Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS Berdiferensiasi Kelas V SD Muhammadiyah Karangturi

Budiman Budiman, An-Nisa Apriani, Indah Perdana Sari, Ismanto Ismanto

Abstract


IPAS adalah pembaruan dari mata pelajaran dalam Kurikulum Merdeka yang sebelumnya ada dalam kurikulum terdahulu. Mata pelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka tidak terlepas dari pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi harus mencakup tiga komponen, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPAS berdiferensiasi di kelas V, faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, serta dampak dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka terhadap pembelajaran IPAS berdiferensiasi di SD Muhammadiyah Karangturi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi, dan angket. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPAS berdiferensiasi dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran IPAS berdiferensiasi di kelas V meliputi kemudahan akses terhadap informasi serta tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung. Sementara itu, faktor penghambatnya antara lain waktu yang dibutuhkan cenderung lebih lama serta adanya persepsi dari siswa bahkan orang tua yang merasa diperlakukan secara berbeda. Dampak dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka terhadap pembelajaran IPAS berdiferensiasi di kelas V SD Muhammadiyah Karangturi adalah guru menjadi lebih aktif dalam berkolaborasi dengan guru lain. Selain itu, dampak terhadap siswa adalah mereka menjadi lebih mandiri, merasa senang, dan aktif dalam mengikuti pembelajaran berdiferensiasi.

Full Text:

PDF

References


Alfaeni, Salsabila Ihda, and Masduki Asbari. 2023. “Kurikulum Merdeka: Fleksibilitas Kurikulum Bagi Guru Dan Siswa.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2 (5): 86–92.

Anridzo, Abdul Khafid, Imron Arifin, and Dwi Fitri Wiyono. 2022. “Implementasi Supervisi Klinis Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (5): 8812–18. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990.

Aprelia, Dwi Ulfa, Fajar Setiawan, and Lilik Binti Minarwati. 2022. “Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 Sd Muhammadiyah 3 Surabaya Pada Pelaksanaan Pertemuan Tatap Muka (Ptm ) Terbatas.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 6 (2): 182–92. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.200.

Apriani, An-Nisa, and Yusinta Dwi Ariyani. 2017. “Implementasi Pendidikan Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Living Values.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 8 (1): 59. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).59-73.

Apriani, An-Nisa, Isti Septiani, and Lathifatul Izzah. 2022. “Implementasi Pendidikan Pancasila Di SDNegeri Bakulan.” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 1 (2): 33. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(2).33-42.

Arhinza, Anis, Sukardi Sukardi, and Murjainah Murjainah. 2023. “Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar.” Journal on Education 6 (1): 6518–28. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873.

Ariga, Selamat. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2): 662–70. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225.

Fitra, Devi Kurnia. 2022. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas Vii Smp.” Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 5 (2): 278. https://doi.org/10.31258/jta.v5i2.278-290.

Hasanah, Oktavia Nur, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2024. “DI SEKOLAH DASAR ELSE ( Elementary School Education” 8 (1): 204–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v8i1.20798.

Irawana, Tri Juna, and Desyandri Desyandri. 2019. “Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1 (3): 222–32. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47.

Khasanah, Difla Ulil Ilv, Sulhendri, Vovi Sabaruddin, and Siti Asmanah. 2023. “UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi 7 (2): 96–106. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id.

Kurniawan, Yogiek Indra, Dhenok Prastyaningtyas Paramesvari, and Widhiatmoko Herry Purnomo. 2021. “Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Inovatif 1 (1): 57–66. https://doi.org/10.54082/jupin.6.

Lestari, Diah, Masduki Asbari, and Eka Erma Yani. 2023. “Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2 (6): 85–88.

Marlina. 2019. “Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif.” Google Scholar, 1–58.

Mujiburrahman, Mujiburrahman, Baiq Sarlita Kartiani, and Lalu Parhanuddin. 2023. “Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.” Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1 (1): 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019.

Pitaloka, H, and M Arsanti. 2022. “Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, no. November: 2020–23. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283.

Puspitasari, Verdiana, Rufi’i, and Djoko Adi Walujo. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran BIPA Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam.” Jurnal Education and Development Institut 8 (4): 310–19.

Rahmadani, Aulia, Hasima Harahap, Nurul Hasanah, Rizki Melinda, Tivany Ramadhani, and Eka Yusnaldi. 2023. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Pada Pembelajaran IPS Di SD IT Nuratifah.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6 (2): 1983–86.

Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (4): 7174–87. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Rahmiyanti, Firdha; Pratama, Rasendria Hanif. 2023. “‘Бсп За България’ Е Под Номер 1 В Бюлетината За Вота, Герб - С Номер 2, Пп-Дб - С Номер 12.” Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah 2 (3): 310–24. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12.

Sarie, Fitria Novita. 2022. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI.” Tunas Nusantara 4 (2): 492–98. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782.

Sartini, and Rahmat Mulyono. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8 (2): 1348–63. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392.

Sri Yanti, Novia, Maria Montessori, and Desi Nora. 2022. “Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Di SMA Kota Batam.” Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development 4 (3): 252–56. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.498.

Sugih, Sri Nuryani, Lutfi Hamdani Maula, and Irna Khaleda Nurmeta. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4 (2): 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952.

Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Ul haq, Muhammad Zia, and Tasman Hamami. 2020. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0.” Islamika 2 (2): 251–75. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.791.

Wahyudi, Setyo Adji, Mohammad Siddik, and Erna Suhartini. 2023. “Jurnal Pendidikan MIPA” 13: 1105–13.

Zayyadi, Moh, Lili Supardi, and Septiyadini Misriyana. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo 1 (2): 25–30. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.298.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(2).255-277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats