Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Pandangan PISA 2022

Helmalia Fitri Atikah, Iva Sarifah, Chrisnaji Banindra Yudha

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengerahui apa saja aspek-aspek kemampuan literasi matematika dan bagaimana pandangan PISA terhadap kompetensi kemampuan literasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Sampel studi yang digunakan sebanyak 3 studi yang berasal dari laman resmi organisasi OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) yang menaungi program PISA. Data dalam penelitian ini di analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil kajian dalam studi ini menunjukkan bahwa PISA 2022 mengalami perubahan dan mengaitkan litersi matemayika dengan penalaran matematika, berpikir komputasional, empat area konten fokus, dan kompetensi abad ke-21 dalam proses pemecahan masalah.


Full Text:

PDF

References


Azid, A., Zamnah, L. N., & Solihah, D. S. (2023). Mengapa Literasi Matematis Penting dan Diperhatikan? (Vol. 3, Issue 1). https://jurnal.unigal.ac.id/GAMMA-NC/article/view/12944

Dwi Riana, D., & Zenizela, Z. (2020). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i1.844

Febriansyah, Yogi. (2015). Kajian Visual Poster Film Drama Pendidikan Sutradara Riri Riza Produksi Miles Films 2005-2013. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia), 81–88. https://repository.upi.edu/21016/

Hasanah, M., & Lukman Hakim, D. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 5, Issue 2). DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785

Nila Farida, R., Qohar, A., Rahardjo, S., Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika, P., Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., & Negeri Malang Jalan Semarang, U. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. 05(0), 2802–2815. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Nisa, F., & Faradiba, S. S. (2023). Profil Literasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Level Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1003–1019. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2211

OECD. (2018). PISA 2018 Mathematics Framework. https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/13c8a22c-en.pdf?expires=1716020552&id=id&accname=guest&checksum=91B33050B642748A6E267FE9F91951F5.

OECD. (2022). PISA 2022 MATHEMATICS FRAMEWORK (DRAFT). https://pisa2022-maths.oecd.org/files/PISA%202022%20Mathematics%20Framework%20Draft.pdf.

OECD. (2023). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education Volume I. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). E D U P E D I K A Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi (Vol. 1, Issue 1). https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika

Syatifa Fitriana, A., Eka Lestari, K., Karawang Jl Ronggo Waluyo, S. H., Jambe Timur, T., & Barat, J. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE DITINJAU DARI LEVEL KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.859-868

Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka kerja PISA 2021: era integrasi computational thinking dalam bidang matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 706–713. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).152-161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats