Penggunaan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Kelas XI IPA2 Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/ 2022

Sihono Setyo Budi

Abstract


This research is aimed to find out if Discovery Learning Model can improve the active and learning achievement at class XI IPA2 in MAN 1 Kulon Progo. The subject of this reasearch is the students of MAN 1 Kulon Progo at class XI IPA2 for 24 students. The datum are obtained by using observation sheet and quantitative and qualitative data analysis. It is shown that there are significant improvements on cycle I, cycle II , and cycle III. The average scores of learning active are 58,20, on cycle I, 62,23 on cycle II and 66,92 on cycle III. The learning achievements also show  significant improvement between cycle I, cycle II and cycle III. The average scores of learning achievement are 74,38 on cycle I, 77,75 on cycle II and 79,17 on cycle III.

 

Keywords: Discovery Learning Model, Learning  Active, Learning Achievement


Full Text:

PDF

References


Budi, Sihono, Aplikasi Pembelajaran saintifik . (Surabaya: Kanaka Multi Media.2021)

Baharuddin & Esa N.W. Teori Belajar dan Pembelajaran. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2015)

Budi S, Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Desain Produk Dan Pengemasan Karya Rekayasa Elektronika Praktis Di Kelas XII IPS2 (Laporan PTK .Yogyakarta: MAN 1 Kulon Progo, 2018)

Djatmiko, R.D. dan Pradoto. Efektivitas Pembelajaran Berdasar Hasil Inquiry pada Praktik Las Asitilin Mata Kuliah Praktik Fabrikasi 2 Jurusan Pendidikan Teknik Mesin. (Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.19, No.2, Oktober 2010)

Farhatani,I. Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara dengan Metode Discovery Learning. (Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.2014)

Hanafiah,N. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama. (2012)

Irawan,R.C. Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Guna

Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Minat Baca Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sedayu. (Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY. 2017).

Nasrullah,(2016). Pembelajaran Metode Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.2016)

Pramono,D.S Penggunaan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Perawatan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKR 3 Di SMK Negeri 2 Yogyakarta (Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY 2018)

Sardiman A.M.). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rajawali.1992)

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. 1987)

Sudjana, Nana. Pembinaan dan Pengembangan kurikulum di Sekolah.

(Jakarta: Sinar Baru Algensindo. 2005)

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2013)

Team Kurikulum, Kurikulum KTSP MAN 1 Kulon Progo tahun ( Yogyakarta : tahun 2021 )




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).28-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats