Evaluasi Penggunaan Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (SIMPATIKA) di MTs Inovatif Daarul Ihsan Bandung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penggunaan SIMPATIKA dengan model Nielsen di tingkat MTs Inovatif Daarul Ihsan Bandung. Dalam evaluasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai sejauh mana SIMPATIKA mendukung pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan di MTs Inovatif Daarul Ihsan Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif di MTs Inovatif Daarul Ihsan Bandung melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Pendekatan ini digunakan untuk mengidentifikasi atau mengukur persepsi guru terhadap SIMPATIKA berdasarkan lima indikator utama dengan model Nielsen: Kemampuan Belajar (Learnability), Efisiensi (Efficiency), Kepuasan (Satisfaction), Kesalahan (Errors), Daya Ingat (Memorability) serta didukung dengan hasil wawancara untuk melengkapi data terkait kendala penerapan aplikasi simpatika yang diterapkan di MTs Inovatif Daarul Ihsan Bandung. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah dan operator sekolah sedangkan penyebaran angket diberikan kepada sejumlah guru yang relevan. Hasil temuan yang didapatkan adalah Kemampuan Belajar memiliki skor tertinggi (3,23), diikuti oleh Daya Ingat (3,13), Efisiensi (2,93), Kepuasan (2,90), dan Kesalahan (2,70), yang semuanya berada pada kategori Baik. SIMPATIKA dinilai efektif memfasilitasi pengguna, meski terdapat kendala pada fitur lanjutan dan deteksi kesalahan input data.Kendala utama terkait kurangnya pemahaman operator, meskipun infrastruktur memadai. Sekolah mengatasi hal ini melalui sosialisasi, pelatihan berkala, dan kolaborasi antaroperator, yang terbukti mendukung implementasi sistem. Penelitian menyimpulkan bahwa SIMPATIKA mendukung efisiensi operasional dan pengelolaan tenaga kependidikan, sekaligus menjadi dasar inovasi digital di masa depan.
Full Text:
PDFReferences
Akiba, Christopher F., Byron J. Powell, Brian W. Pence, Minh X. B. Nguyen, Carol Golin, and Vivian Go. 2022. “The Case for Prioritizing Implementation Strategy Fidelity Measurement: Benefits and Challenges.” Translational Behavioral Medicine 12(2):335–42. doi: 10.1093/tbm/ibab138.
Azmina, Hilma Yasmin, and Elvi Fetrina. 2024. “Evaluasi Usability Layanan Video Konferensi Berbasis Online Menggunakan Questionnaire Nielsen’S Attributes of Usability (Studi Kasus: Mahasiswa Aiesec in Uin Jakarta Untuk Kegiatan Volunteering Hibrida Tahun 2023-2025).” Jurnal Perangkat Lunak 6(2):228–36. doi: 10.32520/jupel.v6i2.3282.
Cindy, Pricilla, Sudirman, and Marlina. 2022. “Analisis Usability Pada Aplikasi Just Meme Berdasarkan Model Nielsen.” (02):184–98.
Damayanti, Sri, and Dimas Ahmad Rizal. 2021. “Pemanfaatan Sistem Informasi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Dan Kebijakan Di Kementerian Agama.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 1(1):77–94. doi: 10.14421/njpi.2021.v1i1-5.
Lin, Shaoyun. 2024. “Frontiers in Business, Economics and Management Research on the Path of The Digital Transformation of Education in The Era of Artificial Intelligence.” 15(1).
Mulia, Ezi, Darul Ilmi, Ali Mustopa Yakub Simbolon, Ira Yanti, and Weni Sumarni. 2023. “Management of Education and Education Personnel in Aligning the Digital Era with Islamic Values.” GIC Proceeding 1:38–50. doi: 10.30983/gic.v1i1.125.
Munir, Sirojul, and Mochamad Wisnu Nugroho. 2022. “Analisis Dan Evaluasi Desain Web Profil Sekolah Dengan Pendekatan Nielsen Usability Model.” Jurnal Informatika Terpadu 8(2):104–8. doi: 10.54914/jit.v8i2.508.
Pedrosa, Daniela, Leonel Morgado, Jose Cravino, Mario Madureira Fontes, Maria Castelhano, Claudia MacHado, and Eliana Curado. 2020. “Challenges Implementing the SimProgramming Approach in Online Software Engineering Education for Promoting Self and Co-Regulation of Learning.” Proceedings of 6th International Conference of the Immersive Learning Research Network, ILRN 2020 (iLRN):236–42. doi: 10.23919/iLRN47897.2020.9155183.
Zhang, Yan, Jianmei Jiang, Kangmei Ling, and Jia-hui Huang. 2024. “How to Enhance the Efficiency and Effectiveness of Tutorial System in the Digital Era.” International Journal of Learning and Teaching 10(5):637–42. doi: 10.18178/ijlt.
Seun, E., Babajide, G., Taye, F., Aderonke, A., & Olabode, B. (2023). Impact of Information Systems on Operational Efficiency: A Comprehensive Analysis. Indian Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 976-5166.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.
Sulistyowati, L., Respati, H., & Triatmanto, B. (2023). The effect of using the Simpatik application on performance of pump operator at Perumda Tirta Kanjuruhan Malang Regency using technological approach acceptance model (TAM). Journal of Economics and Sustainable Development, 14(16), 123-145. doi: 10.7176/JESD/14-16-07
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats