Pola Pembinaan Religiusitas Anak dalam Keluarga Muslim (Studi Kasus di Kampung Kesisih Desa Bangunsari, Pageruyung, Kendal, Jawa Tengah)

Iqbal Rezza Fahlevie, Tasman Hamami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi psikologi keluarga muslim dan kesulitan yang muncul dalam proses pembinaan religiusitas anak, serta menemukan pola pembinaan religiusitas anak dalam keluarga muslim. Penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan secara simultan dengan proses data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Model Interaktif dari Miles dan Huberman. Langkah-langkah dalam kegiatan analisis data termasuk: menarik data (data), reduksi data (reduksi data), penyajian data (data), dan penarikan atau pengungkit (kesimpulan).Hasil penelitian ini adalah: orang tua tunggal , kondisi kemiskinan; dan jarak lokasi perkerjaan yang jauh dengan keluarga. (2) kesulitan-kesulitan yang muncul dalam proses pembinaan religiusitas anak termasuk bagian dari kebersamaan orang tua dan anak, adanya pegaruh lingkungan sekitar dan pergaulan teman sebaya, serta tidak adanya sesosok ayah sebagai panutan dalam keluarga. (3) pola pembinaan religiusitas anak di dalam keluarga muslim yang lazim diterapkan adalah: (1) pola pembinaan demokrasi (2) pola pembinaan otoriter (3) pola pembinaan permisif.

Full Text:

PDF

References


Agoes Dariyo, 2003. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. PT Gramedia Widiasarana, Jakarta

Deddy Mulyana, 2004. Metodologi Kualitatif, (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). Remaja Rosda Karya, Bandung.

Departemen Agama RI, 2004. Al-Qur`an dan Terjemahnya. Departemen Agama RI, Jakarta.

Enung Fatimah, 2008. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Pustaka Setia, Bandung.

Hurlock. 2006. Psikologi Perkembangan : Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. UGM Press, Yogyakarta.

John W Creswell, 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

John W Creswell, 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Muh Anis, 2009. Sukses Mendidik Anak. PT Pustaka Insan Madani, Yogyakarta.

Muhaimin dkk, 2002. Paradigma Pendidikan Islam: (Upaya mengefektifkan Agama Islam di Sekolah). Remaja Rosda Karya, Bandung.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Purwadi. Proses Pembentukan Identitas Diri Remaja. Humantias: Indonesia sychology Journal Vol.I Januari 2004:43-52. 44.

Saphiro, 2009. Mengajarkan Emosional Inteligensi Pada Anak. Rosdakarya, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2021.12(1).12-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats