Analisis Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa dengan Model The Seven Pillars of Information Literacy dalam Pembelajaran Daring

Siti Latifah Mubasiroh

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan literasi informasi mahasiswa dengan model The Seven Pillars of Information Literacy dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner melalui Google Form. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, minimal 10% dari jumlah mahasiswa aktif Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia. Kuesioner disusun berdasarkan teori dalam The Seven Pillars of Information Literacy oleh SCONUL. Analisis data dilakukan dengan software PLS AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi mahasiswa dengan model The Seven Pillars of Information Literacy  dalam pembelajaran daring sudah baik, tetapi perlu peningkatan dalam beberapa aspek. Rata-rata nilai pada variabel mengidentifikasi adalah 4,19 (baik), ruang lingkup 4,2 (baik), merencanakan 4,25 (sangat baik), mengumpulkan 4,25 (sangat baik), mengevaluasi 4,19 (baik), mengelola 4,25 (sangat baik), dan menyajikan 4,14 (baik).

 

Kata Kunci: mahasiswa, literasi informasi, the seven pillars, pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

American Library Association. (n.d.). Information Literacy - LibGuides at American Library Association. Retrieved November 15, 2020, from https://libguides.ala.org/InformationEvaluation/Infolit

Asnawati, A. (2022). Literasi Informasi Membantu Meningkatkan

Kemampuan Informasi Dalam Proses Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa. Al-Ma’mun: Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6204

Bent, M. (2013). The SCONUL Seven Pillars of Information Literacy Core Model SCONUL Working Group on Information Literacy. April 2011. http://www.sconul.ac.uk/groups/information_literacy/seven_pillars.html

Blue skies: a new definition of information literacy | A New Curriculum for Information Literacy. (n.d.). Retrieved November 17, 2020, from https://newcurriculum.wordpress.com/2012/01/13/blue-skies-a-new-definition-of-information-literacy/

Dewi, C. A., Muhali, M., Kurniasih, Y., Lukitasari, D., & Sakban, A. (2022). The impact of Google Classroom to increase students’ information literacy. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(2), 1005–1014. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i2.22237

Fistianti, I.; Pudjowati, J.; Masadah; Retnowati, N. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Informasi Model Seven Pillars Sconul terhadap Pemustaka melalui Pelayanan Bimbingan Literasi Informasi Pemustaka. Indonesian Journal of Management Science, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.55840/ijms.v1i1.3

Framework for Information Literacy for Higher Education | Association of College & Research Libraries (ACRL). (2015). http://www.ala.org/acrl/standards/ilframework

Information Literacy Demystified - Library Guides at CQUniversity. (n.d.). Retrieved November 18, 2020, from https://libguides.library.cqu.edu.au/info_lit_academics

MacDonald, G. (2018). What is information literacy? - CILIP: the library and information association. Cilip.Org.Uk. https://www.cilip.org.uk/news/421972/What-is-information-literacy.htm

Majidah, Hasfera, D., & Fadli, M. (2019). Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa. Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.15548/shaut.v11i1.131

Planas Vilà, M. (2012). The Prague declaration. Nutricion Hospitalaria, 24(5), 622–623. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19893875

Yanuarti, E., & Sari, D. P. (2019). Peran Dosen dalam Memanfaatkan Media Sosial sebagai Sarana Literasi Pembelajaran Mahasiswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 127–138. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.892




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(1).24-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats