Strategi Guru PPKn dalam Mengantisipasi Lunturnya Nilai Nasionalisme di SMP Katolik Frateran Celaket 21

Romadhon Romadhon, Didik Iswahyudi, Yasinta Minoya Sari Nangus

Abstract


Lunturnya nilai nasionalisme di kalangan generasi muda menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan, terutama di era globalisasi yang semakin pesat. Menurunnya cinta terhadap tanah air, kurangnya kesadaran akan keberagaman, serta meningkatnya individualisme menjadi permasalahan yang perlu ditangani. Dalam hal ini, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memegang peran krusial dalam menanamkan kembali nilai-nilai nasionalisme kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang diterapkan oleh guru PPKn dalam mengahadapi tantangan tersebut di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekaan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru PPKn, observasi  proses pembelajaran, serta studi dokumentasi.  Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru PPKn menggunakan berbagai strategi, seperti pendekatan pemanfaatan teknologi digital, serta kegiatan ekstrakurikuler yang menanamkan nilai kebangsaan. Selain itu, kolaborasi antara guru, orang tua, dan lingkungan sekolah juga berperan penting dalam memperkuat rasa nasionalisme peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang inovatif dan interakrif dalam pembelajaran PPKn dapat menjadi solusi efektif dalam mengantisipasi lunturnya nilai nasionalisme. Dengan pendekatan yang tepat, guru PPK dapat menjadi agen perubahan dalam membentuk karakter kebangsaan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Annisak, F., & Nasution, A. G. J. (2024). Peran Guru Pkn dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme pada Siswa MI/SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1736–1739.

Aulia, A. S., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pancasila dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme dan Patriotisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Journal on Education, 4(4), 1097–1102. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.514

Annisak, F., & Nasution, A. G. J. (2024). Peran Guru Pkn dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme pada Siswa MI/SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1736–1739.

Aulia, A. S., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pancasila dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme dan Patriotisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Journal on Education, 4(4), 1097–1102. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.514

Fajri, I. N., Lestari, W. D., Naibaho, Y. P. C., Gulo, A. S. S., Asbari, M., Novitasari, D., & Purwanto, A. (2022). Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme pada Generasi Muda. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 2(4), 1–11. http://jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/64/46

Fatmawati, H., Ismaya, H., & Mayasari, N. (2021). Peran Guru PKKn Dalam Menumbuhkan Sikap NasionalismePeran Guru PKKn Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme. Jurnal Pendidikan Edutama, 1, 1–7.

Hasdiana, U. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Lestari, E. Y. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal.Unw.Id, 1, 27.

Kamila, M., & dkk. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Rasa Nasionalisme Generasi Muda Bangsa Indonesia. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(5), 544–552.

Kamila, M., & dkk. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Rasa Nasionalisme Generasi Muda Bangsa Indonesia. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(5), 544–552.

Manggaprouw, Y. sampari, & Mediatati, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Patriotisme Dan Nasionalisme Pada Siswa Melalui Pembelajaran PPKn Di SMK Negeri 2 Salatiga. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 427–432. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2189

Maola, P. S., & Dewi, D. A. (2021). Membangkitkan Sikap Nasionalisme Bagi Generasi Muda Melalui Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 248–253. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4768

Rahmayanti, E. (2022). Implementasi Pendidikan Nilai Nasionalisme Melalui Media Film Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn). Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(2), 53. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v3i2.5608

Rizky Amalia, F., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Lunturnya Nilai Nasionalisme Dan Cinta Nkri Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1–8.

Salsa Bila, Z., & Kurniawan, M. I. (2023). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar MEMBANGKITKAN SIKAP NASIONALISME SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS VI SDN KEJAPANAN III. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 1958–1969.

Salsabila Imelda Saskia. (2023). Analisis Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Nasionalisme Warga Negara. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i1.8

Septiano, A. K., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Upaya Peningkatan Rasa Nasionalisme Dengan Pendidikan Kewarganegaraan Kepada Generasi Muda Di Era Perkembangan Teknologi. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 63–66. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7460

Shiama Varelasiwi, R. (2022). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai PenanamanPendidikan Karakter Siswa Dalam Membangun JiwaNasionalisme. Jl. Semarang, 45(5), 153–160. http://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/view/8137%0Ahttp://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/download/8137/2455

Wakano, J., Hatala, R., & Tuharea, J. (2024). Peran Guru PPKn Dalam Mengembangkan Sikap Nasionalisme pada Siswa SMA Negeri 2 Maluku Tengah. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata Dan Pembelajaran Konseling, 2(1), 213–217. https://doi.org/10.57235/jamparing.v2i1.1957

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats