Strategi Kepala Sekolah Dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan Di MI MIftahul Ulum Kota Batu
Abstract
Kualitas sebuah lembaga pendidikan merupakan hal pertama yang dipertimbangkan oleh para orang tua untuk memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Tidak dipungkiri bahwa kita semua meyakini bahwa semakin tinggi kualitas sekolah maka semakin baik pula mutu pendidikannya. Suatu lembaga pendidikan dalam hal ini adalah sekolah, tidak dapat memperoleh kualitas secara instan, perlu waktu yang lama dan usaha yang keras serta kerjasama yang baik seluruh stakeholder pendidikan. Orang yang bertanggung jawab atas mutu pendidikan sebuah sekolah adalah kepala sekolah. Penelitian ini mencoba mengulas bagaimana strategi dan taktik khusus kepala sekolah MI Miftahul Ulum Kota Batu dalam mempertahankan mutu pendidikannya. Dengan metode kualitatif penelitian ini ditulis berdasarkan data-data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen yang berkaitan. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik Miles dan Hubberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan, dan menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah MI Miftahul Ulum Kota Batu memiliki strategi dalam mempertahankan mutu sekolah, diantaranya; 1) Mengadopsi tipe kepemimpinan Nabi Muhammad SAW, 2) Tujuan berorientasi pada visi dan misi sekolah, 3) Brenchmarking sekolah unggulan, 4) Optimalisasi sistem penjaminan mutu internal sekolah, dan 5) Membangun brand image melalui media sosial. Peneliti berharap hasil dari penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kepala sekolah lain dalam meningkatkan atau mempertahankan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, D., Radiana, U., Junanto, T., & Ninda, A. (2022). Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(2), 91–98. Retrieved from http://creativecommons.org/license/by/4.0/
Abdurrahman, & Bin Muhammad, U. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Educatio, 9(4), 1849–1856.
Ayuba, M., & Marhawati, B. (2021). Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan. Student Journal of Educational Management, 1(2), 162–173.
Bajuri, D. (2022). Motivasi Pimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Rajagaluh. Indonesian Journal of Education and Social Science, 1(1), 12–23. Retrieved from https://ejournal.papanda.org/index.php/ijess
Darmaji, D., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah Di Satuan Pendidikan Dasar (Studi Kasus Di SD Plus Al-Kautsar Malang). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(2), 172–186. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13190
Denggan Munthe, A., Siahaan, A., Akmalia, R., Vana Hafidzah, C., Astika, L., Mulyani, S., & Agil, S. (2022). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fadhilah Medan. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 141–146. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i1.53
Dwiyama, F. (2019). Brand Image: Upaya Memasarkan Pendidikan Bagi Lembaga Yang Kurang Mampu Bersaing. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 880–891.
Fathiyah. (2021). Strategi Brand Image Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam STAIN Majene. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 121–128.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.
Fitri, D., Anggriany, N., & Simatupang, R. M. (2023). Analisi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. ALGEBRA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Sains, 3(3), 174–179.
Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. JMKSP: Jurnal Manajemen Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 65–70.
Gusti, G., & Masduki, M. (2022). Regulasi Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i1.10724
Hadi, Abd., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Helmina Dewi, W., & Lazwardi, D. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pada Era Digital. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 54–61. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.29
Jonisar, Syatiri Ahmad, Tentri Septiyani, Asmawati, & Suprihadi, D. (2022). Konsepsi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), 233–240. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.338
Karimah, M. (2021). Analisis Visi, Misi, Tujuan dan Kurikulum Dua Sekolah Di Wonogiri. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(1), 1–7. https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i1.14855
Komarun, M., & Bisri, M. (2024). Tipe Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Sistematik Literatur Review. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 6(1), 71–82. https://doi.org/10.51518/lentera.v6i1.168
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137.
Mahardhani, A. J., Rustiya, S. A., & Adiyaksa, W. (2021). Strategi Kepala Sekolah SDN 1 Wagir Lor Kabupaten Ponorogo Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(2), 108–113. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.23934
Mardhiyah, M., Saputra, A., Fahrezi, D. W., Hasri, S., & Sohiron, S. (2023). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah dasar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 698–705. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4036
Mardiah, Suci Febriani, R., Hasri, S., & Sahiron. (2023). Strategi Implementasi Benchmarking dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah. Jurnal Pendidika Tambusai, 7(3), 30430–30437.
Mukaromah, U., & Fadly, W. (2022). Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Brand Image di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo. Excelencia Journal of Islamic Education & Management, 2(2), 165–174.
Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58–69.
Novita Sari, I., Puji Lestari, L., Wijaya Kusuma, D., Mafulah, S., Puji Nali Brata, D., Karwanto, … Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualtatif. Malang: Unisma Press.
Patmawati, I., Ma’arif, M. N., Toyibah, E. H., & Rasmanah, C. (2023). Pentingnya Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 182–187. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.189
Prasetya, D. B., Radiana, U., Junanto, T., & Mening, H. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Kristen Bukit Pengharapan Kabupaten Sanggau. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(2), 51–58.
Rahayu, R. N., Muslihin, H. Y., Sianturi, H. R., & Nurlaela, N. (2023). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik. Journal of Education Action Research, 7(3), 423–428. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.67089
Rahmat, F. (2023). Replika Servant Leadership Pada Kepemimpinan Nabi Sulaiman Dalam QS. An-Naml Ayat 20-22 Untuk Reparasi Pendidikan. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 74–90. https://doi.org/10.1080/14766086.2020.1728568
Rohman, A., Muthoifin, & Ali, M. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Imam Nawawi School (INIS) Ciomas Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 618–627.
Rokim, & Hikmah, R. (2021). Integrasi Pendidikan Agama dan Sains Sebagai Strategi Membangun Brand Iamge Di MA Sains Roudlotul Qur’an Lamongan. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 64–79.
Saihu, M., & Siregar, S. (2022). Pemenuhan Biaya Pendidikan Melalui Entrepreneurship (Studi Pada Mahasiswa STIT Al-Amin Kreo Tangerang). Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 471–482.
Sari, A. J. D. R., Giatman, M., & Ernawati. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 329–333.
Sihabudin Ahmad, D. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya-upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. ALACRITY : Journal Of Education, 2(3), 72–82. Retrieved from http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Sugiarti. (2023). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Di SMA Negeri 1 Batang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 16–28.
Syamsul Falah, M. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Mutu Budaya Pendidikan Siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(2), 176–186. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n2.p176-186
Syifauzzuhrah, N. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 27–37. https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1
Trisniarti, N., Raza, H., Puteh, A., Dharma, Y., Zulfan, Hafizh, M., … Mardiaton. (2022). Benchmarking Penguatan Jaminan Mutu. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial, 1(2), 27–30.
Tyas, N. R. (2019). Model Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Jurnal Muslim Heritage, 4(2), 261–279.
Umam, K., & Ghani, A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. El-Fata : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(1), 18–31.
Wiratama, R., Akbar, A. F., Basith, A., & Aminatuz Zuhriyah, I. (2024). Evaluasi Pembelajaran: Mengungkap Problematika Implementasinya Di Kelas V MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(1), 979–988. Retrieved from https://journal.institercom-edu.org/index.php/multipleINSTITERCOMPUBLISHERhttps://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple
Yakin, I. H. (2023). Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Garut: CV. Aksara Global Akademia.
Zulaiha, D., & Lian, B. (2020). The Effect of Principal’s Competence and Community Participation on the Quality of Educational Services. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 45–57.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).204-213
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats