Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Abstract
Abstrak
Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran merupakan bentuk kontribusi pada minat belajar karena hal tersebut mampu tingkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan daripada penelitian berikut ialah dalam mengamati bagaimana kreativitas guru dan motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 10 Pontianak, serta seberapa besar pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 10 Pontianak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Riset ini mengambil 52 peserta didik sebagai partisipan penelitian. Penganalisisan data yang dipergunakan yaknistatistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran terhadap motivasi belajar PPKn pada peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 10 Pontianak diperoleh persentase 78,05% termasuk dalam kategori tinggi. (2) Hasil analisis data Motivasi belajar peserta didik X IPS SMA Negeri 10 Pontianak diperoleh persentase 69,90% termasuk berkategori tinggi. (3) Kreativitas guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 10 Pontianak dengan besaran pengaruh sebesar 16,0% sedangkan sisanya dipengaruhi dari variabel lainnya selain daripada penelitian berikut. Misalnya seperti teman sebaya, lingkungan keluarga, kondisi Gedung sekolah dan lain-lain.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Motivasi Belajar
Abstract
The creativity of teachers in carrying out learning is a form of contribution to the interest in learning because it can increase the motivation for learning students. The purpose of this study is to see how the creativity of teachers and the motivation to learn the subjects of Pancasila and Citizenship Education in students of class X social studies SMA Negeri 10 Pontianak, as well as how much influence teacher creativity has on the motivation to learn the subjects of Pancasila and Citizenship Education in students of class X social studies SMA Negeri 10 Pontianak. The research approach used is a quantitative approach with a correlational method. This research took 52 students as research participants. The data analysis used is descriptive statistics and simple linear regression. The results showed that: (1) The creativity of teachers in managing learning towards ppkn learning motivation in class X social studies students of SMA Negeri 10 Pontianak obtained a percentage of 78.05% included in the high category. (2) The results of the data analysis of learning motivation of students X social studies of SMA Negeri 10 Pontianak obtained a percentage of 69.90% included in the high category. (3) teacher creativity has a significant effect on the motivation to learn Pancasila and Citizenship Education subjects in class X social studies students of SMA Negeri 10 Pontianak with an influence of 16.0% while the rest is influenced by other variables outside this study. For example, such as peers, family environment, the condition of the school building and others.
Keywords: Teacher Creativity, Learning Motivation
Full Text:
PDFReferences
Abu, S. N. (2014). Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 704–831.
Adirestuty, F. (2017). Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 54–67.
Alvida, S. A. (2016). Hubungan Antara Kreativitas Guru dalam Mengajar dan Hasil Belajar IPA Kelas III SD. Jurnal Basic Education, 5(31), 2–978.
Ansari, E., Sumartono, B. G., & Syamsuri, S. (2022). Sikap Optimisme Peserta Didik dalam Pembelajaran Ekonomi secara Online di Masa Pandemi Covid-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 20–30. https://doi.org/10.21093/TWT.V9I1.4052
Arum, S. R., Febriliana, V. A., Sari, E., & Sugiarto. (2021). Apakah Perilaku Kreatif Guru memengaruhi Motivasi Belajar Siswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(03), 176–185.
Erlanda, M., Sulistyarini, S., & Syamsuri, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 310–318. https://doi.org/10.26618/EQUILIBRIUM.V9I3.5920
Gustiranda, H., Syamsuri, S., & Purnama, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. X(April), 78–87. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6501
Hartini, A., & Tresnaningsih, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 70–80. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.706
Isnawati, A. F. (2017). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa/Siswi Kelas III SD Tarbiyatul Islam Kertosari Badanponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017. IAIN Ponorogo.
Jumrah, J., Syahrudin, H., & Syamsuri, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kombinasi Google Classroom dan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Akibat Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XI RPL Di SMK Koperasi Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49644
Juwariyah. (2010). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Dalam Alquran. Teras.
Kartika, Y., Sumartono, B. G., & Syamsuri, S. (2022). Pengaruh Praktik Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Peserta Didik. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4505
Lapeniene, D. &, & Dumciene, A. (2014). Teachers ’ Creativity : Different Approaches and Similar Results. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 279–284. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.208
Mudjiono, D. &. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Nasrah & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.
Saptono, Ari, K. A. & S. (2016). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 89 Jakarta. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 14(1), 105–112. https://doi.org/10.21009/econosains.0141.08
Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Promosi, 3(1), 73–82.
Syamsuri, S. (2019). Analisis Konsep Theory of Planned Behavior Terhadap Pembelajaran Wirausaha dan Pendidikan Ekonomi Keluarga Pelaku UMKM. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 101–113. https://doi.org/10.36706/jp.v6i2.9795
Vasudevan, H. (2013). The Influence of Teachers’ Creativity, Attitude and Commitment on Students’ Proficiency of the English Language. Jurnal IOSR Journal of Reaserch & Method in Education (IOSR-JRME), 1(2), 12–19.
Waluyo, E. (2013). Pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kompetensi ahlian administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman. Universita Negeri Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(2).150-161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats