Kontribusi Model Pembelajaraan Kooperatif Think Pair Share pada Nalar Kritis Materi Pendidikan Agama Islam di SMA Ali Maksum Yogyakarta
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk menghadapi tantangan kehidupan modern. Namun, metode pembelajaran konvensional yang masih banyak digunakan cenderung membuat peserta didik pasif sehingga menghambat pengembangan kemampuan tersebut. Model kooperatif Think Pair Share (TPS) efektif meningkatkan keterlibatan dan berpikir tingkat tinggi, namun penelitian tentang kontribusinya dalam pembelajaran PAI di SMA masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi model pembelajaran TPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi PAI di SMA Ali Maksum Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimental desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Ali Maksum Yogyakarta, dengan sampel diambil menggunakan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menerapkan model TPS dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model TPS memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 79,56 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 65,44. Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share efektif dalam meningkatkan nalar kritis peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ali Maksum Yogyakarta
Full Text:
PDFReferences
Al Hadiq, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pai Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Social Science Academic, 1(1), 229–234. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i1.3361
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126–139. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p126-139
Anisa, R., Zulkarnain, I., & Noorbaiti, R. (2024). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurmadikta, 4(2), 12–21. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2427
Apdolipah, Z., Yusnaidar, Y., Dewi, F., & Risdalina, R. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 15(1), 37–47. https://doi.org/10.22437/jisic.v15i1.25413
Asfiyah, S. (2021). Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills pada Mapel PAI dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa di Tingkat SMP. Quality Journal Of Empirical Research In Islamic Education, 9(1), 103–120.
Cunningham, A. (2015). Role-Playing. Mental Health and Mental Disorders: An Encyclopedia Of Conditions, Treatments, and Well-Being: Volume 1: A-E: Mental Health and Mental Disorders: An Encyclopedia of Conditions, Treatments, and Well-Being: Volume 2: F-P: Mental Health and Mental Disorders: An Encyclopedia Of Conditions, Treatments, and Well-Being: Volume 3: Q-Z, 1–3(September), 957–958. https://doi.org/10.3928/0279-3695-19870601-06
Fauzan, A., Rispawati, R., & Salam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Kuliah Demokrasi Pancasila. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 12–21. https://doi.org/10.24036/8851412512020503
Husna Siregar, M. (2021). Pembelajaran Think-Pair-Share (Tps) Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Akademik Siswa. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 2021.
Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141–158. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.292
Meutia, P. D., & Musriandi, R. (2019). Think-Pair-Share ( Tps ): Strategi Pembalajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Abulyatama, 886–893.
Mudana, I. K., Suma, K., & Widiana, I. W. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Difasilitasi Peta Konsep Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 183–197. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61028
Nasution, I. S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Di Sd Muhammadiyah 12 Medan. Paedagoria | FKIP UMMat, 8(2), 44.
Ningsih, E., Efendi, N., & Sartika, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 1–6.
Novalina, D. (2023). Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karawang Barat. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 99–113.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rohani, R., Ahmad, M., Lubis, I. S., & Nasution, D. P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 504. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4408
Sunarti, J., Nasir, M., & Azmin, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share ( TPS ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa SMA N 3 Kota Bima kegiatan dikelas karena dapat menambah dapat dilakukan dengan menerapkan faktor yang menyebabkan siswa kurang Masalah- dilaku. 12(2).
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Triwulandari, S., & U.S, S. (2022). Analisis Inteligensi Dan Berpikir Kritis. Utile: Jurnal Kependidikan, 8(1), 50–61. https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1618
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(2).306-321
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats