Strategi Pembelajaran Madrasah Diniyah Salafiyyah IV Al Munawwir Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Kitab

Muhammad Hasbul Wafa, Akhsanul Fuadi

Abstract


Dalam dunia pesantren, kemampuan membaca kitab kuning sendiri sangatlah berguna untuk memahami kitab kitab  para ulama dan memahami Al Quran, Al Hadits. Bisa membaca kitab kuning bukan perkara yang mudah, dibutuhkan strategi strategi pembelajaran yang dapat membuat santri dapat membaca kitab dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Diniyah Salafiyyah IV Al Munawwir. Yang unik dari tempat penelitian yaitu Madrasah Diniyah Salafiyyah IV terletak di Pondok Pesantren yang terkenal dengan ilmu Al Qur’an akan tetapi madrasah tersebut masih menggunakan metode system pembelajaran klasikal yang biasa diterapkan pada pondok pondok salaf lainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Diniyah Salafiyyah IV juga mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas membaca kitab. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru madrasah, dan santri madrasah. Pengummpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan cara ketekunan penelitian, dan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai strategi pembelajaran di madrasah dalam meningkatkan kualitas membaca kitab yang pertama, madrasah menggunakan pembelajaran ilmu alat, pembelajaran Bahasa Arab, Sorogan, dan musyawaroh sebagai strategi untuk menunjang santri dalam meningkatkan kualitas membaca kitab. Yang kedua terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kitab. Faktor pendukungnya adalah tenaga pengajar yang menguasai materi, sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambatnya yaitu tingkat kesadaran santri yang masih kurang dan juga minimnya waktu pembelajaran.

 

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Madrasah, Kitab Kuning

Full Text:

PDF

References


Abdul Adib. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren.” Jurnal Mubtadiin 7, no. 01 (2021): 232–46.

Ariyanti, Hari, dan Syarifah. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Nurul Muttaqin Simpang Tiga.” Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab I, no. 1 (2021): 45–55.

Ati, Sri, Kistanto, Nurdien, dan Amin Taufik. “Pengantar Konsep Informasi, Data, dan Pengetahuan.” Modul Pembelajaran, no. 1 (2018): 11–18.

Fela Azuma Sufa. EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL-MAHALLI BRAJAN WONOKROMO PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. LITERASI, Volume V, No. 2, Desember (2014).

Hidayah, Nur. “STRATEGI KEPALA MADARASAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BACA KITAB KUNING DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Madrasah Diniyah Mafatihun Naja Munggut Padas Ngawi).” Inisiasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 25–31.

Hidayatul, Khoiriyah. “LISANUNA, Vol. 10, No. 1 (2020).” Lisanuna 10, no. 1 (2020): 32–44.

Ismail, Ismail. “Madrasah Diniyah Dalam Multi Perspektif.” KABILAH : Journal of Social Community 2, no. 2 (2018): 254–82. doi:10.35127/kbl.v2i2.3137.

Izzah Lathifatul, Hanip M. " Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Keseharian Santri Sunan Gunung Jati Gesing Kismantoro Wonogiri Jawa Tengah" LITERASI, Volume IX, No. 1 (2018)

Maqdum Hidayatur R, Miftahul Arif. “Pendampingan Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Dalam Metode Sorogan Pada Mahasiswa Berbasis Pondok Pesantren di Asrama IAIFA Putra Sumbersari, Kencong, Kepung, Kediri.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa 1, no. 1 (2020): 232–49.

Pratiwi, Isna Fajar Budi. “Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Pendidikan Agama Islam (Studi di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Desa Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas ).” Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, 2019, 1–107.

Ratnasari, Khurin In. “Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 1 (2019): 100–109. doi:10.36835/au.v1i1.166.

Restu, Maulana, dan Siti Wahyuni. “Implementasi Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Membaca Kitab Fathul Qorib Bagi Pemula Di Pondok Pesantren Sidogiri Salafi Kabupaten Pasuruan.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 9, no. 3 (2019): 263–72. doi:10.33367/ji.v9i3.1025.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81. doi:10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Umroh, Ida Latifatul, Khotimah Suryani, dan Habibah Dwi Puji Hastuti. “Peningkatan Keterampilan Membaca Kitab Kuning Melalui Pembentukan Kebiasaan Membaca Teks Arab Di Kelas II Wustho Pondok Pesantren Al-Hidayah Kanugrahan Maduran Lamongan.” Al-Fakkaar 1, no. 2 (2020): 60–79.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).%25p

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats