Penerapan Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Untuk Menginspirasi Penggubahan Puisi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk menginspirasi penggubahan puisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Malang dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 34 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan rincian pelaksanaan setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini disusun dengan melibatkan face validity yaitu expert judgment. Seluruh data yang didapatkan dari penelitian ini (baik data tes berupa angka atau persen) dianalisis dan diolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk menginspirasi penggubahan puisi pada peserta didik menunjukkan hasil yang baik. Secara keseluruhan, sebanyak 28 (82,35%) peserta didik telah menunjukkan ketuntasan belajar sedangkan 6 (17,64%) peserta didik lainnya belum menunjukkan ketuntasan belajar. Meski belum seluruh peserta didik menunjukkan adanya ketuntasan belajar, namun hasil penilaian dan pengamatan pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I (65,21% ke 83,44%).
Full Text:
PDFReferences
Andriana, K. (2015). Urgensi Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan di Sekolah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 188–197. Retrieved from https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/22
Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara.
Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364
Hermanto, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMA dengan Memanfaatkan Aplikasi Noveltoon. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 29–37. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1279
Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Meirisa, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2807–2812. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1175
Pratiwi, C. P. (2016). Penggunaan Media Puisi dan Pendekatan Savi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(02), 190–199. https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.283
Pujiarti, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 30–35. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.113
Sakti, M., & Yulianeta, Y. (2018). Perbandingan Implementasi Metode Suggestopedia dalam Pembelajaran Menulis Puisi dan Cerpen. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1095–1104. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/248/236
Sari, A. W. (2016). Kontribusi Minat Baca Puisi dan Penguasaan Gaya Bahasa terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(2). https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.1087
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar sebagai Langkah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1). https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tsalitsatul Maulidah. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 2(01), 64–70. https://doi.org/10.55273/karangan.v2i01.46
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245
Widianto, S. Pd. , M. Pd. , F. R. (2019). Pembelajaran Mengonversi Teks Cerita Pendek ke dalam Bentuk Puisi dengan Menggunakan Metode Inkuiri. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(2), 1–11. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.223
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).178-188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats