Pengembangan Media Google Sites Berbasis Augmented Reality Materi Kenampakan Alam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Siswa Kelas V SD

Yuli Daniel, Cindya Alfi, Mohamad Fatih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Google Sites berbasis augmented reality pada materi kenampakan alam guna meningkatkan kecerdasan Visual Spasial siswa kelas V SDIT Al-Akbar Karanggayam Kabupaten Blitar, mengetahui pengembangan media pembelajaran google sites berbasis augmented reality untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini yaitu kelas V. Lokasi penelitian di SDIT Al-Akbar Karanggayam Kabupaten Blitar. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan skala likert dan rumus gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran google sites berbasis augmented reality untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial siswa kelas V sebagai berikut : a) Proses pengembangan media pembelajaran google sites berbasis augmented reality menggunakan model pengembangan ASSURE, b) kevalidan media oleh ahli media mendapatkan rata-rata keseluruhan 3,8 dan presentase 95% berkategori “Sangat Valid”, hasil dari validasi media oleh ahli materi adalah rata-rata keseluruhan 3,5 dengan presentase 90% yang bekategori “Sangat Valid”, validasi media oleh ahli bahasa mendapatkan rata-rata keseluruhan 3,5 dengan presentase 88% yang bekategori “Sangat Valid”, c) Keefektifan media dari tanggapan guru diperoleh skor 57 dari skor maksimal 60 dan ratarata keseluruhan 3,8 dengan presentase 95% yang bekategori “Sangat Efektif”, d) Peningkatan kecerdasan visual spasial siswa dilakukan dari angket respon siswa. Hasil angket respon siswa sebelum dan sesudah diujikan siswa kelas V dengan uji N-Gain mendapatkan rata-rata 79% dengan kategori “tinggi”. Maka pengembangan media pembelajaran google sites berbasis augmented reality dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial siswa kelas V.


Full Text:

PDF

References


Alfi, Cindya, Fatih, M, dan Islamiyah, Khilyatul

Izah, Pengembangan Media Power Point

Interaktif Berbasis Animasi padaPengembangan Media Google Sites Yuli A., Cindya A., M.Fatih

Literasi Volume ….., No… 2024

Pembelajaran IPA, (Jurnal Pendidikan:

Riset dan Konsptual, Vol. 6, No. 2,

.

Alfi, Cindya dkk, Penguatan Karakter Gotong

Royong Profil Pelajar Pancasila Melalui

Service Learning di TPQ Mambaul Huda

Kedawung Kabupaten Blitar, (JPPNU,

Vol. 5, No. 1, 2023).

Alfi, Cindya dan Wibangga, Devrat Satriya,

Implementasi Model Pembelajaran

Project Based Learning (PJBL) dengan

Role Playing untuk Meningkatkan HAsil

Belajar Peserta Didik di SMAN 2

Malang, (Jurnal Pendidikan: Riset dan

Konseptual, Vol. 7, No. 4, 2023)

Azka, Fullu, Geogebra Classroom sebagai

Media Pembelajaran Matematika

Berbasis Masalah untuk Meningkatkan

Kecerdasan Visual Spasial dan

Berpikir Kritis Siswa dalam

Pembelajaran Blended Learning, (Jurnal

PRISMA, Prosiding Seminar Nasional

Matematika. 7, 317-323,2024).

Dayusadewi, Ni Putu dan Agustika, Gusti

Ngurah Sastra, Development Of

Augmented Reality Application As A

Mathematics Learning Media In

Elementary School Geometry Materials,

(Journal of Education Technology. Vol.

(2), 2020).

Fatih, M, Peningkatan Membaca Pemahaman

Melalui Implementasi Model Talking

Stick dan Media Talking Card untuk

Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota

Blitar, (Jurnal Pendidikan: Riset dan

Konseptual, Vol. 4, No. 3, 2020)

Fatih, M, Pengembangan Media Interaktif

Sparkrol Videoscribe Sistem Pencernaan

Manusia untuk Kelas V di SDN

Damarwulan Kabupaten Kediri,

(BRILIANT: Jurnal Riset dan

Konseptual, Vo. 6, No. 3, 2021).

Fatih, M, dan Cindya, Alfi, Pengembangan

Monopoli Karakter Berbasis Permainan

Simulasi sebagai Upaya Peningkatan

Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah

Dasar di Kota Blitar, (Jurnal Pendidikan:

Riset dan Konseptual, Vol. 5, No. 1,

Fatih, M, dkk, Pengembangan Ensiklopedi

Pembelajaran PKN Siswa Kelas 5 SDN

Bendogerit 1 Kota Blitar, (Jurnal

Pendidikan: Riset dan Konseptual, Vol.

, No. 1, 2022)

Fatih, M, Khomaria, Ala, Aswitama, Lana, Flip

Book Digital Berbasis Augmented

Reality Materi Balok dan Kubus Siswa

Kelas V SDN Sumberjo 01 Kabupaten

Blitar, (Jurnal Pendidikan: Riset dan

Konseptual, Vol. 7, No. 3, 2023).

Hendiawan, Wahyu, Yunianta, Tri Nova Hasti,

dan Setyadi, Danang, Pengembangan

Media Pembelajaran Google Sites

Berbasis Steam Untuk Materi Dimensi

Tiga, (Jurnal Pedagogy, 8, no. 1, 2023).

Japrizal and D. Irfan, Pengaruh Penggunaan

Media Pembelajaran Berbasis Google

Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Masa Covid-19 di SMK Negeri 6

Bungo, (JAVIT, vol. 1, no. 3, pp. 100-

, Oct, 2021).

Kustandi, Cecep & Darmawan, Daddy,

Pengembangan Media Pembelajaran,

(Jakarta, 2020).

Latief, Fadhilah, Peningkatan Kecerdasan

Visual Spasial Melalui Bermain MindMapping, (PG-PAUD Universitas

Muhammadiyah Makassar, 2017).

Panggabean, N. H., dan Amir, Danis, Deasain

Pengembangan Bahan Ajar. Berbasis

Sains, (Medan: Yayasan Kita Menulis,

.

Pratamadita, Aulia dan Dwiningih, Kusumawati,

Development of Interactive E-Modules

as a Learning Media to Train VisualSpatial Intelligence on Intermolecular

Force Materials, (Jurnal Kependidikan,

(1), 2022)

Prayudi, Andi dan Anggriani, Aan Ayu,

Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif Berbasis Web menggunakan

Google Sites Untuk Meningkatkan

prestasi belajar siswa, (Jurnal

Pendidikan dan Media Pembelajaran

(JUNDIKMA) 01, no. 01, 2022).

Rustandi, dkk, Penerapan Model ASSURE

Dalam Mengembangkan Media

Pembelajaran Di Smkn 3 Penajam Paser

Utara, ( Jurnal Utile, 8 (1), 2022).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta,

.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian

Pendidikan. (Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2009).

Sundayana, Rostina, Statistika Penelitian

Pendidikan, (Bandung: Penerbit

Alfabeta, 2014).

Sutopo, L. A. P., Assyofa, A. R., & Iss, A.,

Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi

terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di

PT X cabang Asia Afrika Bandun, (In

Bandung Conference Series: Business

and Management, Vol. 2, No. 1, 2022).

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S.,

Pentingnya media dalam pembelajaran

guna meningkatkan hasil belajar di

Sekolah Dasar, (Edukatif: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).130-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats