Esensialisme dan Perspektifnya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeksripsikan konsep filsafat esensialisme, pandangan esensialisme terhadap (belajar, pendidik dan sekolah), program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta posisi esensialisme dalam program MBKM. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library research). Sumber data merupakan buku dan artikel ilmiah elektronik. Teknik pengumpulan data yaitu menelusuri data secara online melalui database google cendikia. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Hasil kajian dalam studi ini menunjukkan bahwa esensialisme sebagai filsafat pendidikan berperan dalam memberikan dasar pijakan dalam mengembangkan kebijakan redesain kurikulum berbasis MBKM, sehingga kegiatan MBKM dapat memfasilitasi tercapainya kompetensi utama sekaligus kompetensi tambahan bagi mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.
Haryati, H. (2003). Memfungsikan Institusi Perguruan Tinggi sebagai Pencetak Pemimpin Bangsa di Masa Depan. Jurnal Penelitian Inovasi, 20(2), 17674.
Ria, A., & Zainuddin, D. (2019). Kualitas Lulusan dan Orientasi Bidang Pekerjaan Terhadap Kemampuan Menghadapi Persaingan Kerja Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 5(2), 39-50.
Kemendikbud RI. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi : Jakarta
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Kencana : Jakarta
Rukiyati, P., & Purwastuti, L. A. (2015). Mengenal filsafat pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses online : http://staffnew.uny.ac.id/upload/131763780/pendidikan/bpk-mengenal-filsafat-pendidikan.pdf
Gutek, G.L. 1974. Philosophical and Ideological Perspectives on Education. Prentice-hall. inc : USA
Barnadib, Imam, 2002. Filsafat Pendidikan, Adi Cita Karya Nusa : Yogyakarta.
Habibah, S. (2019). Kritik dan Komentar Pendidikan esensialisme . Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 11(1), 31-44.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50-56.
Abdullah, A. A., & Richardo, R. (2017). Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memilih makanan sehat dengan pembelajaran literasi matematika berbasis konteks. Jurnal Gantang, 2(2), 89-97.
Richardo, R. (2016). Program Guru Pembelajar: Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru di Abad 21. In Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 777-785).
Yunus, H. A. (2016). Telaah aliran Pendidikan progresivisme dan esensialisme dalam perspektif filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1).
Pemerintah RI. (2012). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. Jakarta: Negara Republik Indonesia.
Junaidi, A, dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan)
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).107-114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats