Living Values Education Program (LVEP) Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Dalam Kurikulum Merdeka
Abstract
Kurikulum Merdeka telah berhasil mengintegrasikan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila, namun tantangan-tantangan dalam implementasi masih terlihat. Seperti kurangnya pemahaman dan penerapan guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter profil pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada krisis moral peserta didik. Dalam menghadapi tantangan ini, salah satu strategi atau model pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran untuk memastikan integrasi pendidikan karakter yang efektif dan konsisten guna memperkuat profil pelajar Pancasila pada peserta didik yaitu Living Values: An Educational Program (LVEP). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang cara penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka melalui Living Values Education Program (LVEP). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tinjauan pustaka. Prosedur pengumpulan data penelitian terdiri dari: 1) editing; 2). organizing; dan 3) finding.Uji validitas yang digunakan yairu triangulasi sumber data.Teknik analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data), selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Living Values Education Program dapat diterapkan oleh guru-guru sebagai salah satu strategi atau program unggulan dalam penguatan profil pelajar Pancasila bagi peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik memiliki moral yang baik dan berakhlak mulia. LVEP mencakup aktivitas-aktivitas nilai seperti berefleksi, berimajinasi, berdialog, berkomunikasi, berkreasi, mebuat tulisan, kkarya seni, lagu-lagu, dan bermain dengan nilai-nilai yang diajarkan. Aktivitas LVEP dirancang untuk mengajak pesreta didik untuk memikirkan diri sendiri, orang lain dan dunia serta mendalami, mengalami, dan mengeksplorasi tentang nilai dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik memperoleh pengalaman langsung yang bermakna.
Kata Kunci: Living Values Education Program, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka
Full Text:
PDFReferences
Apriani, An-Nisa & Perdana Sari, I. (2024). Apriani, A. N., & Sari, I. P. (2024). Model Pembelajaran Islamic-Living Values: An Educational Program (I-LVEP) Berbasis STEM. Prenada Media. Prenadamedia Group.
Apriani, A.-N. (2019a). Living Vakues Education Program: Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik. K-Media.
Apriani, A.-N. (2019b). Living Values Education: Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik (1st ed.). K-Media.
Apriani, A.-N. (2019c). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).116-128
Apriani, A.-N., Chomariyah, W. I., & Sukaris, A. (2021). LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM DALAM PEMBELAJARAN DARING SEKOLAH DASAR. Taman Cendekia, 05(01).
Apriani, A.-N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). PENGARUH LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (LVEP) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER NASIONALISME SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1947
Apriani, A., & Sari, I. P. (2020). Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alphamelalui Living Values Education Program (LVEP). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2). https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).67-79
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 380–390.
Hidayana, W., Apriani, A., & Ata, U. A. (2023). PENGARUH LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM TERHADAP PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS V SD 3. 1(28).
Komalasari, M. D., & Apriani, A.-N. (2023). INTEGRATION OF THE LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (LVEP) IN THE MERDEKA CURRICULUM. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 10(1), 61–69.
Lina, Nurul, Ulfatin, S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Menengah Atas Dalam Memaknai Domain Keterampilan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(11).
Mahfud, M. (2022). CHARACTER EDUCATION POLICY THROUGH PANCASILA STUDENT PROFILES IN THE CONTEXT OF SOCIAL CHANGE : LITERATURE REVIEW PELAJAR PANCASILA DALAM KONTEKS PERUBAHAN SOSIAL : LITERATURE REVIEW. 1–25.
Muslimin, I. (2023). 8.+Ikhwanul+Muslimin_23+hal+(108-130). 5(1), 108–130.
Sari, I. perdana, & Apriani, A. (2020). PENGEMBANGAN SSP TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS LVEP UNTUK PENGUATAN KARAKTER NASIONALISME PESERTA DIDIK SD. 7, 132–140.
Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 957.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tillman, D. (2004). Living values activities for children ages 8-14 Terjemahan Adi Respati dkk (cetakan I). Grasindo.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).227-235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats