Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi

Endang Sawitri, Farida Nugrahani, Suwarto Suwarto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap minat belajar dan keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas V SD Negeri 02 Selokaton Kecamatan Gondangrejo tahun pelajaran 2023/2024. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah minat belajar dan tingkat keberhasilan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas V SD Negeri 02 Selokaton masih rendah. Peserta didik pintar bercerita tetapi ketika mengerjakan tugas menulis, peserta didik tersebut belum dapat mengungkapkan cerita tersebut secara tertulis atau menuangkan dalam bahasa tulis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dalam bentuk true experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji independent sample t-test diketahui nilai thitung 16,288 > ttabel 2,008, jadi model CTL berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Uji t-test untuk pengaruh penggunaan model CTL terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi diperoleh nilai thitung 8,967 > 2,008 maka model CTL berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas V, dengan hipotesis yang diajukan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap minat belajar dan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas V SD Negeri 02 Selokaton Tahun Pelajaran 2023/2024 terbukti.

 

Kata kunci: CTL, minat belajar, keterampilan menulis karangan deskripsi.


Full Text:

PDF

References


Aisyanah, N; dan Kurniasari, Z. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Strategi Alat Peraga Puzzle Dadu Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika”. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1, hal. 33-44.

Aziz, D.A, dan Shani. A.R. 2022. “Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar”. PEDAGOGIK, Vol. 10, No. 1, hal. 79-87.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas.

Karim, Abdul. (2017). “Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) di SMPN 2 Teluk Jambe Timur Karawang”. Jurnal Formatif, Vol. 7, No. 2, hal. 144–152.

Mulyasa. 2016. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books.

Resti, Dwi, & Halidjah, Siti. 2019. “Pengaruh Pendekatan CTL Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 12 Pontianak Kota”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), Vol. 8, No. 9, hal.1–9.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi kedua). Jakarta: Rajawali Press.

Saefuddin, Asis dan Ika Berdiati. 2015. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Suwarto. 2018. Statistik Pendidikan Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Cipta.

Tarigan, H.G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).74-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats