Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa

Muhammad Andrian Maulana, Nani Mediatati

Abstract


Keterampilan kolaborasi menjadi salah satu seperangkat keterampilan abad 21 yang perlu dikuasasi sebagai bekal menghadapi tantangan di era digital. Permasalahan yang terjadi di Kelas 5 SD N Cebongan 03 Salatiga adalah kurangnya inovasi guru dalam menerapkan model maupun pendekatan pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik kelas 5 SD N Cebongan 03 Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Melalui pelaksanaan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dengan mengacu desain Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan adanya kenaikan keterampilan kolaborasi peserta didik pada pra siklus hingga siklus 2 mencapai 86%. Adanya peningkatan hasil belajar juga ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 mencapai 93% sehingga melebihi indikator keberhasilan penelitian. Dengan demikian penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom Pada Materi Ekosistem. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 143–149.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian Arikunto Suharsimi. Rineka CIpta.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758

Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. (2022). Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka

Cipta.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Gay, G. (2000). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. New York: Teachers College Press. Teachers College Press.

Greenhill, V. (2010). 21st Century Knowledge And Skills In Educator Preparation.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Corwin.

Hernandez, C. M., Morales, A. R., & Shroyer, M. G. (2013). The Development of Model Cuturally Responsive Science and Mathematics Teaching. Cult Stud of Sci Educ, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11422-013-9544-1

K.H., D. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Leutika.

Khanifah, L. N., Mustaji, & Nasution. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1121–1127.

Mariamah, S., Bachtiar, M. Y., & Indrawati. (2021). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Anak Usia Dini. Profesi Kependidikan, 2(1), 125130.

Niswara, R., Muhajir, & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626

Rahmawati, Y., Rahman, A., Triwana, M., & Handayani, T. (2017). Pendekatan Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya dan Karakter : Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia. Journal Of Chemical Information and Modeling, 59(9).

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublih.

Sudjana, N., & Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sunbanu, H. F., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Education Chemistry, 5(1), 21–27.

Tuan Soh, T. M., Arsada, N. M., & Osman, K. (2010). The relationship of 21st century skills on students’ attitude and perception towards physics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7, 546–554. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.073

Yulaikha, I., Rahyu, S., & Parlan. (2022). Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(6), 223–229. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(3).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats