Faktor-Faktor yang Menghambat Penerapan Project-Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Jawa pada Kurikulum Merdeka di SMP

Varary Mechwafanitiara Cantika, Dadang Sukirman, Rusman Rusman

Abstract


Realitas di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar guru Bahasa Jawa belum banyak menerapkan Project-based Learning (PjBL) dalam pembelajaran yang mereka lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menghambat penerapan PjBL dalam pembelajaran Bahasa Jawa pada Kurikulum Merdeka di SMP. Project-based Learning (PjBL) sendiri memiliki keterkaitan erat dengan teori pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di beberapa SMP yang tersebar di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Malang, dengan subjek penelitian berupa empat guru Bahasa Jawa pada jenjang SMP yang dipilih secara acak dari masing-masing wilayah tersebut. Penelitian dilaksanakan selama satu bulan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-struktur. Data dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik berdasarkan model Braun & Clarke (2006) yang meliputi enam tahapan, yaitu familiarisasi, pengkodean, identifikasi tema, peninjauan dan pengembangan tema, penamaan tema, dan penyajian hasil analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan Project-based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Bahasa Jawa di jenjang SMP menghadapi empat hambatan utama yaitu kompetensi guru, motivasi guru, beban kerja guru, dan kebijakan kurikulum. Kompetensi guru yang belum memadai dalam merancang proyek, rendahnya motivasi akibat kurangnya apresiasi, tingginya beban kerja baik dalam melakukan pengajaran ataupun tugas administratif, serta kurangnya pedoman implementasi yang relevan untuk mata pelajaran Bahasa Jawa menjadi faktor-faktor penghambat yang diidentifikasi dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Bahasa Jawa, Project-based Learning, PjBL, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Aldabbus, S. (2018). Project-based learning: Implementation & challenges. International journal of education, learning and development, 6(3), 71-79. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Shaban-Aldabbus/publication/328368222_Project-Based_Learning_Implementation_Challenges/links/5bc8cd20a6fdcc03c79095e0/PROJECT-Based-Learning-Implementation-Challenges.pdf

Alfaeni, S. I., & Asbari, M. (2023). Kurikulum Merdeka: Fleksibilitas Kurikulum bagi Guru dan Siswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 1(1), 22–31. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.661

Artama, K. K. J., Budasi, I. G., & Ratminingsih, N. M. (2023). Promoting the 21st century skills using project-based learning. Language Circle: Journal of Language and Literature, 17(2), 325-332. https://doi.org/10.15294/lc.v17i2.39096

Astuti, F. R., Sahara, I. R., & Gusmaneli, G. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek ( PjBL ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang , Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3390

Bulkini, J., & Nurachadijat, K. (2023). Potensi Model PJBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 16-21. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i1.241

DeWalt, C. (2021). Teacher workload and project-based learning: Tipping the balance toward sustained student engagement. Robert Morris University.

Fatikah, N., & Fildayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 167–182. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.989

Ghosheh Wahbeh, D., Najjar, E. A., Sartawi, A. F., Abuzant, M., & Daher, W. (2021). The Role of Project-Based Language Learning in Developing Students’ Life Skills. Sustainability, 13(12), 6518. https://doi.org/10.3390/su13126518

Habók, A., & Nagy, J. (2016). In-service teachers’ perceptions of project-based learning. SpringerPlus, 5(1), 83. https://doi.org/10.1186/s40064-016-1725-4

Hidayat, A., Sembiring, D., & Sidabutar, H. (2024). Comparison Of Learning Outcomes Using Project-Based Learning Model Versus Conventional Learning In Elementary School. Indonesian Journal of Education, 4(2), 582–593. Retrieved from https://injoe.org/index.php/INJOE/article/view/150

Jomuad, P. D., Mabelle Antiquina, L. M., Cericos, E. U., Bacus, J. A., Vallejo, J. H., Dionio, B. B., Bazar, J. S., Cocolan, J. V, & Clarin, A. S. (2021). Teachers’ workload in relation to burnout and work performance. International Journal of Educational Policy Research and Review, 8(2), 48–53. https://doi.org/10.15739/IJEPRR.21.007

Junita, E. R., Karolina, A., & Idris, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 02 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 9(4). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i4.541

Lubis, R. R., Habib, M., Sadri, M., Rambe, N., Mariana, W., Rambe, T. R., Novianti, Y., & Haryati, H. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2176. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8264

Majumdar, A. (2022). Thematic analysis in qualitative research. In Research anthology on innovative research methodologies and utilization across multiple disciplines (pp. 604-622). IGI Global Scientific Publishing. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-3881-7.ch031

Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1), 2. https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x

Martinez, C. (2022). Developing 21 st century teaching skills: A case study of teaching and learning through project-based curriculum. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.2024936

Mujiburrahman, M., Suhardi, M., & Hadijah, S. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig Di Era Kurikulum Merdeka. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900

Ndari, W., Suyatno, Sukirman, & Mahmudah, F. N. (2023). Implementation of the Merdeka Curriculum and Its Challenges. European Journal of Education and Pedagogy, 4(3), 111–116. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.3.648

Pacaol, N. (2021). Teacher's Workload Intensification: A Qualitative Case Study of Its Implications on Teaching Quality. International Online Journal of Education and Teaching, 8(1), 43-60. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1286549.pdf

Prihatin, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menulis Teks Drama. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(7), 682–693. https://doi.org/10.58344/locus.v2i7.1443

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Ramos-Ramos, P., & Nicolás, A. M. B. (2022). Teaching dilemmas and student motivation in project-based learning in secondary education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 16(1), 1-12. https://doi.org/10.14434/ijpbl.v16i1.33056

Rohmah, N., Rosyidha, A., & Dwi Eko Saputri, L. A. (2024). Unlocking the Potential of Project-Based Learning in English Language Education: A Systematic Review of Benefits, Challenges, and Implementation Strategies. Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 6(4), 161–167. https://doi.org/10.32996/jeltal.2024.6.4.17

Santrock, J. W. (2021). Educational psychology (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan reward dalam manajemen sdm untuk meningkatkan motivasi guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212-234. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41

Sumanto, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 54–65. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol2.iss1.568

Taufiqurrahman, & Junaidi. (2021). Pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning) untuk mengembangkan keterampilan abad 21. International Journal of Educational Resources, 2(2), 225–241. https://doi.org/10.59689/incare.v2i2.255

Taukit, M., Fathirul, A. N., & Walujo, D. A. (2023). Pengaruh Metode Mind Mapping Versus Cooperative Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Materi Teks Cerita Wayang. Jurnal Darma Agung, 31(3), 448. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3159

Tia, J. N. A., & Wangid, M. N. (2024). Impact of Project Based Learning (PjBL) on Enhancing Student Self-Confidence. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(3), 3684-3696. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5425

Yang, D., Skelcher, S., & Gao, F. (2021). An investigation of teacher experiences in learning the project-based learning approach. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(4), 490–504. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i4.20302




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(2).183-194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats