Proses Belajar Efektif dalam Membentuk Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa di Mahad Ali bin Abi Thalib Yogyakarta
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul proses belajar efektif dalam membentuk kecerdasan intelektual dan motivasi belajar pada mahasiswa di Mahad Ali bin Abi Thalib Yogyakarta. Adapun tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana proses belajar efektif mahasiswa, mengetahui kecerdasan intelektual mahasiswa, memahami motivasi belajar mahasiswa. Serta adakah pengaruhnya antara proses belajar efektif dengan kecerdasan intelektual dan motivasi belajar pada mahasiswa di Mahad Ali bin Abi Thalib Yogyakarta.
Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif (deskriptif). Adapun subjek penelitian adalah enam (6) mahasiswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi, penyajian, penarikan, kredibilitas data.
Hasil dari pada penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) proses belajar efektif mahasiswa adalah dalam kegiatan pembelajarannya bahwa aspek presensi dan mengerjakan tugas dinilai baik, di lihat dari berdiskusi dan menanyakan kepada teman untuk mengulang materi maupun belajar bersama. Wadah dan organisasi belajar menggunakan kurikulum Silsilah Lughotul Arabiyyah. Serta para guru sudah memberikan motivasi belajar dan membantu dalam pemahaman materi. Kemudian faktor pendukung datang dari diri sendiri karena minat dalam belajar bahasa Arab. 2) kecerdasan intelektual mahasiswa diperoleh dengan mengulang kembali materi pelajaran, mendengarkan penjelasan guru, dan bertanya kepada teman dan guru. 3) motivasi belajar mahasiswa adalah adanya dorongan dalam diri mempelajari bahasa Arab dan studi Islam, bisa berbahasa Arab aktif maupun pasif, serta karena bahasa Arab adalah ilmu untuk mempelajari al-qur’an. 4) selanjutnya pengaruh proses belajar efektif dilihat dari pada mahasiswa sendiri, apakah dia lulusan dari pondok ataukah sudah pernah mempelajari bahasa arab sebelumnya. Karena kendala yang sering didapat oleh mahasiswa adalah penguasaan bahasa Arab secara mendasar.
Kata kunci : proses belajar efektif, kecerdasan intelektual, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Joko Prasetya. 1997.”Strategi Belajar Mengajar”. Bandung: Pustaka Setia.
Kurniawan, Deni. 2014.”Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian)”. Bandung: Alfabeta.
Makmun, A.S. 2004.” Psikologi kependidikan”. Bandung: Rosdakarya.
Moleong, Lexy. 2014.”Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mujib, A., dan Mudzakir, Y. 2000. “Nuansa Nuansa Psikologi Islami”. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Uno, Hamzah B. 2007.“Teori Motivasi dan Pengukurannya”. Jakarta: Bumi Aksara.
Rohmawati, Afifatu. 2015. ”Efektivitas Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 9 Edisi 1, April 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003.”Landasan Psikologi Proses Pendidikan”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2014. ”Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2009. ”Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif”. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).96-103
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats