(Peran Guru TPA Siti Aisyah dalam Mengatasi Buta Aksara Al-Qur’an Terhadap WanitaLanjut Usia Dusun Mangir Sendangsari Pajangan Bantul)
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman bagi kehidupan umat islam dan setiap umat islam memiliki tanggung jawab untuk mempelajari Al-Qur’an. Dalam pelaksanaan pembelajaran tentunya tidak lepas dari peran seorang guru. Guru berperan sangat penting yaitu sebagai pelaku utama dalam mencapai tujuan pendidikan. Didalam pendidikan islam guru disebut sebagai ustadz, mu’alim, murabbiy yang artinya adalah orang yang memberikan ilmu pengetahun bertujuan untuk mencerdaskan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Siti Aisyah dalam mengatasi buta aksara Al-Qur’an terhadap wanita lanjut usia. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Siti Aisyah Dusun Mangir dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah pengelola TPA, ustadzah TPA, dan lima jama’ah ibu- ibu TPA. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan juga dokumentasi untuk melengkapi data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Melalui analisi data maka di dapatkan hasil penelitian mengenai Peran taman pendidikan Al-Qur’an Siti Aisyah dalam mengatasi buta aksara Al-Qur’an terhadap wanita lansia adalah: 1) Guru berperan sebagai pendidik. 2) berperan sebagai pengajar. 3) berperan sebagai pelatih. 4) berperan sebagai inovator. 5) berperan sebagai motivator.6) berperan sebagai fasilitator. 7) berperan sebagai evaluator. Penelitian serupa pernah dilakukan oleh Fikri Azra’I, Khaerul Yahya, Lia, Novi Hapsari, dkk yang membedakan adalah judul penelitian, objek penelitian dan fokus penelitian. Kata Kunci: Peran Guru, Buta Aksara Al-Qur’an, Wanita Lansia
Full Text:
PDFReferences
Al-achmad, Miqdad Ibrahim, dkk. (2019) “Upaya Guru Taman Pendidikan Al- Qur’An Dalam Pembelajaran Al- Qur’An Di Rukun Warga (Rw) 8 Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Tahun 2019", Bogor: STAI Al-Hidayah Bogor
Azra’i, F. (2022), “Fungsi Rumah Al-Qur’an Dalam Mengatasi Buta Aksara Al- Qur’an Bagi Remaja Di Dusun II Desa Siahap.”, Surakarta: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/inde x.php/jimpai/article/view/1707.
Choirul, Dimas. (2022) “DMI: 65 Persen Muslim Indonesia Buta Baca Al- Qur’an”, Okezone: MNC Media, diakses pada: 2 Maret 2023, pukul: 20.00
Hairiyah, Khoeriyah, Ni'matun, (2016), "Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan karakter Ibadah Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II" (Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, ejurnal.almaata.ac.id
Hidayatun, Umi, Salim, Ahmad. (2021), "Peran Tokoh Agama Dalam Edukasi Al-Qur'an Di Dusun Karanggede Gilangharjo Pandak Bantul Yogyakarta", Yogyakarta, Arfannur: Journal of Islamic Education
Jalaluddin. (2016), "Psikologi Agama (Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi)", Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Majelis Permusyawaratan Rakyat. “Direktorat Jenderal Peraturan Perundang- Undangan,” no. 42 (2003): 7–11.
Marzuki, Saleh, HM. (2012), "Pendidikan Nonformal", Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moeloeng, Lexy j. (2002), "Metodologi Penelitian Kualitatif". Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(3).173-180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats