Peran Senam Otak Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Kelas IV SDN Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta

Sukati ,

Abstract


Latar belakang: Minat mata pelajaran IPS sebagai pelajaran yang membuat peserta didik merasa ngantuk,  kurang fokus dan lesu kurang bersemangat.

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pelaksanaan senam otak siswa kelas IV di SD N Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta dan untuk mengetahui hubungan senam otak dalam meningkatkan minat belajar IPS kelas IV SDN Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta.

Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa. Analisis data dengan analisis bivariat yaitu digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua yaitu untuk menguji koefisien antara variabel bebas dengan variabel terikatnya. Rumus yang digunakan adalah rumus korelasi product moment dari person.

Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan senam otak kelas IV SDN Karangsari Rejowinangun  Kotagede Yogyakarta dilaksanakan diawal pembelajaran dengan gerakan pompa betis, teknis mendengarkan musik dengan gerakan silang dan mengaktifkan tangan.. 2) Hubungan senam otak dalam meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas IV di SD N Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta yaitu memiliki hubungan yang kuat berdasarkan hasil analisis korelasi nilai 0,633 yang berada pada rentang 0,60 – 0,799, sedangkan arah hubungan tersebut adalah positif yang apabila semakin sering dilakukan gerakan  senam otak maka semakin naik minat belajar IPS di  Kelas IV SDN Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Aryati Nuryana dan Setiyo Purwanto. 2012. Efektivitas Brain Gym dalam

Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak, Jurnal.Bandung: Jur.Psikologi, Fak. Ilmu Tarbiyah , UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Jonathan Sarwono.20017.Mengenal Prosedur-Prosedur Populer dalam SPSS 23,(Yogyakarta: Elex Media Kompu Tindo.

Laelatul Badriah dan Rani Ayu Sholicha, 2015. Hubungan Kreatifitas Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Kleas III MIN Jejeran Bantul tahun ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Jurnal Ilmu Pendidikan, PGMI , Universitas Alma Ata

Lefudin.2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV Budi Utama

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI. 2007. Bandung: Pedagogiana Press




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(2).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats