Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Microsites.Id Pada Materi Hak Dan Kewajiban Untuk Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan multimedia interaktif berbasis microsite s.id untuk pembelajaran dikelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran (R&D), dalam penelitian pengembangan ini menghasilkan produk dan menguji tingkat keefektifan produk. Langkah yang digunakan yaitu Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Penelitian terbatas hanya pada tahapan rancangan pengembangan produk dan validasi secara internal kepada validator ahli dan belum sampai pada tahap uji coba. Data yang dihimpun dan digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif deskriptif berdasarkan hasil validasi ahli melalui kuisioner yang diberikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket atau kuisioner penilaian validator ahli untuk mengetahui kelayakan dari produk pengembangan multimedia interaktif berbasis microsite s.id ini. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil prosentase validasi dari ahli materi 95% dan ahli media sebesar 89%. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis microsites s.id layak digunakan dalam pembelajaran. Multimedia interaktif berbasismicrostes s.id dengan materi Hak dan Kewajiban disajikan dengan sangat menarik melalui fitur yang komplit sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Microsite s.id. Hak dan Kewajiban
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ancok, Djamaluddin, Membangun Kompotensi Anggraeni, Sri Wulan, Yayan Alpian, Depi Prihamdani, and Euis Winarsih. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6): 5313–27.
Arif, Muhammad Faisal, Henry Praherdhiono, and Eka Adi. 2019. “Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(4): 329–35.
Arifin, Zaenal. 2020. “Metodologi Penelitian Pendidikan.” Jurnal Al-Hikmah 1(1).
Arisanti, Yossa, and M Fachri Adnan. 2021. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4): 2122–32.
Cahyani, Auliya Dwi, Encep Andriana, and A Syachruroji. 2023. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LIVE WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 9(1): 16–25.
Dewi, Silvy Ananta, and Zihan Novita Sari. 2023. “Peningkatan Literasi Digital Menggunakan E-Book Interaktif Berbasis Model PBL Pada Siswa Kelas IV SDN Purworejo Kabupaten Magetan.” Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an 10(2): 242–50.
Fitriyanti, Puji. 2021. “Penggunaan E-Book Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 11(2): 170–77.
Hasyyati, Hasyyati, and Zulherman Zulherman. 2021. “Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Mentimeter Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Daring.” Jurnal Basicedu 5(4): 2550–62.
Linggarsari, Elkana. 2021. “Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1): 122–28.
Luhulima, Denissa Alfiany, I Nyoman S Degeng, and Saida Ulfa. 2016. “Pembelajaran Berbasis Video Untuk Anak Generasi Z.” Prosiding Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Psikologinya: 85–92.
Marpaung, Tri Mahkota Graha Agung, Haris Abizar, and Soffan Nurhaji. 2021. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL KOMPETENSI TUNE UP MESIN EFI DI SMKN 2 PANDEGLANG.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 21(1).
Meyriana, Aknes Zelly, Fatrica Syafri, and Asiyah Asiyah. 2021. “Pengembangan Pocket Book Untuk Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Potensia 6(2): 113–19.
Pujiastuti, Rahayu, and Luluk Isani Kulup. 2021. “Penyusunan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis HOTS Melalui Problem Based Learning Dan Peer Assessment.” Indonesian Language Education and Literature 7(1): 88–105.
Richey, Rita C, and James D Klein. 2014. “Design and Development Research.” Handbook of research on educational communications and technology: 141–50.
Rosyada, Dina. 2023. “Pengembangan Media Interaktif Berbasis S. Id Berbantuan Canva Pada Pembelajaran Materi Siklus Air Kelas V Siswa Sekolah Dasar.” COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 6(2).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Yuliawati, Lely, Didik Aribowo, and Mustofa Abi Hamid. 2020. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik.” Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) 5(1): 35–42.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).162-170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats