Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Matematik Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Assalafiyah Mlangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan kelas siswa yang menggunakan media pembelajaran konvesional pada materi Himpunan di kelas VII MTs Assalafiyyah Mlangi. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Assalafiyyah putri tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 50 siswa dengan rincian 25 siswa pada kelas eksperimen dan 25 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan sebagai data hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan soal test kemampuan yaitu berupa soal tes kemampuan pre-test dan post-test. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak (one tail test) dengan jenis Independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan pendekatan matematik realistik terhadap hasil belajar materi himpunan siswa kelas VII MTs Assalafiyyah, dimana hasil t hitung = 5,543 lebih besar dari t tabel = 1,677. Serta rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol setelah diberikannya perlakuan, dimana rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76 dan kelas kontrol hanya sebesar 63.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. A. dan A. Y. R. (2021) ‘Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Kayu Krebet Bantul’, UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), pp. 163–172. doi: 10.33474/jpm.v7i1.4985.
Abdullah, A. A. and Rochmadi, T. (2020) ‘Student Perceptions Towards Moodle and Kahoot Based e-Learning in Learning Mathematics’, in Proceeding International Conference on Science and Engineering, pp. 315–318.
Cahdriyana, R. A. and Richardo, R. (2016) ‘Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer’, AlphaMath Journal of Mathematics Education, 2(2), pp. 1–11.
Hafid, A., Efrizon, E. and Adri, M. (2018) ‘Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android (Studi Kasus pada Mata KuliahAnalisisPerancanganSistem)’, Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 2(2). doi: 10.24036/voteteknika.v2i2.3298.
Jeheman, A. A., Gunur, B. and Jelatu, S. (2019) ‘Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), pp. 191–202. doi: 10.31980/mosharafa.v8i2.454.
Nurhalimah, S. R., Suhartono, S. and Cahyana, U. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan’, JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), pp. 160–167. doi: 10.21009/jrpk.072.10.
Rohayati, S., Agustini, A. and Abdullah, A. A. (2020) ‘Teaching an Undergraduate Statistics Class in Digital Era’, in Proceeding International Conference on Science and Engineering, pp. 371–373. doi: 10.14421/icse.v3.530.
Sastrawati, E. and Novallyan, D. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Pemahaman Konsep Trigonometri’, Jurnal IJER, 2(2), pp. 72–76. Available at: http://edujurnal.iainjambi.ac.id/index.php/ijer IJER,.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A. and Abdullah, A. A. (2018) ‘Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui ctl’, Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(1), pp. 98–110.
Sukirwan dan Dedi Muhtadi (2017) ‘I MPLEMENTASI P ENDIDIKAN M ATEMATIKA R EALISTIK ( PMR ) UNTUK M ENINGKATKAN K EMAMPUAN B ERPIKIR K REATIF’, Jurnal “Mosharafa”, 6(1), pp. 1–12.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).85-91
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats