Penerapan Aplikasi Nearpod Melalui Media Film Dokumenter Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Kelas X SMA Perguruan Rakyat 2
Abstract
Perkembangan dalam bidang pendidikan terus berlangsung, dengan berbagai upaya pembaharuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Salah satu strategi yang diterapkan adalah menghubungkan media pembelajaran dengan teknologi, seperti pengembangan media audio visual. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan sebuah aplikasi menggunakan Nearpod untuk mengintegrasikan film dokumenter sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah penggunaan Nearpod dengan film dokumenter dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan biografi peserta didik. Penelitian ini melibatkan 28 siswa dari SMA Perguruan Rakyat 2, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program statistik SPSS versi 29.0.
Hasil dari tes awal menunjukkan nilai rata-rata pre-test untuk kelompok kontrol adalah 63,79 dan untuk kelompok eksperimen adalah 62,64. Setelah penerapan Nearpod dengan film dokumenter pada kelas eksperimen, terjadi peningkatan signifikan dalam nilai rata-rata post-test peserta didik eksperimen menjadi 85,75. Peningkatan ini menunjukkan kenaikan sebesar 19% dari nilai pre-test mereka. Di sisi lain, kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan kecil yaitu sebesar 3%, dengan nilai rata-rata post-test sebesar 66,36.
Berdasarkan perbandingan antara nilai rata-rata pre-test dan post-test antara kelompok eksperimen dan kontrol, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan menulis karangan biografi yang signifikan terjadi pada kelompok eksperimen yang menggunakan Nearpod dengan film dokumenter sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Nearpod dalam film dokumenter efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan biografi peserta didik.
Kata Kunci: Film dokumenter; Kemampuan menulis; Nearpod
Full Text:
PDFReferences
Dağhan, G. (2017). Views of students about technology, effects of technology on daily living and their professional preferences. Turkish Online Journal of Educational Technology, 16(4), 187–194.
Faradisa, Ayu Rifqi., dkk. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs”. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar. Vol. 1. 2021
Gultom, K. D., Wuriyani P. E., (2023). Pengaruh Penggunaan Media Film Dokumenter Terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Teks Biografi Siswa kelas X SMA Swasta Methodist 7 Medan. Universitas Negeri Medan, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 1(4). https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.924
Hamid, Mustofa Abi., dkk. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis. 2020.
Hossain, M. I. (2015). Teaching Productive Skills to the Students: A Secondary Level Scenario.A Thesis, 1–90.
Iskandar, Akbar., dkk, Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Medan: Yayasan Kita Menulis. 2020.
Lestari, Novia. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Penerbit Lakeisha. 2020.
Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa Article Info ABSTRACT. Jurnal Kualitas Pendidikan, 3(3), 2774–2156.
Ngatno, (2015) Metodologi Penelitian Bisnis, Semarang: Lembaga Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan Universitas Diponegoro Semarang.
Nurgiyantoro, Burhan (2014) Penilaian Pembelajaran Bahasa, Yogyakarta: Gadjahmada university.
Nurmiati, Mita., Wikanengsih., & Permana, Aditya., (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMAN 1 Batujajar. IKIP Siliwangi, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Parole), 5(2).
Pratiwi, Dyah., (2023). Pemanfaatan Video Interaktif “Jejak Perjuangan Sang Jenderal” Dalam Pembelajaran Menceritakan Kembali Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. UIN Syarif Hidayatullah.
Purba, Jersika., Tambunan A. M., & Saragih R., V., (2023). Pengaruh Media Film Dokumenter Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Pematangsiantar. Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesian Journal of LanguageLiterature,1(2).https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJOL
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(3).%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats