PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SISTEM TRANSAKSI DIGITAL QRIS PADA UMKM DI KABUPATEN PINRANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, S. I. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Niat Pembelian Ulang dengan Sikap sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, 1–13.
Anastasia Anggi Palupi. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kemudahan Penggunaan Sistem Qris Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan Qris Pada UMKM. Seminar Nasional Riset Terapan, Vol 10,1, 1–9. https://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/snrtb/article/view/5607
Anwar Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba. Empat.
Aprilia Qris. (2022). QRIS: Pendorong Utama Alternatif Pembayaran untuk UKM. Interactive Qris. https://qris.online/homepage/qris-news-detail?page=22-qris-pendorong-utama-alternatif-pembayaran-untuk-ukm
Ardila, I., Febriaty, H., & Astuti, R. (2021). Factors that Influence the Financial Literacy on Micro Small and Medium Entreprise. Journal of International Conference Proceedings, 4(2), 144–149. https://doi.org/10.32535/jicp.v4i2.1234
Attaqi, M. F., Suryono, I. A., Kussujaniatun, S., & Sudaryatie, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 694–700. https://doi.org/10.58344/jii.v1i6.90
Hadi Ismanto. (2019). Perbankan dan Litrasi Keuangan. Yogyakarta : deepublish.
Hafizah, R. N., Aprianti, M., & Azwari, P. C. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Pengetahuan Terhadap Keputusan Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Qris) Pada Mahasiswaahan Penggunaan, Uin Raden Fatah Palembang. Adl Islamic Economic, 4(November), 134–151.
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45
Indonesia, B. (2019). QRIS, Satu QR Code untuk Semua Pembayaran. Bank Indonesia.https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/SP_216219.aspx
Iskandar. (2021). Ini daftar Dompet Digital Yang Paling Banyak Digunakan Orang Indonesia. Liputan 6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/4472006/ini-daftar-dompet-digital-yang-paling-banyak-digunakan-orang-indonesia
kusumaningtuti S. Soetiono Cecep Setiawan. (2018). Literasi dan inklusi keuangan indonesia. DEpok : Rajawali Pers, 2018.
Maduma, T., Siburian, P., Lubis, N., & Susanto, H. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Produk dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Asuransi AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Eksekutif Semarang Pendahuluan Kebutuhan akan jasa asuransi kini semakin dirasakan , baik oleh perorangan maupun dunia usaha di In. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
Nia Monica Putri, Idham Lakoni, & Sintia Safrianti. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan Qris Pada Umkm Di Kota Bengkulu. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 356–364. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i2.1259
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( QRIS ) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 1–9.
Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111
Ojk. (2022). Hasil survei Literasi dan INklusi Keuangan Nasional. Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Otoritas jasa Keuangan. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Jakarta: Otoritas jasa keuangan. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-(Revisit-2017)-/SNLKI (Revisit 2017)-new.pdf
Priyanto, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta Mediakom.
Rachmawati, F. F., Sudarno, S., & Sabandi, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Lingkungan Sosial Dimoderasi Tingkat Pendidikan Terhadap Penggunaan Qris Pada Pelaku Umkm Di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 21–36. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n1.p21-36
Rifa’i, A., Afriansyah, H., & Rusdinal. (2016). Proses Pengambilan Keputusan Me. Https://Medium.Com/, 1–4.
Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 1–11.
Sari, B. & Mahanani, E. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembeli Telon Lang (Survei Event CSR PT. Eagle Indo Pharma). Jurnal STEI Ekonomi 26 (02), 296-316.
Sugiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (Edisi Refisi). Yogyakarta Andi Offset.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologgi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Barupress.
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442
World Bank. Trends in the Objectives of National Financial Capability Strategies. (World Bank, 2016).
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).303-311
Editorial Office:
Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata
Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.