Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran IPA Kelas IV MI Miftahul Huda Subang Jaya

Andree Tiono Kurniawan, Nala Milatina

Abstract


Berdasarkan pra survey yang telah dilakukan di MI Miftahul Huda Subang Jaya, hasil belajar peserta didik masih rendah, Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran peserta didik sering kali mendengarkan dan mencatat materi yang di sampaikan guru dan metode yang digunakan guru kurang bervariatif, Sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Mind Mapping di dalam proses pembelajaran IPA. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik pelajaran IPA Kelas IV MI Miftahul Huda.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah One Grup Preetest – Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MI Miftahul Huda Subang Jaya yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors, uji homogenitas dengan uji fisher, uji N-Gain, dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan data hasil pretest menunjukan bahwa 7 siswa tuntas sementara 13 siswa belum tuntas, kemudian setelah penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap pembelajaran IPA hasil posttes ketuntasan siswa naik menjadi 20 siswa dan berdasarkan hasil data penelitian menunjukan hasil uji hipotesis menunjukan thitung = 7,2684 > ttabel = 2,0243, sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Miftahul Huda Subang Jaya.


Full Text:

PDF

References


Ali Anwar. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan. Kediri: IAIT Press, 2009.

Suharsimi, Arikunto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Asy’ari, Masclihah. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas sanata dharma, 2020.

Aunurrahman. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2019.

Bahri, Syaiful, dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengaja. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu - Ilmu Sosial Lainnya, t.t.

Buzan, Tony. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

———. Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta: Gramedia pustaka utama, 2006.

———. Buku PIntar Mind Mapp. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

———. Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, t.t.

Darmadi, Hamid. Dimensi - Dimensi Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.

Djumhana, Nana. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktur jenderal pendidikan islam, t.t.

, Zuhairi. Pedoman Penulisan Skripsi. 2018 ed. Metro: IAIN Metro, t.t.

Hendriana, Heris, dan Utari Soemarno. Penilaian Pembelajaran Matematika. 2016 ed. Bandung: PT. Revika Aditama, t.t.

Huda, Miftahul. Model - Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.

Indah sari, Ika, dan dkk. “Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negri 1 Poliwali,” 2021.

Malawi, Abdullah, dan Ani Kadawarti. Pembelajaran Tematik (konsep dan aplikasi). Magetan: CV.AE Grafika, 2017.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, t.t.

Nurmawati. Evaluasi Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media, 2016.

Nursoviani, Listiani Damayana, dan Dkk. “Penerapan Media Mind Mapping Tipe Network Tree untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Madrasah Ibtidaiyah,” 2019, 195.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Puspita Sari, Yesi. “Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) Materi Alat Pernapasan Siswa Kelas V SD Negeri 67 Kota Bengkulu.” Skripsi IAIN Bengkulu, 2019.

Rumanti. “Pengaruh Penerapan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV SD Gugus Hasanudin Kabupaten Magelang.” Skripsi Universitas Makasar, 2014.

Rusman. Model - model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Samatowa, Usman. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks, 2016.

Shoimin, Aris. cooperatif learning teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

———. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. Yogyakarta: Arruzz Media, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

———. Metode Penelitian ; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

———. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.

———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suharsimi, Arikunto. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Sutanto, Widura. Mind Maps untuk siswa guru & orang tua. Jakarta: Gramedia, 2013.

Sutrisno, I Km, dan I Wyn Suwatra. “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri di Desa TukadMungga.” Jurnal Mind Mapping, 2013.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

———. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Trianto, dan sunarni. Model - Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktif. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

Yuberti, Antomi Siregar. Pengantar Metodologi Pendidikan Matematika dan sains. Bandar Lampung: Aura, 2017.

Zaini, Hisyam, dan Bermawy Munthe. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD UIN sunan Kalijaga, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.16(1).37-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats