PENGARUH METODE SAS (STRUCTURAL ANALYTICAL SYNTHESIS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 DI MI AL ISLAMIYAH GANDEKAN

Khanif Maksum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Menerapkan langkah-langkah operasional metode SAS (Structural Analytical Synthesis) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI AL Islamiyah Gandekan, mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode SAS (Structural Analytical Synthesis) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI AL Islamiyah Gandekan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dalam bentuk Quasi Eksperimental Design type Nonequivalent Control Group Design . Subjek penelitian ini yaitu kelas I A sebagai kelas kontrol dan 1 B sebagai kelas eksperimen. Lokasi penelitian di MI Al Islamiyah Gandekan. Pengumpulan data menggunakan pretest-posttest dan observasi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode pembelajaran SAS dikelas I berjalan sesuai dengan RPP dengan langkah-langkah penerapan metode SAS sebagai berikut: a) Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa untuk melihat sebatas mana siswa mampu membaca dan mengingat huruf, kata, suku kata dan kalimat, b) Guru menjelaskan pengertian-pengertian dari kalimat, kata, suku kata, serta huruf pada kartu kalimat bergambar di papan tulis. Kemudian guru menjelaskan proses analisis menggunakan metode SAS, c) Siswa mengikuti guru dalam menganalisis kalimat sederhana, mulai dari menguraikan kalimat menjadi kata lalu menguraikan kata menjadi suku kata, kemudian suku kata diuraikan menjadi huruf-huruf dan diulangi lagi sampai menjadi kalimat seperti semula, d) Siswa mengerjakan lembar soal dengan menggunakan metode SAS, e) Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan pada pembelajaran yang telah dilaksanakan. Metode pembelajaran SAS (Structural Analytical Synthesis) berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di MI Al Islamiyah Gandekan dari hasil analisis data terdapat korelasi antara variabel metode SAS dengan variabel keterampilan membaca permulaan siswa yaitu hasil uji-t diperoleh nilai asymp sig. (2-tailed) 0,006 < 0,05 dapat diartikan bahwa berbeda signifikan, maka  ditolak dan diterima. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 65,04 dengan 55,04. Adapun pada skor N-gain sebesar 0,3 termasuk pada kategori rendah, di mana adanya pengaruh dalam peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa dengan peningkatan setiap siswanya rendah, namun penggunaan metode SAS lebih besar peningkatannya dibandingkan pada penggunaan metode ceramah dengan perolehan skor N-gainnya 0,1. Maka penggunaan metode SAS berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di MI Al Islamiyah Gandekan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(3).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats