Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Kompetensi Desain Produk dan Pengemasan Karya Rekayasa Elektronika Praktis Di Kelas XII IPS2

Sihono Setyo Budi

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui mengetahui apakah  Model Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreatifitas    dan prestasi belajar di kelas XII IPS2  MAN I Kulon progo. Subyek penelitian ini adalah siswa MAN Wates I  Kulon Progo kelas XII IPS2  sebanyak 30 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan lembar obsevasi, analisa data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Dari analisa ditemukan bahwa Model Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreatifitas  dan prestasi belajar.  Terlihat terdapat peningkatan yang signifikan antara  siklus I, siklus II dan siklus III. Jumlah skor rata-rata  kreatifitas belajar pada siklus I  sebesar 55 dan  pada  siklus II sebesar 72 dan siklus III sebesar 76.  Presasi belajar juga mengalami  peningkatan yang signifikan antara  siklus I, siklus II dan siklus III. Jumlah skor rata-rata  prestasi belajar  pada siklus I  sebesar 68,33,  pada  siklus II sebesar 71,25 dan siklus III sebesar 74,86. Capaian proyek yang dilaksanakan siswa   juga mengalami  peningkatan,  pada siklus I sebesar 85,6 %,  siklus II sebesar 88,9 % dan siklus III sebesar 92,2%. 

 

Kata Kunci : Model Project Based Learning, Kreatifitas  Belajar, Prestasi Belajar  


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2014. Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan : Direktorat Pembinaan Sma, Jakarta .

Budi,S 2012. Korelasi antara Kreativitas, Motivasi, dan Kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar, Jurnal Insight.Vol 10 No 1 UMBY, Yogyakarta.

Munandar, U. 1987. Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah petunjuk bagi para guru dan orang tua. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Prasudi, Fajar 2013. Alternatif Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Mata Pelajaran Prakarya, http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php. Diakses tanggal 13 Juli 2017.

Wasisto, A 2014. Proses Pembelajaran dan penilaiannya. Graha Cendekia, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).21-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats