Penguatan Literasi Budaya dan Kewargaan Melalui Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Semangat Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 29 Medan

Sadnes Sinaga, Abdinur Batubara

Abstract


Literasi budaya dan kewargaan menjadi salah satu indikator penting dalam mendukung keberlangsungan dan harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara pada peserta didik. Perkembangan globalisasi masa kini menyebabkan semangat nasionalisme masyarakat, terutama generasi muda, semakin luntur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penguatan Literasi Budaya Dan Kewargaan Melalui Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Semangat Nasionalisme Siswa Di SMP Negeri 29 Medan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatankualitatif. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PPKn dan siswa-siswi SMP Negeri 29 Medan. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder.Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data sekunder diperoleh malalui buku, jurnal, artikel yang relevan dengan topik kajian yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda.Hasil penelitian menjelaskan bahwa penguatan literasi budaya dan kewargaan melalui pembelajaran PPKn untuk meningkatkan semangat nasionalisme siswa di SMP Negeri 29 Medan yaitu melalui basis kelas dan basis budaya sekolah. Pada basis budaya sekolah, kegiatan yang dilakukan di luar kelas seperti adanya literasi membaca, menampilkan berbagai kegiatan budaya, upacara, peringatan hari besar dan adanya kegiatan kepramukaan. Selain itu, basis kelas melalui pembelajaran PPKn yaitu guru meningkatkan semangat nasionalisme siswa dengan adanya 3S (Senyum, Sapa, Salam), menyanyikan lagu wajib sebelum memulai pelajaran dan mengenalkan berbagai kebudayaan Indonesia melalui materi pelajaran dengan pelaksanaan yang sudah direncanakan. Dengan berbagai kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat nasionalisme siswa seperti toleransi, mencintai budaya sendiri dan menghargai perbedaan yang ada.


Full Text:

PDF

References


Anggawirya, A. M., Floriani, R., Istiqomah, N., Giovani, E., & Hanip, R. (2023). Peningkatan Literasi Kewarganegaraan dan Kesadaran Multikulturalisme pada Masyarakat Papua Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(2), 63-74. http://jerkin.org/index.php/jerkin/article/view/207.

Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan nilai-nilai demokrasi dan nasionalisme pada mahasiswa melalui pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300-1309.

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30–41. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Aulia, A. S., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pancasila dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme dan Patriotisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Journal on Education, 4(4), 1097–1102. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.514

Baba, M. A. (2017). Analisis Data Kualitatif. http://repository.iain-manado.ac.id/415/

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., Patimah, S., Liriwati, F. Y., Nasrullah, N., Sriekaningsih, A., ... & Nugraha, M. S. (2020). Metodologi penelitian: Pendekatan multidisipliner..

Faridah, S., Gustarina Cempaka Timur, F., Afifuddin, M., Studi Peperangan Asimetris, P., Strategi Pertahanan, F., Pertahanan Republik Indonesia, U., Bogor, K., & Jawa Barat, P. (2023). Karakter Bangsa dan Bela Negara: Menumbuhkan Identitas Kebangsaan dan Komitmen Nasionalisme. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2532–2539. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/5863

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., ... & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar. google. com/citations.

Hidayat, R. (2023). Ketahanan Nasionalisme Generasi Muda Simeulue di Era Globalisasi. Integralistik, 34(1), 13–19. https://doi.org/10.15294/integralistik.v34i1.39944

Jaya, I. M. L. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Quadrant.

Kurnia, H., Bowo, A. N. A., & Nuryati, N. (2021). Model Perencanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Literasi. Jurnal Basicedu, 5(2), 733–740. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.794

Lestari, I. D., Ratnasari, D., & Usman. (2022). Profil kemampuan literasi bahasa, literasi budaya dan kewargaan pada mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Indonesian Journal of Educational Development, 3(3), 312–319. https://doi.org/10.5281/zenodo.7365078

Maimun, Sanusi, Yusuf, R., & Muthia, H. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Kebangsaan Melalui Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Banda Aceh. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 8 (1)(1), 8–15.

Nurshakilah, H. (2022). The Cultivation of Morality and Discipline Character in the World of Education. International Journal of Students Education, 1(2), 29–34.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/Pengantar Metodologi Penelitian.pdf

Simanjuntak, J. G., & Sudjiman, P. E. (2023). Pengaruh Moralitas Pajak, Tingkat Nasionalisme, dan Kepercayaan Kepada Pemerintah Terhadap Kepatuhan Pajak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 8806-8821.

Setemen, K., Widiana, I. W., & Antara, I. G. W. S. (2023). Multicultural learning based on blended learning in social studies and the impact on nationalism attitude viewed from students’ cultural literacy level. Nurture, 17(3), 314–324. https://doi.org/10.55951/Nurture.V17I3.337

Setiawati, W., & Lestari, P. (2023). Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran IPS Di SMP Kebon Dalem Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 5(1), 7-15.

Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). Culture and Citizenship Literacy in Sundanese Children's Literature. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018) (pp. 346-348). Atlantis Press.

Sujastika, I., & Abdulkarim, A. (2022, January). Civic Education Textbook Presentation of Seventh Grade Based on Cultural Literacy and Citizenship. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2021) (pp. 180-185). Atlantis Press.

Sutoyo. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. UNISRI Press.

Syukur, Y., & Mangestiwi, A. (2021). Pembelajaran Literasi Budaya dan Kewargaan Berbasis Proyek di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah..

Tjahyadi, I., Wafa, H., & Zamroni, M. (2019). HKI Buku Ajar Kajian Budaya Lokal..

Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya Dan Kewargaan Siswa Sma Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91–99.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(2).171-182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats