Systematic Literature Review: Pengarusutamaan Antikorupsi melalui Kurikulum Pendidikan Antikorupsi pada Pendidikan Tinggi
Abstract
Korupsi di Indonesia terjadi di seluruh sektor pembangunan sehingga menghambat penyelenggaraan pemerintahan. Oleh karena itu diperlukan upaya yang komprehensif dalam penanganan dan pencegahannya. Penelitian ini membahas pengarusutamaan antikorupsi di perguruan tinggi sebagai bagian dari upaya komprehensif melawan korupsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mensintesis implementasi, output, dan efektivitas pengarusutamaan antikorupsi di perguruan tinggi melalui implementasi Pendidikan Antikorupsi (PAK). Dengan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis 20 jurnal terpilih dari tahun 2019-2024, yang relevan dengan pendidikan antikorupsi di pendidikan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengarusutamaan antikorupsi di perguruan tinggi akan efektif melalui Pendidikan Antikorupsi yang terdiri dari internalisasi nilai antikorupsi melalui integrasi dalam kurikulum dan pembangunan integritas ekosistem di perguruan tinggi. Pengukuran efektivitas pengarusutamaan antikorupsi dilakukan dengan mengukur output dari kedua unsur pendidikan antikorupsi yaitu integrasi PAK pada kurikulum dan penguatan integritas ekosistem perguruan tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Ainy, Z. N. (2021). Dampak Aplikasi Pendidikan Karakter Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 9(2), 111–117. https://doi.org/10.30598/PEDAGOGIKAVOL9ISSUE2PAGE111-117
Alkostar, A. (2015). Korupsi Sebagai Extra Ordinary Crime.
Amelia, K., Larasati, G. E., Putri, V. N., & Rakhmawati, N. A. (2024). Peran Perguruan Tinggi dalam Menjaga Integritas Akademik pada Era Digital. Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(3), 13–26. https://doi.org/10.59581/JUSIIK-WIDYAKARYA.V2I3.3287
Anwar, R. A. R. H. (2019). Peran Pimpinan Dalam Memberdayakan Tenaga Pendidik Untuk Membangun Good University Governance. Dialektikal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 135–149. https://www.scribd.com/document/680165191/JURNAL-5
Ayuningtyas, D. (2020). Integrasi Kurikulum Antikorupsi: Peluang dan Tantangan. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 6(1), 93–107. https://doi.org/10.32697/INTEGRITAS.V6I1.375
Bhandesa, A. M., Sudarsana, I. M., Susanta, I. P. A. E., Sutrisna, I. P. G., Putra, I. B. A., & Masri, K. A. (2023). Pendidikan Antikorupsi Dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi: Studi Korelasi Pada Sikap dan Perilaku Antikorupsi Civitas Akademika ITEKES Bali. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 411–425. https://doi.org/10.37329/CETTA.V6I2.2464
Fadhil, M. (2019). Pendidikan Agama Islam, Internalisasi Nilai-Nilai Antikorupsi dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 2(1), 44–60. http://riset.ti.or.id/ipk-indonesia/,
Fatkhuri, F. (2019). Desentralisasi Pendidikan di Indonesia : Korupsi dan Problem Politik Kekuasaan. KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(2), 278–297. https://doi.org/10.31629/kemudi.v3i2.874
Fitriani, S., & Muljono, H. (2019). Beyond Good Governance: An Ultimate Key Success for Higher Education Quality. Journal of Education, Teaching and Learning, 4(1), 210–216.
Hambali, G. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Antikorupsi dalam Pembelajaran. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 6(1), 31–44. https://doi.org/10.32697/INTEGRITAS.V6I1.621
Karim, A. (2023). Peran Mahasiswa Dalam Pencegahan Korupsi Melalui Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi. JPeHI-Jurnal Penelitian Hukum Indonesia, 4(2), 25–49.
Kholiq, A., & Permata, K. I. (2023). Anticorruption Education Ecosystems at State Islamic Universities in Indonesia. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 9(2), 283–292. https://doi.org/10.32697/INTEGRITAS.V9I2.950
Komisi Pemberantasan Korupsi. (2023). Strategi Nasional Pendidikan Antikorupsi (1st ed.). Direktorat Jejaring Pendidikan.
Muammar, M., & Taufik, I. (2023). Ambiguitas Norma Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi, Antara Kewajiban dan Kebutuhan. Peradaban Journal of Law and Society, 2(1), 62–77. https://doi.org/10.59001/PJLS.V2I1.80
Muka, T., Glisic, M., Milic, J., Verhoog, S., Bohlius, J., Bramer, W., Chowdhury, R., & Franco, O. H. (2020). A 24-Step Guide On How To Design, Conduct, And Successfully Publish a Systematic Review And Meta-analysis On Medical Research. European Journal of Epidemiology, 35(1), 49–60. https://doi.org/10.1007/S10654-019-00576-5/METRICS
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 183–191. https://doi.org/10.24176/RE.V8I2.2358
Permatasari, M., Handayani, T., & Budiono, B. (2019). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Antikorupsi Dalam Membentuk Good Citizen Pada Era Milenial. Jurnal Civic Hukum, 4(1), 20–28. https://doi.org/10.22219/JCH.V4I1. 9893
Risanty, R., & Kesuma, S. A. (2019). Good University Governance: Experience from Indonesian University. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 6(4), 515–524. https://doi.org/10.22437/ ppd.v6i4.6195
Salahudin, Nurmandi, A., Fajar, M., Mutiarin, D., Siregar, B., Sulistyaningsih, T., Jainuri, Agusta, R., & Karinda, K. (2019). Developing Integrity University Governance Model in Indonesia. International Journal of Higher Education, 8(5), 185–199. https://doi.org/10.5430/IJHE.V8N5P185
Siregar, P. J. W. S., & Tirta, N. (2020). Implementasi Stimulan Reward and Punishment pada Kurikulum Pendidikan Antikorupsi. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 6(1), 153–168. https://doi.org/10.32697/INTEGRITAS.V6I1.634
Sjafrina, A. G. P., & Anggraeni, D. (2021). Tren Penindakan Korupsi Sektor Pendidikan: Pendidikan di Tengah Kepungan Korupsi. https://antikorupsi.org/id/tren
Subkhan, E. (2020). Pendidikan Antikorupsi Perspektif Pedagogi Kritis. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.32697/INTEGRITAS.V6I1.649
Sudrajat, T., Komaruddin, O., Ni’mawati, N., Supiana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Relasi Aktor, Institusi dan Lingkungan Kebijakan Publik: Analisis Kebijakan Pendidikan Antikorupsi. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 9(1), 55–63. https://doi.org/10.55678/PRJ.V9I1.376
Sugianto, A., Sabila, A., & Muanifah, A. (2024). Tata Kelola Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Stratēgo: Jurnal Manajemen Modern, 6(3), 89–101. https://journalpedia.com/1/index.php/jmm/article/view/1975
Sumaryati, S., Murtiningsih, S., & Maharani, S. D. P. (2020). Penguatan Pendidikan Antikorupsi Perspektif Esensialisme. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.32697/INTEGRITAS.V6I1.408
United Nations Office on Drugs and Crime. (2004). United Nations Convention Against Corruption. www.unodc.org
Wolo, H. B., & Resi, B. B. F. (2023). Urgensi Integritas Akademik di Perguruan Tinggi dalam Menyikapi Problem Integritas Civitas Akademika. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(3), 464–469. https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/718
Yusoff, M. S., Othman, I. W., & Mohd Kamal, H. I. (2023). Corruption as a Cultural Phenomenon? Analyzing Corruption Issues in Economics, Politics, Education and the Public Sector. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(12), 1025–1052. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i12/19931
Zuber, A. (2018). Strategi Anti Korupsi Melalui Pendekatan Pendidikan Formal dan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Journal of Development and Social Change, 1(2), 178–190. https://doi.org/10.20961/JODASC.V1I2.23058
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(2).149-170
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats