Analisis Kelayakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Kabupaten Cirebon
Abstract
Usaha Kesehatan Sekolah sebagai upaya pembinaan dan pengembangan pola hidup sehat di sekolah sangatlah penting untuk dijalankan dalam sebuah satuan pendidikan. Hal ini dikarenakan dengan pembinaan dan pengembangan yang tepat, akan menciptakan kesadaran dan berkehidupan yang sehat, khususnya untuk masyarakat satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang telah dicapai oleh Usaha Kesehatan Sekolah sesuai dengan stratifikasi Usaha Kesehatan Sekolah menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Tim Direktorat Sekolah Dasar, 2020). Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode survei. Penelitian dilakukan dengan cara mengambil data dari kuesioner yang diisi oleh koordinator UKS atau yang memiliki kredibilitas di setiap sekolah. Lokasi penelitian bertempat di Kabupaten Cirebon. Sampel penelitian ini diambil dari 10 sekolah dasar di 10 kecamatan yang berbeda. Untuk pemilihan sampel tersebut digunakan teknik random sampling. Hasil uji t dengan nilai signifikan (2 tailed) yang diperoleh adalah 0,000. Maka nilai signifikan (2 tailed) 0,000 < 0,05 Ha diterima. Sehingga ini menunjukkan bahwasannya terdapat perbedaan klasifikasi terhadap indikator UKS. Hasil dari pengolahan data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat 67,50% sekolah yang memenuhi penilaian pada indikator Pendidikan Kesehatan, 80% sekolah yang memenuhi penilaian pada indikator Pelayanan Kesehatan, 42,50% sekolah memenuhi penilaian pada indikator Pembinaan Lingkungan Sehat, dan 32,50% pada indikator Manajemen UKS. Sebagai hasil rangkuman dari penilaian empat indikator tersebut didapatkan 55,6% sekolah memenuhi standar kelayakan UKS di Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian diharapkan menjadi tolak ukur yang berarti demi terpenuhinya Usaha Kesehatan Sekolah yang ideal di Kabupaten Cirebon.
Kata Kunci: Analisis, Usaha Kesehatan Sekolah, Kabupaten Cirebon.
Full Text:
PDFReferences
Azora, P. (2021). Analisis Quick Count Dengan Menggunakan Metode Stratified Random Sampling Studi Kasus Pemilu Gubernur Kalimantan Barat 2018. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika Dan Terapannya, 10(1).
Hambali, S. (2019). Implementasi Metode Bermain Dalam Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 27–32. https://doi.org/10.21009/pip.331.3
Hendri, G. (2020). Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Di SMAN 1 Padang Sago Padang Pariaman. Jurnal Patriot, 2(1), 171-181.
Hidayani, W. R., KM, S., & Supriyani, T. (2021). Gambaran Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah di SD N Margamulya Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2018. Jurnal kesehatan bidkesmas respati, 1(12), 34-43.
Hikmawati, Yahya, M., Elpisah, & Fahreza, M. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2717
Janwarin, Lea. M., Maahaly, H., & The, F. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Kristen Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih. Analisis Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Kristen Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih, 3(2).
Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 895-902.
Sari, L. M., Hidayah, N., Suryanto, D., Fakultas, M. P., Masyarakat, K., Islam, U., Muhammad, K., Al Banjari, A., Prodi, D., Kesehatan, F., Universitas, M., Kalimantan, I., Arsyad, M., & Banjari, A. (2020). Pengaruh Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Dalam Menciptakan Lingkungan Sehat di SMAN 3 Banjarbaru TAHUN 2020.
Tim Direktorat Sekolah Dasar (Ed.). (2020). Tata Kelola UKS Di Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/2022/TATA%20KELOLA%20UKS%20-%20FINAL.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).171-177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats