Pengintegrasian Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital (Sebuah Kajian Pustaka)

Muhammad Nasir, Sutiah Sutiah

Abstract


Perkembangan pesat teknologi telah memberikan pengaruh yang sangat besar dibidang pendidikan. Seorang pendidik harus mampu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada untuk menunjang proses pembelajaran. Salah satu tantangan terbesar seorang guru dalam menggunakan pembelajaran berbasis teknologi adalah bagaimana mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran yang efektif dan efisien. Fokus penelitian ini adalah menganalisis urgensi dan model pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran mulai dari teori hingga prakteknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi Pustaka, yaitu pengumpulan berbagai macam literatur kemudian memahami dan mempelajari berbagai teori dari berbagai literatur yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pada hakekatnya, Pembelajaran berbasis teknologi yaitu pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital secara kreatif selama proses belajar dan mengajar. pembelajaran berbasis teknologi juga menjadi salah satu pilar utama di era modern saat ini. Dalam ranah pendidikan mengeksplorasi dan memanfaatkan teknologi digital membawa peluang bagi pendidik untuk menciptakan kesan belajar yang lebih menarik pada pelajaran yang disampaikan. Pembelajaran menggunakan teknologi juga dinilai lebih efektif dalam meningkatkan pengalaman belajar peserta didik. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menjadi salah satu pilar utama dalam transformasi pendidikan di era digital. Pengintegrasian teknologi bukan sekadar penggunaan alat bantu, melainkan melibatkan perubahan mendalam dalam metode pengajaran, interaksi siswa-guru, dan pengalaman belajar secara keseluruhan. Dengan mengadopsi teknologi yang terus berkembang, metode pembelajaran konvensional semakin diperkaya dengan inovasi yang memungkinkan proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif, personal, dan efisien. Pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran memiliki banyak manfaat diantaranya adalah akses terhadap materi pembelajaran yang lebih luas Adapun model-model pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran antara lain model SAMR, model LoTI, Model Dwyer, Model Raby, Model TIM. dan Model TIP.


Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. EDUMASPUL, 6(1), 974–980.

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Annisa, N., Nurdin, N., & Syahid, A. (2024). Integrasi Teknologi dan Kecerdasan Buatan Manusia dalam Menigkatkan Pendidikan Islam. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0(KIIIES 5.0), 316–322.

Balula, A., & Moreira, A. (2014). Evaluation Of Online Higher Education. In Heidelberg. Springer.

Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Chetna, A. (2020). Integrating Technology into Classroom Learning. Indian Journal of Educational Technology, 2(1).

FCIT, F. C. for I. T. (2019). The Technologi Integration Matrix Table Of summary Description. http://mytechmatrix.org

Fitria, L. (2018). Sejarah Perkembangan Teknologi Pembelajaran.

Hilton, J. T. (2016). A Case Study of the Application of SAMR and TPACK for Reflection on Technology Integration into Two Social Studies Classrooms. The Social Studies, 107(2), 68–73. https://doi.org/10.1080/00377996.2015.1124376

Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Cendekia Publisher.

Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493

Merwe, V. der, & Frederick, D. (2021, October 22). The metaverse as virtual heterotopia. Proceedings of The 3rd World Conference on Research in Social Sciences. https://doi.org/10.33422/3rd.socialsciencesconf.2021.10.61

Moersch, C. (1995). Level Of Technologi Implementation (LoTi): A Framework For Measuring Classroom Technology Use. Learning and Leading With Technology, 23(3), 40–42.

Mohamad Judi, H., H. N. F., & Hanawi, S. A. (2022). Meaningful programming learning: A Student-Centered Technology Integration Model . Jurnal Pendidikan Bitara UPSI, 15(1), 29–40.

Nurbayanni, A., Ratnika, D., Waspada, I., & Dahlan, D. (2023). Pemanfaatan Media Dan Teknologi Di Lingkungan Belajar Abad 21. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 183–189. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1499

Popenici, S. A. D., & Kerr, S. (2017). Exploring the impact of artificial intelligence on teaching and learning in higher education. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1). https://doi.org/10.1186/s41039-017-0062-8

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0. UIN Sunan Ampel Press.

Sembiring, D., & Kona, M. (2024). Inovasi Teknologi Pembelajaran (A. Asari (ed.); Pertama). PT MAFY MEDIA LITERASI Indonesia.

Shen Wen, C., & Ho Tsung, J. (2020). Technology-enhanced learning in higher education: A bibliometric analysis with latent semantic approach. Computer in Human Behavior, 104. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106177

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Sutiah, & Supriyono. (2020). Software Testing on The Learning of Islamic Education Media Based on Information Communication Technology Using Blackbox Testing. International Journal of Information System & Technology Akreditasi, 3(36), 254–260. https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/57

Syaifudin, M. (2021). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran di Kelas (S. Sholikhin (ed.)). Kanzun Books.

Ummam, M. K., Maulidah, L., & Syihabbudin, M. (2021). Konsep dan Operasionalisasi Model SAMRdalam Pembelajaran PAI. Akademika, 15(1), 1–8.

Wibawanto, H. (2019). Model Evaluasi Integrasi TIK dalam Pembelajaran. Prosiding SNPMAT II Tahun 2019, 12–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats