Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS Berdiferensiasi Kelas V SD Muhammadiyah Karangturi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alfaeni, Salsabila Ihda, and Masduki Asbari. 2023. “Kurikulum Merdeka: Fleksibilitas Kurikulum Bagi Guru Dan Siswa.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2 (5): 86–92.
Anridzo, Abdul Khafid, Imron Arifin, and Dwi Fitri Wiyono. 2022. “Implementasi Supervisi Klinis Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (5): 8812–18. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990.
Aprelia, Dwi Ulfa, Fajar Setiawan, and Lilik Binti Minarwati. 2022. “Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 Sd Muhammadiyah 3 Surabaya Pada Pelaksanaan Pertemuan Tatap Muka (Ptm ) Terbatas.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 6 (2): 182–92. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.200.
Apriani, An-Nisa, and Yusinta Dwi Ariyani. 2017. “Implementasi Pendidikan Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Living Values.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 8 (1): 59. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).59-73.
Apriani, An-Nisa, Isti Septiani, and Lathifatul Izzah. 2022. “Implementasi Pendidikan Pancasila Di SDNegeri Bakulan.” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 1 (2): 33. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(2).33-42.
Arhinza, Anis, Sukardi Sukardi, and Murjainah Murjainah. 2023. “Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar.” Journal on Education 6 (1): 6518–28. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873.
Ariga, Selamat. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2): 662–70. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225.
Fitra, Devi Kurnia. 2022. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas Vii Smp.” Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 5 (2): 278. https://doi.org/10.31258/jta.v5i2.278-290.
Hasanah, Oktavia Nur, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2024. “DI SEKOLAH DASAR ELSE ( Elementary School Education” 8 (1): 204–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v8i1.20798.
Irawana, Tri Juna, and Desyandri Desyandri. 2019. “Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1 (3): 222–32. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47.
Khasanah, Difla Ulil Ilv, Sulhendri, Vovi Sabaruddin, and Siti Asmanah. 2023. “UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi 7 (2): 96–106. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id.
Kurniawan, Yogiek Indra, Dhenok Prastyaningtyas Paramesvari, and Widhiatmoko Herry Purnomo. 2021. “Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Inovatif 1 (1): 57–66. https://doi.org/10.54082/jupin.6.
Lestari, Diah, Masduki Asbari, and Eka Erma Yani. 2023. “Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2 (6): 85–88.
Marlina. 2019. “Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif.” Google Scholar, 1–58.
Mujiburrahman, Mujiburrahman, Baiq Sarlita Kartiani, and Lalu Parhanuddin. 2023. “Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.” Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1 (1): 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019.
Pitaloka, H, and M Arsanti. 2022. “Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, no. November: 2020–23. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283.
Puspitasari, Verdiana, Rufi’i, and Djoko Adi Walujo. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran BIPA Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam.” Jurnal Education and Development Institut 8 (4): 310–19.
Rahmadani, Aulia, Hasima Harahap, Nurul Hasanah, Rizki Melinda, Tivany Ramadhani, and Eka Yusnaldi. 2023. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Pada Pembelajaran IPS Di SD IT Nuratifah.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6 (2): 1983–86.
Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (4): 7174–87. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.
Rahmiyanti, Firdha; Pratama, Rasendria Hanif. 2023. “‘Бсп За България’ Е Под Номер 1 В Бюлетината За Вота, Герб - С Номер 2, Пп-Дб - С Номер 12.” Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah 2 (3): 310–24. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12.
Sarie, Fitria Novita. 2022. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI.” Tunas Nusantara 4 (2): 492–98. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782.
Sartini, and Rahmat Mulyono. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8 (2): 1348–63. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392.
Sri Yanti, Novia, Maria Montessori, and Desi Nora. 2022. “Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Di SMA Kota Batam.” Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development 4 (3): 252–56. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.498.
Sugih, Sri Nuryani, Lutfi Hamdani Maula, and Irna Khaleda Nurmeta. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4 (2): 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952.
Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Ul haq, Muhammad Zia, and Tasman Hamami. 2020. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0.” Islamika 2 (2): 251–75. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.791.
Wahyudi, Setyo Adji, Mohammad Siddik, and Erna Suhartini. 2023. “Jurnal Pendidikan MIPA” 13: 1105–13.
Zayyadi, Moh, Lili Supardi, and Septiyadini Misriyana. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo 1 (2): 25–30. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.298.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(2).255-277
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats