Peran Senam Otak Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Kelas IV SDN Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta
Abstract
Latar belakang: Minat mata pelajaran IPS sebagai pelajaran yang membuat peserta didik merasa ngantuk, kurang fokus dan lesu kurang bersemangat.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pelaksanaan senam otak siswa kelas IV di SD N Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta dan untuk mengetahui hubungan senam otak dalam meningkatkan minat belajar IPS kelas IV SDN Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta.
Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa. Analisis data dengan analisis bivariat yaitu digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua yaitu untuk menguji koefisien antara variabel bebas dengan variabel terikatnya. Rumus yang digunakan adalah rumus korelasi product moment dari person.
Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan senam otak kelas IV SDN Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta dilaksanakan diawal pembelajaran dengan gerakan pompa betis, teknis mendengarkan musik dengan gerakan silang dan mengaktifkan tangan.. 2) Hubungan senam otak dalam meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas IV di SD N Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta yaitu memiliki hubungan yang kuat berdasarkan hasil analisis korelasi nilai 0,633 yang berada pada rentang 0,60 – 0,799, sedangkan arah hubungan tersebut adalah positif yang apabila semakin sering dilakukan gerakan senam otak maka semakin naik minat belajar IPS di Kelas IV SDN Karangsari Rejowinangun Kotagede Yogyakarta.
Full Text:
PDFReferences
Aryati Nuryana dan Setiyo Purwanto. 2012. Efektivitas Brain Gym dalam
Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak, Jurnal.Bandung: Jur.Psikologi, Fak. Ilmu Tarbiyah , UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Jonathan Sarwono.20017.Mengenal Prosedur-Prosedur Populer dalam SPSS 23,(Yogyakarta: Elex Media Kompu Tindo.
Laelatul Badriah dan Rani Ayu Sholicha, 2015. Hubungan Kreatifitas Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Kleas III MIN Jejeran Bantul tahun ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Jurnal Ilmu Pendidikan, PGMI , Universitas Alma Ata
Lefudin.2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV Budi Utama
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI. 2007. Bandung: Pedagogiana Press
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(2).113-118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats