Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan strategi penguatan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran sastra di Sekolah Dasar. 2) Mendeskripsikan implementasi penguatan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran sastra di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada guru dan siswa kelas V SDN 02 Wonosari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan interview (wawancara), kuesioner (angket), observasi (pengamatan), dan gabungan ketiganya. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menerapkan teknik kualitatif interaktif yaitu pengolahan data secara inetraktif terus menerus sampai tuntas sehingga data sampai jenuh/maksimal. Hasil penelitian yang telah dilakukan meliputi 1). Strategi utama yang digunakan adalah pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran dengan kompetensi sosial emosional (KSE), yang menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa dan mendorong pengembangan kemandirian, kemampuan sosial, dan keterampilan berpikir kritis. Guru berperan sebagai sutradara dalam proses ini, memberikan contoh yang baik dalam tutur kata dan perilaku sebagai model bagi siswa. 2) Implementasi penguatan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran sastra secara mendalam elemen-elemen kunci Profil Pelajar Pancasila dan menerapkan pemahaman tersebut dalam pembelajaran sastra. Guru memfasilitasi siswa untuk memahami ajaran agama dan kepercayaan mereka, serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Nilai karakter, Pembelajaran sastra, Profil Pelajar Pancasila.
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, I. K. S. (2022). Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Seminar Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya (Pedalitra II), Pedalitra II, 28–36.
Agustini, N. L. P. R. E. (2021). Character education for children in Indonesia. Journal of Educational Study, 1(1), 97-102.
Al-Ma’ruf, A. I. & Nugrahani, F. (2018). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Dwi Atmaja.
Ansory, I. (2019). Fikih Niat. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing.
Arikunto, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M., & Tiruye, H. (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100171.
Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan. Model, Teknik Dan Impementasi. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Faiz, A., Hakam, K. A., Nurihsan, J., & Komalasari, K. (2022). Pembelajaran Kognitif Moral melalui Cerita Dilema Berbentuk Animasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6463–6470.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.
Ginting, D. T. (2021). Merdeka Belajar sebagai Metode Pembentukan Karakter Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Sebuah Gagasan). Seminar Nasional SAGA#4 (Sastra, Pedagogik, Dan Bahasa), 3(1), 201 –205.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Impementasi. Bandung: Alfabeta.
Hafizah, H., Rahmat, A., & Rohman, S. (2021). Pembelajaran Anak Dala Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1, 137–144.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung: Widina Bhakti Persada. http://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/view/6187
Husein Umar. (2005), Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis, Jakarta: Grafindo Persada
Irawati D, Iqbal AM, Hasanah A, Arifin BS. (2022). Profil pelajar Pancasilasebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-38.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Kusmarwanti. (2012). Menumbuhkan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar. Mycological Research, 1–13.
Mahali, A. (2021). Implementasi Takzir Dalam Membentuk Moral Santri Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kepung Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Majid, Abdul & Andayani, Dian. (2021) Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maulana, I., & Suryana, Y. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 83-96.
Megawangi, Ratna. (2013). Pendidikan Karakter untuk Membangun Masyarakat Madani. IPPK Indonesia Heritage Foundation.
Wijayanti, W., Widayati, M., & Sularmi, S. (2022). PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Dikdas Bantara, 5(1), 1-10.
Pratiwi, V. U., Nurnaningsih, N., & Setiyono, M. S. (2017, October). PENGGUNAAN MODUL BAHASA INGGRIS UNTUK MENGAJAR MAHASISWA PGSD. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL (Vol. 1, No. 1).
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).83-93
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats