Implementasi Supervisi Akademik Berbasis Digital

Muhammad Qamaruzzaman, Endry Setiawan, Evy Hanifah, Siti Sri Chairiyah, Warman Warman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi atau pelaksanaan supervise akademiki berbasis digital, dalam rangka peningkatan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan studi literature. Analisis secara disriptif berdasarkan data dari referensi. Pada penelitian ini diambil 8 obyek jurnal terkait dengan penilaian supervise akademik berbasis digital. Hasil penelitian menunjukkan implementasi supervise akademik berbasis digital dapat memberikan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan supervise, karena akan mempermudah dan merekam data secara tepat. Selain itu, pelaksanaan supervise ini meningkatkan kemampuan guru dalam literasi, dan meningkatkan kemampuan guru untuk mengeksplore kemampuannya dalam penggunaan software atau perangkat lunak guna mendukung pelaksanaan supervise akademiki tersebut.


Full Text:

PDF

References


Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sakinah, L., Lestari, N. A., & Purna, T. H. (2022). Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang Dan Tantangan Di Era Disrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1570–1580.

Axel Reinno Fabiyanto, dkk (2019). Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Rational Unified Process (RUP) Berbasis Web (Studi Pada SD Negeri Prigen 1). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964X Vol. 3, No. 4, April 2019, hlm. 3888-3895

Edukasia, Volume 3 Issue 1 (2022) 17-29 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ISSN: 2721-1169 (Online), 2721-1150 (Print) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DIGITALISASI PENDIDIKAN Afni Ma’rufah Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia Email: afni @iainponorogo.ac.id

Eko Priyo & Dian Hidayati (2023), Implementasi program Digitalisasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Mutu Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. AoEJ: Academy of Education Journal Vol. 14 No 2 Tahun 2023

Galih Nur Baladil Amin, dkk (2023). Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (Metode 360 Derajat) Berbasis Website pada SMK Siang Surabaya Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 28(1): 65-76.

Hasibuan, Malayu. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamilatun Nisa, dkk (2023) Validasi Instrumen Supervisi Akademik Digital dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Menggunakan Teknologi Digital Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 11, No. 2, September 2023 (43-51)

Muhammad Ibnu Saleh & Nur Efendy (2023) Integrasi Teknologi dalam Manajemen pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital Jurnal Tinta, Vol. 5, No. 2, Month September, Year 2023, Page. 104-126

Sodikun, dkk (2023), Supervisi Akademik Beerbasi TIK untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran. Equity in Education Journal (EEJ), Vol. 5, No. 1, Maret 2023

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: CV. Alfabeta,2016)

Sutarman. (2019). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara

Ronald Fransyaigu, dkk (2024) Inovasi Instrumen Penilaian Digital untuk Meningkatkan Digital Skill Guru Sekolah Dasar Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Royyana, A. (2018). Strategi Transformasi Digital Pada PT. Kimia Farma (Persero) TBK. In Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat Journal of Information Systems for Public Health (Vol. 3, Issue 3) 6 (1) 2024 36-43

West, Richard & Lynn H. Turner, (2008), Pengantar Teori Komunikasi : Analisis dan Aplikasi, Jakarta: Salemba Humanika

Wiktasari, dkk (2024). Penerapan Teknologi Sistem Penilaian Guru di Yayasan Islam Nurus Sunnah ABDITEKNIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 4 Nomor 1 April 2024 Halaman 8-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).141-151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats