Sikap Ilmiah Sebagai Pembentuk Iman dan Takwa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Alam Semesta Di Pesantren

muhammad farhan, irawan ., aan hasanah

Abstract


Penelitian ini mengkaji peran sikap ilmiah dalam membentuk keimanan dan ketakwaan santri dalam konteks pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dengan fokus mata pelajaran alam semesta di pesantren. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai aspek sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, menghargai data, berpikir kritis, berpikir terbuka dan kerjasama, ketekunan, dan kepedulian terhadap lingkungan, yang muncul dalam konteks pembelajaran IPA di pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa dapat memperkuat keimanan melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang kebesaran Tuhan dalam penciptaan alam semesta. Sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu dan menghargai data membantu siswa aktif mencari informasi dan melihat bukti kehebatan ciptaan Tuhan dalam fenomena alam. Seiring dengan itu, pembentukan kesalehan siswa didukung oleh sikap ilmiah seperti berpikir kritis, berpikir terbuka, dan berkolaborasi. Siswa dapat lebih merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis, bertukar pikiran dengan sesama siswa, dan memahami makna spiritual dalam fenomena alam. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam mengenai keselarasan antara ilmu pengetahuan dan agama serta bagaimana hubungan tersebut dapat menjadi sumber inspirasi pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, penelitian ini berkontribusi untuk membuka ruang diskusi yang lebih luas tentang pentingnya mengintegrasikan hikmah keilmuan dan spiritualitas dalam pembelajaran IPA di pesantren. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pedoman berharga bagi para pendidik, peserta didik, dan semua pihak yang peduli terhadap pendidikan Islam yang merangkul akal dan hati.


References


Ahsan, A., & Karima, M. (2022). TORN BETWEEN THE CONTOURS OF LOGIC: EXPLORING LOGICAL NORMATIVITY IN ISLAMIC PHILOSOPHICAL THEOLOGY. European Journal of Analytic Philosophy, 18(2). https://doi.org/10.31820/ejap.18.2.11

Aijaz, I. (2022). THE PHILOSOPHY OF ANTIPHILOSOPHY IN ISLAM. European Journal of Analytic Philosophy, 18(2), S3–S24. https://doi.org/10.31820/ejap.18.2.4

Alim, A. sa’diyah. (2020). Hakikat Manusia, Alam Semesta, dan Masyarakat dalam Konteks Pendidikan Islam. JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 15(2), 144–160. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1760

Atika, N. (2022). FILSAFAT DAN SAINS ISLAM TENTANG FENOMENA ALAM. JOSR: Journal of Social Research, 1(5), 334–340. http://https://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsrhttp://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsr

Az-Zarnuji, S. (2009). Terjemah Ta'lim Muta'alim. Surabaya: Mutiara Ilmu.

Booth, A. R. (2022). TOWARDS AN ANALYTIC, FĀRĀBIAN CONCEPTION OF ORIENTALISM. European Journal of Analytic Philosophy, 18(2). https://doi.org/10.31820/ejap.18.2.3

Irawan, I. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Edited by Koko Khoerudin. 1st ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Khairani, A., Rahman, A., Hasanah, N. A., & Paramitra, T. (2023). Esensi Alam Semesta Beserta Tujuannya dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 893–901. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.4480

Malik, S. A., & Muhtaroglu, N. (2022). HOW MUCH SHOULD OR CAN SCIENCE IMPACT THEOLOGICAL FORMULATIONS? AN ASH’ARĪ PERSPECTIVE ON THEOLOGY OF NATURE. European Journal of Analytic Philosophy, 18(2), 5–36. https://doi.org/10.31820/ejap.18.2.9

Moad, E. R. (2022). ISLAMIC WITTGENSTEINIAN FIDEISM? European Journal of Analytic Philosophy, 18(2), 5–28. https://doi.org/10.31820/ejap.18.2.5

Muliadi, A., Sarjan, M., & Rokhmat, J. (n.d.). Pendidikan Ipa Multidimesional Pada Etnosains Bale Adat Sasak: Perspektif Filsafat. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4), 2656–5862. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.3987/http

Nasir, T. M., Irawan, I., & Priyatna, T. (2022). Pembelajaran al-Quran Menggunakan Pendekatan Ilmiah di SMPN 1 Kadipaten Tasikmalaya. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 187-196.

Nuh, M., Sekolah, D., Agama, T., Serdang, I., Pakam, L., Negara, J., Serdang, D., & Utara, S. (2021). ALAM SEMESTA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ISLAM (Vol. 3, Issue 1).

Patrick, G. T. (1978). Introduction to Philosophy. Delhi, India: Surjeet Publications.

Polák, M. (2022). HEAT AND PAIN IDENTITY STATEMENTS AND THE IMAGINABILITY ARGUMENT. European Journal of Analytic Philosophy, 18(2), 5–32. https://doi.org/10.31820/ejap.18.2.1

Safkolam, R., Nuangchalerm, P., Ahmad Zaky El Islami, R., & Saleah, P. (2023). STUDENTS’ UNDERSTANDING OF NATURE OF SCIENCE IN ISLAMIC PRIVATE SCHOOL. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.21308

Samiha, Y. T. (2016). Standar Menilai Teori dalam Metode Ilmiah pada Kajian Filsafat Ilmu. In Jurnal Studi Islam (Vol. 14, Issue 2). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/medinate

Shihab, M. Quraish, 2000, Wawasan Al-Qur'an. Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat, Cetakan XI. Mizan Bandung,

Suriasumantri, J. S. (1999). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Kasmiati, Zein, N., & Thahir, M. (2023). DEVELOPING STUDENTS’ RELIGIOUS MODERATION THROUGH GROUP COUNSELING AT ISLAMIC HIGHER EDUCATION. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.22977

Tabur, A. Ü. (2022). THE RELEVANCE OF KANT’S OBJECTION TO THE ONTOLOGICAL ARGUMENTS AND AVICENNA’S EXPLORATION OF EXISTENCE AS AN ALTERNATIVE GROUNDING. European Journal of Analytic Philosophy, 18(2), 5–28. https://doi.org/10.31820/ejap.18.2.6

Wahyuni, A., Hijaz, M. I. A., & Irawan, I. (2021). Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 19-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats