Telaah Terhadap Prinsip Ekonomi Islam Perspektif Al Qur’an Melalui Kajian Tafsir Ahkam

Sodikin Sodikin

Abstract


Tulisan ini membahas sepuar tafsir madu’i mengenai prinsip-prinsip ekononi Islam persepektif Al-Qur’an. Sebagai sebuah metodologi, tafsir ekonomi terhadap ayat-ayat al-Qur’an memberi peluang bagi pengembangan ilmu ekonomi Islam. Islam adalah agama yang berorientasi kepada kebaikan dan keadilan seluruh manusia. Islam senantiasa mengajarkan agar manusia mengedepankan keadilan, keseimbangan dan juga kesejahteraan bagi semuanya. Islam tidak mengajarkan pada kesenjangan sosial, prinsip siapa cepat siapa menang, atau pada kekuasaan hanya dalam satu kelompok atau orang tertentu saja. Prinsip ini pun diajarkan islam dalam hal ekonomi. Dalam hal ekonomi, Islam pun ikut mengatur dan memberikan arahan atau pencerahan agar umat manusia tidak terjebak kepada ekonomi yang salah atau keliru. Di dalam makalah ini akan dibahas tentang redaksi ayat-ayat tentang prinsip-prinsip ekonomi Islam.


Keywords


Tafsir Maudlu’i, Prinsip, Ekonomi, Islam

Full Text:

PDF

References


Bakar, Abu. 2020. “Prinsip Ekonomi Islam di Indonesia dalam Pergulatan Ekonomi Milenial.” Sanagaji Jurnal Pemikiran Syariah dan Hukum. Vol. 4, No. 2, Oktober. Bandung: Sinar Baru al- Gesindo, 2002.

Deliarnov. 1997. Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Ernawati dan Ritta Setiyati. 2017. “Wawasan Qur’an tentang Ekonomi (Tinjauan Studi Penafsiran Tematik Al Qur’an”. Jurnal Ekonomi, Vol. 8, No. 2, November.

Imam Abu Al-Fida Ismail Ibn Katsir, Terjemah Tafsir Ibnu Katsir, Bandung: Sinar Baru al- Gesindo, 2002.

Medias Fahmi, Ekonomi Mikro Islam, Magelang: Unimma Press, 2018. Imam Abu Al-Fida Ismail Ibn Katsir, Terjemah Tafsir Ibnu Katsir,

Miftahuddin, Lima Fungsi Kendaraan dalam Kehidupan, di akses pad https://www.google.com/amp/s/dalamislam.com/hukum-islam/ekonomi/prinsip- prinsip-ekonomi-islam/amp diakses pada 2 Maret 2023.

https://islami.co/tafsir-surat-an-nahl-ayat-5-8-lima-fungsi-kendaraan-dalam- kehidupan/Tim Perumus. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wiwit Retno Handayani, Ekonomi Islam, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2022.3(2).100-117

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.