Penerapan Metode Stinberg Berbantuan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa
Abstract
Proses pembelajaran di Sekolah Dasar masih terdapat permasalahan, yaitu guru masih menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru tanpa adanya interaksi antara guru dan siswa. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, terlihat beberapa siswa, terutama siswa laki-laki, cenderung bermain sendiri, sibuk dengan teman-temannya. Dan masih ada beberapa siswa yang membacanya masih terbata-bata, ada juga siswa masih mengeja setiap kata saat membaca. Hal tersebut terjadi karena keterampilan membaca permulaan siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 3 Sidigede melalui penerapan metode Steinberg berbantuan dengan media flashcard berbasis Augmented Reality. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas 1 yang terdiri 11 perempuan dan 9 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan secara signifikan pada setiap siklusnya. Presentase ketuntasan belajar siswa yang awalnya dari 55% dengan nilai rata-rata 70,15 pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 60% dengan memperoleh nilai rata-rata 81,25 pada siklus I, dan meningkat mencapai 80% dengan nilai rata-rata 89,5 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa metode Steinberg yang berbantuan dengan media flashcard berbasis Augmented Reality dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I.
Full Text:
PDFReferences
Alvita Rizki Maula, R. S. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas II Di SDN 2 Kedungsarimulyo. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(4), 116–127. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.448
Anam, S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran numbered head together berbantuan media flashcard berbasis Augmented Reality siswa kelas IV Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.24176/wasis.v4i1.8699
Arianto, M. jannah, & Setiawaty, R. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 23–31. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711
Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PT BUMI AKSARA.
Ariyani, D. P., Hilyana, F. S., & Fardani, M. A. (2023). Analisis kesulitan membaca pada siswa kelas 1 Sd 2 Kaliwungu. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 363–370. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1337
Haryanti, S. S., Herlina, K., & Festiana, I. (2024). Efektivitas Metode Steinberg Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(2), 110–123. https://doi.org/miah Multi Sciences, https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3636
Hasanah, U., Ibrahim, A., Nurjanah, S., Deiniatur, M., Wulantina, E., Hakim, N., Afifah, N., Hazrah, A. A., & Aprilia, R. (2024). DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat. DEDIKASI :Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 134–144. https://doi.org/http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/jpm/index DOI: https://doi.org/10.32332/b1496m14
Indah Pertiwi, S. (2019). Penggunaan Metode Four Step Steinberg Terhadap. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v10i1.27393
Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan literasi sekolah meningkatkan minat baca siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115–120. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8364
Khofifah, N., Ngatmini, N., & Purnamasari, I. (2023). Pengembangan Media Rekam Layar Bandicam Tema Diriku untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 17(1), 161–169. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14055
Nareswari, U., & Fardani, M. A. (2023). Kesulitan membaca pada siswa kelas II sekolah dasar (Studi Kasus di SDN Pati Kidul 01). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 1866–1873. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9961
Ningrum, M. K., Saputro, D. A. D., & Setiawaty, R. (2024). Analisis keterampilan membaca permulaan pada siswa SD di Pati Kidul 03. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(3), 09–17. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i3.1008
Octorina, D., Ngatmini, & Rakhmawati, D. (2023). Pengembangan Media Big Book Dengan Metode Sas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 273–285. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.700
Putri, S. M., Kartika, A. S., Widiyani, E., & Setiawaty, R. (2024). Pengembangan game ular tangga dengan kartu baca untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan kelas 2 SD Plosojenar. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(3), 54–67. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.524
Rachmawati, A. P., Gunawan, D., & Nuriyanti, R. (2022). Pengaruh Media Bigbook Terhadap Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Bale Aksara, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.31980/ba.v3i2.2444
Rahayu, L. T., Masfuah, S., & Setiawaty, R. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui modal pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media flashcard siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 5660–5672. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10076
Sajawandi, L., & Rosalina, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku ”Membaca Itu Mengasyikkan” Di Tk Plus Al Burhan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 62. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15088
Sari, M., R. D. F. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Penerapan Metode Reading Aloud Berbantuan Flashcard Efforts To Improve Beginning Reading Skills With the Application of the Reading Aloud Method Assisted By Flashcards. 4(1), 11–16.
Setiawan, T. Y., & Setiawaty, R. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik di Kelas II Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 174–179. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.862
Supandi, & Toyyib, A. M. (2021). Penerapan Metode Steinberg Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri Pasirkaliki Ii Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299
Warsyena, R., & Wibisono. (2021). Nusantara Hasana Journal. Nusantara Hasana Journal, 1(7), 195–200. https://doi.org/https://doi.org/10.59003/nhj.v4i4.1238
Yunita, C., Sudjoko, S., & Ulfa, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Kata Lembaga dengan Bantuan Media Flashcard. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021, Asmonah 2019, 192–199. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1298%0Ahttps://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/download/1298/894
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(2).214-227
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats