Metode Psikoreligious dalam Rehabilitasi (Pendidikan dan Pembinaan Korban NAPZA dan Miras)

Aris Try Andreas

Abstract


Masalah penyalahgunaan NAPZA dan Miras di Indonesia menjadi isu yang hangat diperbincangkan belakangan ini. NAPZA dan miras tersebut selanjutnya menjadi penyakit akhlak bagi anak bangsa. Hal tersebut yang mendorong pemerintah secara massif melakukan penanggulangan dan pencegahan terhadap penyalahgunaannya. Bukan hanya pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan khususnya pesantren melakukan usaha pendidikan pembinaan terhadap korban NAPZA dan miras. Pesantren sekarang ini bukan hanya wadah menyiapkan anak mendalami dan menguasai ilmu agama Islam yang diharapkan dapat mencetak kader-kader ulama, namun lebih dari itu sebagai wadah rehabilitasi bagi korban narkoba. Artikel ini akan menjelaskan tentang pembinaan korban NAPZA dan miras di Pondok Inabah XX dengan metode Psikoreligious yang melaksanakan pembinaan berdasarkan kurikulum yang telah disusun. Metode psikoreligious tersebut dilakukan dengan cara 1) mandi taubat, 2) shalat sunat, 3) dan zikir. Dalam pembinaannya di pondok Inabah XX tersebut menerapkan beberapa pendekatan: 1) Tahap pendekatan 2) tahap pembinaan awal 3) tahap pembentukan sikap 2) tahap akhir.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta: Bina Aksara, 995

Aly, Abdullah, Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren: Telaah terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Departemen Agama RI., Nama dan Data Potensi Pondok-Pondok Pesantren Seluruh Indonesia (Jakarta:

Depag RI, 1985

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Kyai, Jakarta: LP3ES, 1997

Jalaluddin. Psikologi Agama, Rajagrafindo Persada: Jakarta, 2010

Madjid, Nurcholis, Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan,Jakarta: Paramadina, 1970

Ramayulis, Psikologi Agama , Kalam Mulia, 2004Steenbrink, Karel A., Pesantren Madrasah Sekolah:

Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen, Jakarta:LP3ES, 1986

Sudrajat, Ajat dkk, Din Al Islam : Pendidikan Agama Islam Diperguruan Ting gi Umum, Yogyakarta:

UNY Pres, 2008

Peursen, C. A van, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta: Kanisius, 1988

Tim Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Profil Pondok Pesantren Mu’adalah,

Jakarta: Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Departemen Agama, 2004

Tim Penyusun, Buku Inabah: 17, Tasikmalaya,2010Zhofir, Zamaksyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang

pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, 1994




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).58-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats