Pengaruh Keterampilan Menyimak Media Audio Visual Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas X AKL 1 SMK Sultan Agung Tirtomoyo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Menyimak Media Audio Visual Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas X AKL 1 SMK Sultan Agung Tirtomoyo. Proses pembelajaran bahasa khususnya menulis di tingkat SMK yang cenderung kurang dalam prosesnya mencoba menerapkan variabel keterampilan menyimak menggunakan media audio visual dan variabel minat baca untuk mengetahui pengaruhnya terdadap kemampuan menulis. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian Kuantitatif menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner kepada sejumlah 26 siswa SMK Kelas X AKL. Penelitian menggunakan teknik validasi data dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan teknik analisis data dengan uji homogenitas dan uji normalitas untuk mengetahui pengaruh antara variabel X1 berupa keterampilan menyimak audio visual dan variabel X2 berupa minat baca terhadap variabel Y berupa kemampuan menulis pada siswa kelas X AKL SMK Sultan Agung Tirtomoyo.
Kata Kunci : Keterampilan menyimak, Minat Baca, dan Kemampuan menulis.
Full Text:
PDFReferences
Ariani, Endah dkk. 2009. Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bahri, Aliem. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Metode Cush Word” Thesis. Universitas Muhammadiyah Makasar.http://jurnal.unismuh.ac.id. Diaskes pada tanggal 16 Juli 2018
Doyin dan Wagiran. 2015. Curah Gagasan Pengantar Penulisan Karya Ilmiah.
Semarang:Rumah Indonesia
Faisal, Dwi Findy. 2017. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/2017”. Thesis. Universitas Muhammadiyah Purworejo. http://repository.ump.ac.id. Diakses pada 16 Juli 2018.
Kosasih.2017.Bahasa Indonesia.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih.2016.Jenis-jenis Teks.Bandung:Yrama Widya.
Kosasih. 2016. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Majid, Abdul. 2015. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Meier, Dave. 2002. The Accelarated Learning Hand Book. Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Penelitian. Bandung: Kaifa.
Nugrahani, Farida. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa Indonesia. Surakarta : CakraBooks
Nurdiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa:Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE-Yogykarta.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
CV. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Susetyo. 2010. Penelitian kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas
Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bengkulu: FKIP Univ. Bengkulu.
Suwarto. 2012. Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Ujian Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Jurnal Widyatama, Nomor 1 Volume 18, Tahun 2012, Halaman 130-137.
Suwarto. 2018. Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN, p-ISSN 2715-095X, e-ISSN 2686-5041 Volume 30, No.3, Nopember 2021 (499-514)
Suwarto, Statistik Pendidikan : Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2018.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Percetakan Angkasa.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian dan Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zainurrahman. 2011. Menulis dari Teori hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).198-203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats