(Peran Guru TPA Siti Aisyah dalam Mengatasi Buta Aksara Al-Qur’an Terhadap WanitaLanjut Usia Dusun Mangir Sendangsari Pajangan Bantul)

Septiani Khoirunnisa Kamelia, Hairiyah ,, Ika Tri Susilowati

Abstract


Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman bagi kehidupan umat islam dan setiap umat islam memiliki  tanggung  jawab untuk mempelajari  Al-Qur’an. Dalam pelaksanaan  pembelajaran  tentunya  tidak lepas  dari peran  seorang  guru. Guru berperan sangat penting yaitu sebagai pelaku utama dalam mencapai tujuan pendidikan. Didalam pendidikan islam guru disebut sebagai ustadz, mu’alim, murabbiy yang artinya adalah orang yang memberikan ilmu pengetahun bertujuan untuk mencerdaskan peserta didik.   Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   bagaimana   peran   guru   Taman Pendidikan  Al-Qur’an  Siti  Aisyah  dalam  mengatasi  buta  aksara  Al-Qur’an  terhadap wanita  lanjut  usia.  Penelitian  ini  dilaksanakan  di  Taman  Pendidikan  Al-Qur’an  Siti Aisyah  Dusun  Mangir  dengan  menggunakan  metode  penelitian  kualitatif  deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah pengelola TPA, ustadzah TPA, dan lima jama’ah ibu- ibu TPA. Pengumpulan  data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan juga dokumentasi  untuk melengkapi  data yang diperoleh  melalui  wawancara  dan observasi.   Teknik   keabsahan   data   peneliti   menggunakan   triangulasi   sumber   dan triangulasi Teknik. Kemudian  untuk analisis data dilakukan  dengan  cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Melalui analisi data maka di dapatkan hasil penelitian mengenai Peran taman pendidikan Al-Qur’an Siti Aisyah dalam mengatasi buta aksara Al-Qur’an terhadap wanita lansia adalah: 1) Guru berperan sebagai pendidik. 2) berperan sebagai pengajar. 3) berperan sebagai pelatih. 4) berperan sebagai inovator. 5) berperan sebagai motivator.6) berperan sebagai fasilitator. 7) berperan sebagai evaluator. Penelitian serupa pernah dilakukan oleh Fikri Azra’I, Khaerul Yahya, Lia, Novi Hapsari, dkk yang membedakan adalah judul penelitian, objek penelitian dan fokus penelitian. Kata Kunci: Peran Guru, Buta Aksara Al-Qur’an, Wanita Lansia


Full Text:

PDF

References


Al-achmad, Miqdad Ibrahim, dkk. (2019) “Upaya Guru Taman Pendidikan Al- Qur’An Dalam Pembelajaran Al- Qur’An Di Rukun Warga (Rw) 8 Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Tahun 2019", Bogor: STAI Al-Hidayah Bogor

Azra’i, F. (2022), “Fungsi Rumah Al-Qur’an Dalam Mengatasi Buta Aksara Al- Qur’an Bagi Remaja Di Dusun II Desa Siahap.”, Surakarta: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/inde x.php/jimpai/article/view/1707.

Choirul, Dimas. (2022) “DMI: 65 Persen Muslim Indonesia Buta Baca Al- Qur’an”, Okezone: MNC Media, diakses pada: 2 Maret 2023, pukul: 20.00

Hairiyah, Khoeriyah, Ni'matun, (2016), "Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan karakter Ibadah Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II" (Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, ejurnal.almaata.ac.id

Hidayatun, Umi, Salim, Ahmad. (2021), "Peran Tokoh Agama Dalam Edukasi Al-Qur'an Di Dusun Karanggede Gilangharjo Pandak Bantul Yogyakarta", Yogyakarta, Arfannur: Journal of Islamic Education

Jalaluddin. (2016), "Psikologi Agama (Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi)", Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Majelis Permusyawaratan Rakyat. “Direktorat Jenderal Peraturan Perundang- Undangan,” no. 42 (2003): 7–11.

Marzuki, Saleh, HM. (2012), "Pendidikan Nonformal", Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moeloeng, Lexy j. (2002), "Metodologi Penelitian Kualitatif". Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(3).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats