Pengaruh Pemahaman Konsep Budaya Melalui Media Monopoli Budaya Lokal (MOBUKAl) pada Mata Pelajaran IPAS

Afrina Indah Kurniawati, Much Arsyad Fardani, Lovika Ardana Riswari

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pada kurangnya pengetahuan budaya lokal pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media monopoli budaya lokal (MOBUKAL) Kota Kudus terhadap pemahaman konsep budaya lokal bagi peserta didik kelas IV di SDN 1 Kedungdowo. Penelitian kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest ini akan dilakukan di kelas IV SDN 1 Kedungdowo dengan subjek penelitian 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data statistik deskriptif yang berupa uji normalitas data dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap pemahaman konsep budaya pada peserta didik. Hasil  uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Maka, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media monopoli budaya lokal (MOBUKAL) kota kudus dapat berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep budaya bagi peserta didik kelas IV SDN 1 Kedungdowo.


Full Text:

PDF

References


Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166-4173.

Baka, N. A., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Konten dan Konteks Budaya Lokal Ngada sebagai Bahan Ajar Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 46-55.

Damayanti, N. R. (2020). Peran Tokoh Masyarakat Adat Dalam Pembangunan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal (Studi Interpretatif Pada Masyarakat Kota Ternate). JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 2443-2451.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Harmika, A. T. A. B., Riswari, L. A., & Fardani, M. A. (2023). Penerapan Model Student Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN 8 Kedungsari. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 10(2), 212-220.

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034.

Masnarati, C. (2020). Penerapan Permainan Monopoli dengan Pembelajaran IPS pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 53(9), 1689-1699.

Masyhudi, A. A. (2020). Edukasi Pangan Sumber Protein Bagi Anak Dengan Media Permainan Monopoli. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 19(3), 2987-2992.

Maulidi, R. P., Marjohan, M., Aulia, D. D., & Jamaludin, U. (2022). Efektifitas Media Permainan MONOKEI (Monopoli Keberagaman Indonesia) Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 469-473.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh pelatihan dasar komputer dan teknologi informasi bagi guru-guru dengan uji-t berpasangan (paired sample t-test). d'CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, 7(1), 44-46.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 2460-2472.

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar. Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST), 3(1), 7-11.

Riswari, L. A., & Salamah, U. (2023). The Influence Of Gibran Giat Education Game On Mathematics Conceptual Understanding Of Fourth Graders. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 9(1), 1-11.

Rohman, M. A. (2015). Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan kelas VI SDN Tanamera I. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 18(4), 1977-1984.

Santoso, R., & Wuryandani, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 229-248.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48-53.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sujarweni, V. W., (2021). SPSS Untuk Penelitian. Penerbit Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Wijiningsih, N., Wahjoedi, W., & Sumarmi, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1030-1036.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(3).141-152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats