Hiperrealitas Perencanaan Sosial dalam Kebijakan Sistem Zonasi sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Karanganyar

Ricky Erlangga, Siany Indria Siany Indria Liestyasari, Atik Catur Budiati

Abstract


Diperlukan perencanaan yang baik untuk menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia. Penelitian ini akan mengkaji sejauh mana kesiapan perencanaan sosial dalam kebijakan sistem zonasi serta apa implikasinya terhadap proses implementasi pada PPDB SMP di Kabupaten Karanganyar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Data diperoleh dari enam sekolah di Kabupaten Karanganyar sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan sosial dalam kebijakan zonasi belum dilakukan dengan baik karena masih terjadi non harmonisasi kebijakan, terjadi bongkar pasang kebijakan, tidak melibatkan masyarakat, dan tidak memperhatikan elemen pendukung. Akibatnya implementasi menjadi tergganggu sehingga pencapaian tujuan menjadi terhambat. Hal ini dibuktikan dengan tidak siapnya kerangka kerja kebijakan, tidak maksimalnya peran pemerintah daerah, banyak kecuarangan, tidak ada pengembangan program, minim sosialisasi, dan hanya efektif di daerah tertentu saja.


Full Text:

PDF

References


Andina, E. (2017). Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, 9(14). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=rQFF4SQAAAAJ&citation_for_view=rQFF4SQAAAAJ:ufrVoPGSRksC

Andini. (2009). Analisis Pengaruh Persepsi terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan di SD IT Bina Insani Semarang.

Banurea, R. D. U., Simanjuntak, R. E., Siagian, R., & Turnip, H. (2023). PERENCANAAN PENDIDIKAN. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Baudrillard, J. (1994). Simulacra and Simulation (Sheila Faria Glazer,. Penerjemah). The University of Michigan Press.

BPS. (2021). Statistik Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (p. 282). Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.

Conyers, D. (1991). Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga: Suatu Pengantar. Gajah Mada University Press.

Dewi, R. C., Subowo, A., & Afrizal, T. (2022). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi SMP Negeri di Kota Bekasi. Jurnal of Public Policy and Managaement Review, 11(1).

Endang, S. (2000). Teori Perencanaan Pendiidkan: Berdasarkan Pendekatan Sistem. Adicita Karya Nusa.

Feinberg, & Lubienski. (2008). School Choice Policies and Outcomes: Empirical and Philosophical Perspectives. State University of New York Press.

Hasbullah, & Anam, S. (2019). EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) DI KABUPATEN PAMEKASAN. REFORMASI, 9(2), 112. https://doi.org/10.33366/rfr.v9i2.1413

Ika, G., & Rukiyati, P. ; (2019). Kebijakan Sistem Zonasi dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/

Iriany, I. S., Adnan, I. Z., & Rachmawati, Y. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebojakan Publik, 11(2).

Kadek, I., & Junaedy, D. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Denpasar. 7(2), 114–118. https://doi.org/10.22225/pi.7.2.2022.114-118

Kemendikbud. (2018). Siswa Terdekat Sekolah Wajib Diterima. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/nbwQdAxK-siswa-terdekat-sekolah-wajib-diterima

Madiana, I., Alqadri, B., Sumardi, L., & Mustari, M. (2022). Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi serta Dampaknya terhadap Kesetaraan Hak Memperoleh Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 735–740. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.633

Mahpudin, M. (2020). Hak Warganegara Yang Terampas: Polemik Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Transformative, 6(2), 148–175. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2020.006.02.2

Maryati, S. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kota Semarang. Universitas Diponegoro.

Mashudi, A. (2019). Kebijakan PPDB Sistem Zonasi SMA/SMK dalam Mendorong Pemerataan Kulitas Sumberdaya Manusia di Jawa Timur. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 186–206. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.327

Mulyani, T., & Muryati, D. T. (2020). Juridical Analysis of Zonation Systems. Jurnal USM Law Review Vol, 3(1), 34–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/julr.v3i1.2118

Mustamin, Sirojudin, D., & Waqfin, M. S. I. (2020). MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMA 1 DARUL ULUM. Jurnal Education And Development, 8(4). https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v8i4

Ningrum, M. A., Suryanti, & Wiryanto. (2022). Mallevi+932-940. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 932–940. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2661

Rachmadhany, F., Martin, & Sugiarto. (2021). Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi Di SMA Negeri 14 Bekasi. Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi, 73(1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn

Raharjo, S. B., Yufridawati, Rahmawati, A., & Purnama, J. (2020). PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERDASARKAN ZONASI PENDIDIKAN (M. Pd. Dr. Aos Santosa H. & M. S. Nur Berlian Venus Ali, Eds.; p. 4). Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sa’ud, U. S., & Makmun, A. S. (2006). Perencanaan Pendidikan, Suatu Pendekatan Komprehensif. Remaja Rosdakarya.

Stewart, G., Devine, N., Benade, L., & Couch, D. (2021). School Zoning: Spatial Justice and Education Policy in Aotearoa New Zealand. New Zealand Journal of Educational Studies, 56, 1–4. https://doi.org/10.1007/s40841-021-00204-5

Subarsono. (2005). Analisis Kebijakan Publik. Konsep, Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. ALFABETA.

Waterston, A. (1965). Development Planning. Lessons of Experience. The John Hopkins Press.

Wijaya, C., Fuadi, A., & Hasibuan, S. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menegah Pertama Kabupaten Langkat. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 12(1), 162. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16463




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(3).119-134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats