berbagai strategi inovatif dan lebih kolaboratif yang melibatkan peserta didik secara aktif. Program unggulan seperti Homestay, Islamic Studies, Morning Activity, dan kolaborasi dengan universitas merupakan bentuk nyata dukungan sekolah terhadap pengembangan kompetensi siswa secara menyeluruh. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk memastikan keselarasan dengan kebutuhan dan tujuan pendidikan. Selain itu, penggunaan media teknologi diintegrasikan ke dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan efektivitas, kreativitas, dan pemahaman siswa, terutama dalam mata pelajaran seperti Biologi. Secara keseluruhan, integrasi kurikulum nasional dan internasional di sekolah ini menciptakan lingkungan belajar yang adaptif, relevan, inklusif, dan responsif terhadap tantangan pendidikan abad ke-21.


Full Text:

PDF

References


Adilah, N., Galvez, J., Suliyanah, S., & Deta, U. A. (2023). Analisis implementasi kurikulum Cambridge pada salah satu sekolah internasional di Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 48-64. https://doi.org/10.58706/jipp

Agung, W.M. (2024). Efektivitas Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM Guna Mewujudkan Merdeka Belajar. Journal on Education,6(4), 20722-20731

Alfianti, C. D., Riputri., Agnes, H. D. H. (2024). Implementasi Integrasi Kurikulum IPC (International Primary Curriculum) dan Merdeka di SD Nasional Plus Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 220 – 231.

Anwar, M., & Rahmawati, D. (2023). Penerapan pembelajaran abad ke-21 dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 112–124. https://doi.org/10.36706/jip.v8i2.1234

Darmayanti, N., Halimah, S., & Riza, M. F. (2021). Makna Peminatan Akademik Bagi Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Sei Suka Kabupaten Batu Bara. Research and Development Journal of Education,7(2), 252-268.

Dewi, M.P., & Tuswoyo, T. (2020).Mewujudkan Kemitraan Publik-Swasta dalam Layanan Pemberian Pendidikan di Kota Tasikmalaya. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 7(1),50-55.

Hasanah, M. N., Saskia, S. P., Sheifi, Z. I., Tatik, I. & Abdul, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Kurikulum Cambridge pada Kelas International Class Program (ICP). Jurnal Basicedu, 8(3), 2410 – 2416.

Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A & Ariyanti, N. S. (2020). Startegi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan, 8(1), 89-95. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/ article/view/30131/14127

Lestari, D., & Pramono, H. (2024). Implementasi pembelajaran abad ke-21 dalam konteks Kurikulum Merdeka di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran, 10(1), 75–86. https://doi.org/10.31004/jpip.v10i1.9712

Luthfia, A. U & Mustofa, T. A. (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik Peserta Didik Melalui Manajemen Kesiswaan di SMA Al- Islam 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1609-1616.

Maduningtias, L. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren dan Nasional untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies,

–331

Mayer, Richard E. (2009). Multimedia Learning (2nd Edition), Cambridge University Press.

Nafi’uddin, M. (2022). Arah Baru Reformasi Pendidikan dan Implementasi dalam Proses Keberlangsungan Pendidikan Nasional di Indonesia. Journal of Education and Religious Studies, 02(03).

Nizam, S., Supangat, S., & Al Mufti, M. (2025). Implementasi Kurikulum Cambridge Dan Kurikulum Nasional Di Sma Fitrah Islamic World Academy Tahun Pelajaran 2024/2025. Unisan Jurnal,4(1), 202-212.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan,2(01), 123-144.

Nur, F, F. & Sofi, M. I. (2024). Evaluasi Kurikulum Sekolah Dasar Dalam Menilai Efektifitas dan Relevansi Pembelajaran di SDN Sirnaraja. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 565-579.

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai,6(2), 8839-8848.

Putri, S.H.(2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1

Palipi. Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan, 2(2), 97-106. Rahayu, V. P. & Hery, N. A. (2023). EvaluasiKurikulum. Journal on Education,05(03), 5692-5699.

Ramadianti, A.A. (2023). Analisis Global Implementasi Kurikulum Cambridge dalam Dunia Pendidikan.Ecodunamika,4(2),7144.https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/7144

Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.

Sabriadi, & Wakia, N. (2024). Telaah Konsep Landasan Pengembangan Kurikulum. Jurnal Mappesona, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.30863/mappesona.v7i1.5478. Sekolah Dasar: Systematic Literature Review.Jurnal ilmiah kependidikan, 12 (1), 278-287.

Sucipto, M., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Syntax Transformation, 3(06), 809–821. https://doi.org/10.46799/jst.v3i6.568

Ulpah, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Syntax Transformation, 3(06), 809–821.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(3).428-439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats